Erupsi Dahsyat Gunungapi Merbabu dapat Terjadi Akibat Uniformitas Kandungan Air Magmatik

Gunungapi Merbabu merupakan Gunungapi Stratovolkano dorman yang saat ini sudah dianggap tidak aktif lagi oleh sebagian besar masyarakat. Anggapan tersebut tidak dapat dibenarkan karena aktivitas Gunungapi Merbabu belum menunjukkan suatu aktivitas post vulkanis. Masa dorman merbabu yang sangat panjang yaitu telah mencapai 212 tahun mengacu pada catatan terakhir Van Hinloopen Labberton (1921) dimana kativitas terakhir Gunungapi Merbabu pada tahun 1797.

Masa dorman yang panjang dapat mengakibatkan terjadinya uniformitas kandungan air pada magma dalam stock Gunungapi Merbabu yang mengakibatkan terjadinya deformasi tubuh Gunungapi Merbabu yang dapat berakhir menjadi erupsi dahysat. Tekanan uap solfatara yang rendah di Kawah Candradimuka menunjukkan bahwa Gunungapi Merbabu masih aktif dan juga tekanan uap yang lemah tersebut menunjukkan sedikitnya uap air yang terbebas dari dalam dapur magma.

Tindakan-tindakan prevensi dan mitigasi perlu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan jatuhnya korban baik korban harta maupun nyawa dari erupsi dahsyat yang mungkin dapat terjadi di Gunungapi Merbabu.

Studi Karakteristik Erupsi Gunungapi Merbabu dapat dibaca disini

Leave a comment

Filed under News

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s