Misteri Perbukitan Gendol, Salam, Magelang

image

Perbukitan Gendol merupakan sekelompok perbukitan kecil di Salam, Magelang. Perbukitan tersebut membentang dengan arah tenggara-barat laut, dan terletak pada lereng barat daya Gunungapi Merapi. Perbukitan ini menurut Bemmelen (1949) terbentuk sebagai akibat dari longsoran lereng barat daya Gunungapi Merapi yang menabrak batuan dasar Perbukitan Menoreh. Analisis tersebut didasarkan oleh morfologi perbukitan yang berbentuk busur ke arah timur laut.

Berdasarkan teori tersebut maka Gendol seharusnya tersusun oleh material dari Gunungapi Merapi berupa tephra, lahar, breksi, dan batupasir. Seluruh material tersebut bersifat lepas-lepas hingga terkonsolidasi tingkat sedang.

image

Salah satu bagian Perbukitan Gendol adalah Bukit Sari yang terletak di Gulon. Ada fenomena yang cukup unik yang akan memberikan pandangan lain terhadap teori Bemmelen jika kita lihat interaksi antara Bukit Sari dan S. Blongkeng. Sungai Blongkeng merupakan sungai yang mengalir pada sebelah utara Bukit Sari. Sungai ini merupakan sungai yang berhulu di Gunungapi Merapi. Endapan disekitar sungai ini adalah endapan lahar dari Gunungapi Merapi sehingga sungai ini merupakan sungai yang membawa material lahar dari Gunungapi Merapi.

Aliran lahar mengalir dalam kecepatan yang tinggi sehingga memiliki tenaga yang kuat untuk mengerosi batuan yang tidak terkonsolidasi hingga batuan yang terkonsolidasi tingkat sedang. Pada sisi sebelah utara Bukit Sari dan Gendol, aliran Sungai Blongkeng yang memiliki sejarah mengalirkan lahar dengan kecepatan tinggi ternyata tidak bisa menembus Bukit Sari yang secara teori tersusun oleh material terkonsolidasi tingkat sedang hingga tidak terkonsolidasi. Aliran Sungai Blongkeng yang seharusnya ke barat daya justru berbelok ke utara-barat. Hal tersebut memunculkan pertanyaan besar bahwa material penyusun Bukit Sari yang merupakan anggota Perbukitan Gendol kemungkinan merupakan material yang memiliki tingkat konsolidasi lebih tinggi yang dapat berupa batuan yang lebih kompak yang bukan berasal dari Gunungapi Merapi, atau bahkan batuan yang solid semisal suatu tubuh intrusi.

Leave a comment

Filed under News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s