Diskusi tentang Emas

Andre:

Salam mas alva,,
Menarik skali blog mas alva, banyak ilmu yg dapat kta peroleh, semoga pertanyaan-pertanyaan dapat dijawab terusss. Saya ada juga beberapa pertanyaan ini :
1) Bagaimana tipe keterdapatan emas? Maksud saya pada batuan apa saja dan bagaimana prosessnya?
2) Apakah dalam suatu formasi batuan yg hanya disusun oleh batugamping dapat jga mengandung endapan emas sementara batuan di sekitarnya tdak terdapat batuan beku atau intrusi? Apa yg sy ketahui emas itu umumnya terjadi karena adanya intrusi.
3) Apa perbedaan antara endapan mangan dan nikel? Bagaimana proses terjadinya?
Tolong penjelasannya,,,,,


Alva:

Yap thanks banyak atas pertanyaannya Mas Andre yang sepertinya sangat tertarik dengan logam emas..

Emas dikatakan sebagai logam mulia karena secara kimia emas atau aurum (Au) tergolong dalam kelompok logam Inert (Ag, Au, Pt) yaitu logam yang sulit bereaksi. Emas juga dikatakan logam mulia karena keterdapatannya di bumi sangat langka dan memiliki genesis yang spesifik.

Emas pada umumnya terdapat pada suatu zona hidrotermal dimana pada umunya zona hidrotermal merupakan daerah vulkanis. Genesis emas sendiri dikatakan bahwa emas berasal dari suatu reservoar yaitu intibumi dimana kemudian air magmatik yang mengandung ion sulfida, ion klorida, dan ion tio kompleks mengangkut logam emas ke permukaan bumi. Arah aliran dari larutan kimia yang mengandung emas ini pada umumnya seara dengan saluran magma pada gunungapi membentuk urat-urat (vein) emas. Saat larutan emas terendapkan pada saluran magma yang telah membeku proses hidrotermal yang merupakan kegiatan pos vulkanis terjadi dari kontak air meteorik dengan batuan yang panas atau gerakan air magmatik ke atas dimana keduanya membawa dan melarutkan ion sulfida-klorida-tio kompleks yang menyebabkan emas semakin terendapkan di permukaan bumi.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka analisis keterdapatan emas dapat dilacak dari adanya jejak proses sirkulasi hidrotermal atau umum disebut epitermal dalam dunia tambang di suatu area, Pyrite (Fe2S) yang disebut Fool Gold juga sering dijumpai bersama dengan emas. Kandungan emas sebagai inklusi juga kadang dapat ditemui dalam perak dan batuan yang mengandung tembaga.

Endapan emas juga dapat terbentuk melalui proses pelapukan batuan beku dan urat emas yang dapat mengikis dan memindahkan mineral emas dimana mineral emas akan tersedimentasi dalam material yang berbutir sangat halus yaitu material lempung.

Jika tidak terjadi intrusi, mineral emas bisa saja ada pada batugamping yaitu mineral emas dari hasil pelapukan batuan beku yang mengalami proses hidrotermal di tempat yang jauh, namun kemunginannya sangat kecil sekali terdapat kandungan emas yang besar dan menguntungkan secara ekonomis dalam batugamping karena sifat batugamping yang sangat porus sehingga mineral emas tidak mungkin tersedimentasi dalam batugamping.

Banyak hal yang dapat digunakan untuk membedakan mangan dan nikel, cara yang paling sederhana adalah sifat kemagnetan dimana mangan bersifat non magnet sedangkan nikel bersifat ferromagnetis. Pengujian skala kekerasan menggunakan Indeks mosh juga menunjukkan perbedaan signifikan dimana dengan menggunakan pisau baja berskala 5 mosh atau menggunakan mineral apatit, mangan tidak akan dapat tergores sedangkan dengan nikel akan tergores.

Mangan banyak terdapat pada pirolusit, braunit, psilomelan, dan rhodokrosit. Nikel banyak terdapat pada Laterit, Limonit, Pentlandit, dan Garnierit. Baik nikel maupun mangan merupakan unsur logam transisi yang berasal dari magma. Proses pelapukan dan alterasi hidrotermal dapat menyebabkan terlepasnya ikatan logam dengan batuan induk yang berupa batuan beku sehingga kemudian logam mengendap. Endapan nikel dan mangan tersebut akan mengalami mineralisasi dimana pada umumnya untuk logam mangan akan membentuk mineral pirolusit sedangkan logam nikel akan membentuk mineral nikeliferous limonit, pentlandit, atau garnierit.

Andre:

trimakasih atas jawaban sebelumnya mas,,
saya mau tanya lagi tentang bebrapa hal kaitannya dengan emas :
1) kalau kita akan mencoba memetakan suatu wilayah yang diduga mengandung deposit emas dalam tahapan penyelidikan umum (skala kecil)?
2) dasar yang digunakan untuk menarik suatu batas wilayah yang masih diperkirakan mengandung emas dan yang tidak berpotensi apasaja?


Alva:

Salam Andre,

Untuk membuat peta potensi emas diperlukan pemetaan faktor-faktor yang menyebabkan suatu emas ada misalnya lapangan hidrotermal, mineral sulfida, zona batuan-batuan beku dalam, serta lokasi-lokasi joint (retakan). Jika yang diinginkan hanya skala kecil maka data lokasi keterdapatan faktor-faktor tersebut juga disederhanakan yaitu dengan memilih lokasi yang memiliki faktor-faktor pembentuk emas yang dominan saja, misalnya area X memiliki kandungan mineral sulfida yang rendah sedangkan area Y tinggi maka area X tidak ikut dipetakan namun dalam skala yang lebih detail area X harus ikut dipetakan.

Penarikan batas lokasi kemungkinan deposit emas tidak dapat dilakukan seperti mendeliniasi bentuklahan atau formasi batuan karena lokasi emas diperoleh dari overlay beberapa peta faktor pembentuk emas yaitu peta lokasi hidrotermal, peta area batuan beku dalam, peta mineral sulfida, dan peta retakan. Batas akan diperoleh dari hasil overlay peta-peta tersebut.

Andre:

Salam mas,,
Saya minta penjelasan lagi masalah emas, saya pernah mendapat informasi bahwa ada indikasi terdapat emas di suatu pulau sekitar sulawesi tenggara, yang jadi pertanyaan saya: Apa bisa terjadi proses mineralisasi pada daerah yang cuma disusun dari batugamping sementara di pulau tersebut tidak pernah ditemukan batuan beku atau intrusi? Dari penjelasan sebelumnya disebutkan dapat saja terdapat emas tetapi harus ada pelapukan dari batuan beku. Dari informasi yang saya dapat bahwa dalam batugamping tersebut mengendung butiran-butirab halus dengan warna agak kekuningan. Karena kondisi fisiknya ini banyak masyarakat mulai mendulang di daerah tersebut. Tolong penjelasannya?


Alva:

Mas Andre,

Seperti penjelasan saya sebelumnya bahwa emas terbentuk pada suatu zona hidrotermal, dimana daerah hidrotermal juga dapat dicirikan dengan terdapatnya mataair-mataair panas. Walaupun daerah sekitar Sulawesi tenggara terdiri atas batuan gamping namun perlu dicermati bahwa pada titik-titik penambangan terdapat mataair panas yang berarti batuan gamping berada pada suatu sistem hidrotermal. Dengan demikian maka keterdapatan emas di Sulawesi Tenggara bukan hal yang aneh.

Thanks atas pertanyaannya.

433 responses to “Diskusi tentang Emas

  1. salam kenal, mantap infonya …

  2. Billy Aquino

    saya sangat tertarik dengan blog emas, karena saat ini di daerah saya sedang marak bikin lubang untuk gali emas…. alamat saya di daerah banyuwangi selatan

  3. Billy Aquino

    dan emas nya langsung keliatan, kemarin malam aja saya dari gunung bawa matrial kurang lebih satu plastik kiloan, dapat 1 ons emas udah di lebur…….. bagi anda yg ada pengalaman lebih bisa dong aku di bagiin ilmu nya tentang pertambangan lokal……Trims ( Badboy_Jr33@yahoo.com)

  4. Alva

    Mas Billy,

    Ehm berita yang menarik sekali namun dilihat dari kondisi geologisnya, prospek emas di daerah anda sebenarnya kemungkinannya kecil, dan kalaupun ada tidak mungkin dari 1 kg material mendapatkan emas hingga 1 ons..Freeport saja hanya memiliki potensi 4 ton material menghasilkan 1 gram emas.

    Jika anda berkenan, tolong beritahukan lokasi penambangan emas itu secara lengkap alamatnya..mungkin saya bisa lakukan analisis perhitungan potensi emas.

    Alva Kurniawan

  5. informasi di blognya sangat menarik terutama forum diskusinya.. saya mau nanya mas, untuk eskplorasi awal kita kan melakukan pemetaan alterasi batuan, yang menjadi pertanyaan saya apakah daerah prospek yang akan ditambang selalu memusat ke daerah alterasi itu? kemudian jika tidak dapat melakukan metode geofisika yang mahal apakah metode geolistrik cukup untuk eksplorasi emas skala kecil?? mohon pencerahannya mas alva terima kasih…..

  6. Alva

    Mas Rahman,

    Emas memang selalu memusat di zona alterasi..biasanya semakin menjauhi zona alterasi endapan emas akan semakin berkurang kadarnya karena proses mineralisasi emas membutuhkan proses yang khusus kondisi batuan dan kontak dengan magma menentukan tipe alterasi (epithermal, mesothermal, hipothermal)..

    Metode geolistirk cukup untuk eksplorasi emas jika kondisi geologi daerah kajian sudah sangat dipahami..nilai resistivitas dikontrol oleh banyak faktor geologis misalnya retakan batuan, tipe mineral, porositas, dan lain sebagainya..sehingga pemahaman kondisi geologi yang mantap merupakan kunci interpretasi data geolistrik..

    Makasih atas pertanyaannya..

  7. rahman

    terimakasih beribu ribu terimakasih mas Alva…. saya telah tercerahkan^^…. saya saat ini sedang melakukan riset potensi emas di daerah gunung Liman dekat ponkor di Banten… nanti kalau ada yang problem di lapangan yang tidak saya ketahui saya boleh ya nanya ke mas alva lagi.. syukron katsiron.. semoga Allah selalu melimpahkan rahmatnya ke mas alva yang telah membagi ilmunya dengan gratis.. amin.. hehe, dan semoga menjadi amal jariyah kelak akan saya ajarkan ke generasi saya berikutnya dari ilmu mas alva.. amin…

  8. Billy Aquino

    untuk mas alva…
    Bener mas aku gak bohong, emas di aerah saya emang aneh…kapan hari saya ngomong matrial satu kilo jadi 1 ons emas itu emang nyata mas…
    saya skrang masih ada bukti nya kalo mas berminat bisa hubungi saya 081336310370

  9. Billy Aquino

    untuk mas alva…
    Bener mas aku gak bohong, emas di aerah saya emang aneh…kapan hari saya ngomong matrial satu kilo jadi 1 ons emas itu emang nyata mas…
    saya skrang masih ada bukti nya kalo mas berminat bisa hubungi saya 081336310370 apalagi kalo mas punya alat untuk mendeteksi emas…..gila…..itu bisa bikin kita milyarder disini. saya tunggu kabar balik nya..

  10. alva

    Billy,

    Alat untuk mendeteksi potensi ada namun harga dan biaya untuk membawanya sangat mahal. Baik saya akan coba melakukan observasi di daerah anda jika saya sedang tidak sibuk..

    Thanks atas infonya..

  11. Billy Aquino

    kalo boleh tau rumah mas alva d mana?

  12. Billy Aquino

    saya ada contoh batuan yang terdapat lempengan2 emas nya….liat aja di fb saya mas.

  13. Alva

    Billy,

    Saya di Muntilan, Magelang, Jawa Tengah..ok nanti saya lihat di fb apakah lebih baik dari contoh lempeng emas yang saya punya atau tidak..

    Thanks atas infonya..

  14. saya telah mencoba amalgamasi selama 5 bln,fapi blm mem peroleh konsentrat jadi bilion. Padahal batu yg saya haluskan menurut buku yga baca termasuk jenis batu konglomerasi. Selama ini yg terjadi hg yg difilter hanya menyisakan pasir yg bila dibakar menjadi logam,tapi saya blm tahu jenis logamnya apa? Apa mas Andre dapat memberi gambaran apa kira kira kekurangan yg saya harus lakukan?

  15. ada yang tahu daya hantar listrik/tekanan jenis EMAS ????
    tolong. aku lagi butuh banget. terima kasih.

  16. fitra

    ada alat untuk mengetahui batuan/tanah yang banyak mengandung mas

  17. salam. di daerah saya sekarang marak terjadi penambangan emas baik yang berskala besar maupun yang kecil… yang saya mau tanyakan bagaimana caranya kita bisa mengetahui batuan atau tanah yang mengandung emas dengan cara sederhana saja.

  18. alvathea

    Tanah yang mengandung emas biasanya merupakan tanah lempung argilik..tanah lempung arigilik merupakan tanah lempung yang terdapat dalam batuan yang sangat keras. Ciri batuan yang memiliki emas biasanya batuan disekitarnya merupakan batuan yang retak-retak dan pada retakan-retakan terdapat urat-urat kuarsa atau kuarsit (urat-urat kaca)..sebenarnya tidak ada cara sederhana untuk mengetahui daerah itu mengandung emas atau tidak karena proses pengendapan emas sangat kompleks dan dipengaruhi oleh tipe hidrothermalnya apakah hipoterma, mesotermal, atau epitermal…zona hipotermal biasanya memiliki emas berupa bijih-bijih atau nugget atau vuggy, tipe mesotermal biasanya memiliki emas berupa bijih-bijih yang memiliki urat-urat kuarsa atau kuarsit (Vuggy-Vein), sedangkan tipe epitermal memiliki emas dalam bentuk urat-urat yang disebut stockworks.

  19. alvathea

    Fitra, alat untuk mengetahui ada emas atau tidak adalah pengethauan tentang kondisi geologi regional…zona yang banyak mengandung emas itu biasanya pada daerah intrusi yang mengalami proses hidrothermal..

  20. alvathea

    Yudi, informasi tentang tahanan jenis seluruh logam dapat diperoleh di Telford (2004) judul bukunya Applied Geophysics..

  21. jey

    tanya mas, di daerah tanjung selor kab bulunan kaltim. tepatnya antara tanjung selor dan tanjung redep apakah ada jalur emasnya?
    saya pernah ditunjukkan batuan yang katanya mengandung emas/ada urat emasnya, katanya di daerah sekitar yang saya sebutkan diatas.

  22. alvathea

    Jey,

    Menduga suatu daerah memiliki emas atau tidak itu tidak dapat didasarkan pada adanya temuan batuan yang mengandung emas. Terdapat tiga macam tipe daerah yang memiliki emas yaitu epitermal, mesotermal, dan hipotermal…

    Untuk daerah Tanjung Selor, saya belum pernah melakukan survei namun ditinjau dari segi geologinya, mungkin saja terdapat emas karena terdapat intrusi andesitik yang berumumur Oligo-miosen pada lapisan sedimen. Keberdaan emas dapat diketahui dari terdapatnya lempung argilik yaitu tanah lempung dengan kandungan mineral smektit, montmorilonit, dan kaolinit..

    Thanks atas pertanyaannya…

  23. indra

    Mas Alva,
    mohon penjelasannya mengenai cara mengetahui urat emas karena di tempat saya saat ini hampir semua gunung yg digali ada kadar emasnya dan juga kalau tidak keberatan bagaimana teknik yang baik utk ekstraksi emas memakai gelondong karena hasil yang kami dapat tidak banyak apakah juga hal tsb berpengaruh dengan jenis air raksa?mohon pencerahannya
    wass

  24. Alva

    Indra,

    Daerah yang anda maksud itu dimana???urat emas itu berbentuk retakan-retakan yang terisi oleh batu berwarna putih yang disebut kuarsit atau terisi oleh kristal-kristal kaca kuarsa..

    Banyak atau tidak hasil yang didapat sangat dipengaruhi oleh kadar emas pada batu yang ditambang..sebaik apapun teknik yang digunakan untuk ekstraksi emas tapi kadar emas yang ditambang sedikit tetap memperoleh hasil yang sedikit..

    Thanks atas pertanyaannya..

  25. Erwin

    Thanks atas infonya mas.

    Sy dari daerah Sumbawa,NTB.Sy mau minta pnjelasan mengenai ciri2 batuan yg ada urat emasnya.Di daerah sy sedang hangat2nya orang menambang emas dgn cara menggali lubang,dan setelah urat emasx ketemu trus dibuat lorong panjng mengikuti arah urat emasx.Kita masyarakat lokal kalah pengalaman dgn pendatang dari Tasikmalaya,Manado.Hasil gelöndong mereka berkisar 3 sampai 6 gram per gelondong.Sementara kita yg tak tau rupa urat emasx hasilnya berkisar 0,5 gram sampai 1 gram per gelondong.Kalo bisa foto batuan yg ada urat emasx di tampilkan di blog ini.Di sini batu tulang,ijo lumut,kuning telur,sarang semut.Jadi buruan par penambang yg konon pd batuan tsb terdapat bnyak kandungan emas.Mohon penjelasanx.Trims

  26. Alva

    Erwin,

    Baik..akan segera saya tuliskan materi khusus tentang emas pada blog ini…

  27. YUDI

    Saya ada di pacitan, saya jumpai batuan kuarsa dlm bentuk pasir di dlm tanah lempung ,yg ingin saya tanya keberadaan emas itu dimana apakah dlm pasir kuarsanya atau di tanah lempungnya ? trims .

  28. Alva

    Yudi,

    Apakah anda yakin itu batuan kuarsa atau batugamping???
    Di daerah mana anda menemukannya??

    Jika memang itu kuarsa maka emas akan terendapkan pada batu kuarsa itu namun batuan kuarsa yang memiliki emas tidak dalam bentuk pasir namun dalam bentuk urat atau vein..

    Thanks atas pertanyaannya..

  29. YUDI

    Buat mas alva、bukannya kuarsa itu sama dg batu bintang. minta penjelasannya? karena ini fisiknya mirip dg garam dapur kasar pabila dicuci dr tnh lempungnya &dasar bukitnya batuan kuarsa semikeras . Yang jadi pertanyaan saya , apakah batuan kuarsa itu menyerap semua biji logam atau hanya emas & perak pd proses pembentukannya? trims lokasi punung pactian

  30. Alva

    Yudi,

    Sangat sulit membedakan kuarsa, gamping kalsit, kuarsit, dan marmer bila belum terbiasa namun cara yang paling mudah adalah menggores dengan pisau baja..jika tidak bisa digores berarti kuarsa karena kuarsa itu sangat keras (skala 7 Mohs) sedangkan gamping kalsit, kuarsit, dan marmer itu bisa digores dengan pisau baja (skala 4 Mohs)..

    Kuarsa tidak menyerap emas ataupun logam lain tapi untuk kuarsa dalam bentuk pasir terbentuk akibat pelapukan batuan Gunungapi…emas ataupun logam lain seperti tembaga dan perak terendapkan dalam kuarsa karena mineralisasi hidrotermal (epithermal, mesothermal, atau hipothermal)….

    Berdasarkan kondisi geologinya memang memungkinkan terdapat emas karena terdapat zona hidrothermal di Punung namun emas akan terendapkan pada urat-urat kuarsa (mineralisasi epithermal) bukan pada pasir-pasir kuarsa…

    Thanks atas pertanyaannya..

  31. mas Alva, ditempat saya ada batu-batuan sperti conglomerate yaitu batu pasir kuarsa lunak, namun yang aneh ada serbuk logam berwarna putih nikel dan warna kuning emas (mengkilap), batu tersebut banyak saya temukan di dekat sungai dangkal berbatu-batu dibawah bukit, pertanyaaan saya yaitu :
    1. apa jenis batu tersebut.
    2. apa jenis logam berwarna putih dan kuning mengkilap tersebut.
    3. apa didaerah saya ada potensi emasnya.

    catatan:
    daerah saya di kabupaten karimun kepulauan riau, dan dalam data pertambangan hanya dilaporkan adanya timah, bauksit dan kuarsa. mohon pencerahannya khususnya apakah ada potensi emas.

    demikian, terima kasih.

  32. yudi

    buat mas alva, trims atas jawaban2nya . Sebenarnya masih banyak pertanyaan2 yg ingin saya sampaikan mudah2an mas Alva tidak keberatan!!

    Di tempat saya , masih disekitar lokasi punung pernah ditemukan emas butiran(nugget) oleh warga. Setelah saya cek lokasinya, tanahnya padas berwarna campuran merahmuda, kuning, putih. tidak terdapat batuan keras. Pertanyaan saya, dimana keberadaan emas ditanah padas seperti itu (tidak ada urat tegak) lapisannya mendatar ?? & bagaimana proses pengambilannya (penambangannya) ???
    mohon petunjuknya& trims

  33. Wawan vx

    Salam emas mas alva
    saya mau nanya mas,di daerah saya sedang maraknya penambang emas baik skala besar dan kecil,dan bahkan banyak sekaling perusahaan yg mengajukan ijin explorasi dan sudah banyak yg sudah d acc kan.nah pertanyaan saya,apakah benar daerah saya memiliki mineral logam yg banyak tretama emas?dan bs gak sebaran mineral nya d lihat pada citra satelit?thank sblumnya

  34. Wawan vx

    Oh ya saya dari daerah sumbawa ntb.

  35. Gading

    mas alva,, saya adalah org yg awam tentang emas..,tapi saya sangat ingin mengetahui ciri bebatuan yang mengandung emas,,bisa nggak mas alva menjelaskan bagaimana rupa bebatuan yg mengandung emas….trima kasih sebelumnya mas alva..

  36. Hendrix

    Mas alva saya mau tanya . .
    Saya mempunyai lahan 2 Ha bekas galian tanah lempung yg di tambang untuk bahan genting pres , di lapisan bawah galian tersebut terdapat tanah padas dan batuan yang retak-retak dan pada retakan-retakan terdapat urat-urat !
    yg ingin saya tanyakan , apakah batuan tersebut potensi mengandung emas ?_
    jika mas alva berkenan , sy bersedia mengantarkan sample batu krumah mas alva di magelang untuk di teliti & saya bersedia untuk bekerjasama dengan mas alva ! !
    sy tinggal di pati – jateng , ini no Hp Saya :
    085 225 027 740
    081 227 511 81
    Trimakasih . .

  37. Alva

    Ruly,

    Saya akan langsung menjawab pertanyaan yang pertama, jenis batu tersebut tidak dapat saya jawab karena saya tidak melihat langsung wujudnya namun melihat lingkungan pengendapan yang berada di sungai kemungkinan besar merupakan jenis batuan sedimen yang berupa breksi atau konglomerat..atau mungkin juga merupakan batupasir..

    Serbuk logam putih tersebut kemungkinan merupakan serpihan timah sedangkan logam berwarna kuning keemasan tersebut kemungkinan besar merupakan mineral markasit atau pirit..

    Untuk mengetahui suatu lokasi ada tidaknya potensi emas ada beberapa ciri yaitu terdapat di daerah bekas Gunungapi Purba, terdapat mataair panas, terdapat lapisan tanah lempung yang sangat tebal, serta terdapat urat-urat putih yang berupa urat kuarsa atau batuan kuarsit..perlu survey lapangan untuk mengetahui ada atau tidaknya emas..Jika anda berkenan kirim foto-foto lapangan, foto batuan, dan koordinat atau alamat lengkap sungai yang anda duga ada emasnya ke alamat email saya di alva_the_a@yahoo.co.id..

    Thanks atas pertanyaanya..

  38. Alva

    Wawan,

    Benar sekali, lokasi anda memang sangat potensial mengandung emas, namun sayangnya menentukan suatu lokasi itu mengandung emas atau tidak dan lokasi persebarannya, tidak dapat dilakukan dengan citra satelit namun dengan menggunakan peta geologi dan survey lapangan..

    Thanks atas pertanyaannya..

  39. Alva

    Gading,

    Emas itu biasanya terdapat pada batuan yang berwarna putih seperti batu gamping namun sangat keras yang disebut batuan kuarsa atau kuarsit..batu kuarsa atau kuarsit tersebut berbentuk urat-urat yang memanjang, terkadang emas juga berbentuk gumpalan-gumpalan yang disebut Nugget atau Vuggy..emas yang terdapat pada kuarsa berbentuk serbuk atau serpihan yang sangat kecil (microfragmen)..

    Thanks atas pertanyaannya..

  40. tamrin

    mohon dikirimkan peta, geologi pulau sumbawa, peta zona hidrothermal, trimakasih atas bantuannya, demi Warmis

  41. indra

    Salam Mas Alva,
    sy ada di pulau sumbawa, kira2 mas alva bisa bantu saya tentang teknik metode pengetongan, dan satu lagi mas slama ini sy memeriksa batu dengan menggunakan microscope dgn pembesaran 100x yang dikoneksi dengan usb ke pc yang mjd pertanyaan saya adl bgmana membedakan emas dan pirit?krn slama yang sy lht bgtu kena pantulan cahaya ada yang berwarna kuning pudar dan ada yg mgkilat kdg2 sprti air raksa warnanya
    atas jawabanya sy smpaikan byk terima kasih

  42. Alva

    Indra..

    Metode pengetongan yang bagaimana yang anda maksud??
    Cara paling sederhana untuk membedakan pirit dan emas adalah dengan breaking test..pirit akan pecah saat dihantam dengan palu sedangkan emas hanya akan penyok saja..

    Thanks atas pertanyaanya..

  43. indra

    terima kasih mas atas responnya, metode yg dimaksud adalah pengetongan dengan bahan kimia (sianida).untuk pirit walaupun dilihat secara kasat mata berkilau spt emas tapi jika disorot dengan cahaya akan terlihat putih apakah betul mas?karena pirit yg dimksud dilihat dgn mikroskop pembesar 100x jadi kalau metode mas alva yg disarankan tdk bisa kami tes spt itu karena partikel pirit dan emasnya sangat kecil
    wass

  44. adi

    salam kenal mas alva!
    mas boleh saya nanya untuk daerah kalimantan selatan apakah banyak mengandung emas? dan dimana tempatnya menurut mas alva ketahui? dan ciri-ciri umum daerah itu mengandung emas seperti apa? thanks atas penjelasannya

  45. Ttw.jhr@

    Sy pnya lhan di sumbawa yg potensial mngndung emas, stllh diolah trnyta brwarn putih.yg ingin sy tahu apkh itu emas putih,tmbaga ato perak?dan bgmn cara dan cairan jenis apa yg bisa memisahkan emas yg banyak mengandung tembaga ataupun perak.thanks sblumnya

  46. Wawan vx

    Salam mas alva
    kira2 mas alva punya peta geologi pulau sumbawa gak?kalau ada tolong bagikan donk, oh ya ne alamat email saya vx.wawan@yahoo.com.thk sblumnya mas.

  47. Alva

    Indra,

    Iya saya mengerti.. metode yang anda maksud itu saya kenal dengan nama Proses McArthur..metode itu sangat berbahaya jika dilakukan oleh orang yang tidak mengerti tentang kimia karena jika larutan hancuran batu dan sianida tidak stabil keasamannya akan membentuk HCN atau asam hidrosianik..zat tersebut dapat membunuh manusia dalam hitungan detik karena melumpuhkan sistem syaraf pusat..

    metode tersebut saat ini tidak digunakan dalam pengolahan emas bahkan cenderung dilarang..lebih baik anda gunakan metode pengolahan emas dengan menggunakan merkuri..

    Emas dan pirit tidak dapat dibedakan secara visual namun secara mikroskopik dengan perbesaran lebih dari 10000x emas memiliki kelas kristalografi heksoktahedral sedangkan pirit memiliki kelas diploidal..

    Tes paling baik adalah floating test..emas akan melayang dalam merkuri sedangkan pirit akan mengapung diatas merkuri..

    Thanks atas pertanyaannya..

  48. Alva

    Adi,

    Salam kenal juga, pertanyaan tentang ciri umum daerah yang mengandung emas dapat anda baca diatas karena sudah saya jelaskan berkali-kali namun intinya emas biasanya berasosasi dengan lingkungan hidrotermal, terdapat retakan-retakan batuan yang terisi oleh mineral kuarsa, kalsit, kalsedon, pirit, dan kalkopirit..pada antar retakan batuan terdapat tanah lempung..

    Di Kalimantan selatan memang sangat potensial mengandung emas namun saya tidak tahu lokasi-lokasinya dimana saja karena perlu survei lapangan, jika anda ingin saya memeriksa apakah terdapat potensi emas atau tidak silahkan hubungi email saya di alva_the_a@yahoo.co.id..

    Thanks atas pertanyaannya..

  49. Alva

    Ttw.jhr@,

    Diolah dengan cara apa??jika pengolahan emas menghasilkan logam berwarna putih maka kemungkinan emas anda adalah tipe emas elektrum yaitu emas yang bercampur dengan perak..jika emas anda mengandung tembaga maka biasanya berwarna biru..cara untuk memisahkannya bisa dilakukan dengan menggunakan merkuri..jika anda tertarik lebih lanjut silahkan hungi email saya di alva_the_a@yahoo.co.id..

    Thanks atas pertanyaanya..

  50. Alva

    Wawan Vx,

    Mohon maaf saya tidak punya peta geologi Sumbawa…

  51. karso

    salam kenal mas, artikel dan bahasannya sangat menarik ttg membahas emas..di daerah saya merupakan bekas tambang emas oleh pt.aneka tambang di era thn 60-70 an dgn metoda kapal keruk. Sampai saat ini pun msh bnyk penduduk yg kesehariannya mencari emas dgn cara tradisional,,tolong di bahas struktur tanah spt apa yg mengandung banyak emas?tanah di daerah kami berpasir,kerikil,lempung putih dan kuning..penduduk sini mencari emas hingga batas tanah lempung, apa ada kemungkinan emas lebih banyak berada di bagian bawah lapisan lempung?

  52. Alva

    Karso,

    Mohon maaf, daerah anda dimana ya??

  53. Ttw.jhr@

    Trmksht atas jwabannya mas. Saya ingin komunikasi via fb, tlng dikonfirm fb sy ya.trims

  54. salam mas alva..
    saya anta di ternate maluku utara di samping tempat tinggal saya ada sungai ber air hangat dan jarak sekitar 1-2km terdapat sungai kecil yang berbatu dan banyak sekali batu batu yg ber urat kuning dan bertabur seperti perak.. pernah saya ambil dan tumbuk lembut dan saya coba ikat dengan raksa ternyata sepertinya tidak ada yang ter angkat, serpihan serpihan yang saya kira emas setelah saya remas dengan tang haasilnya hancur sampai jadi bubuk berwarna emas saya simpulkan itu pirit, saya pernah dengar istilah orang bartat katanya bila kamu temukan pirit maka disitu ada emas.. pertanyaan saya mas bila benar istilah tersebut berapa gram/ton kadar emas bila hampir semua batu di sungai tersebut mengandung pirit trimakasih.. tolong di jawab di mail saya mas: B.anta.art@gmail.com

  55. Ttw.jhr@

    Maaf mas alva asumsi sy kyaknya sama dg mas anta bhw ‘dmn pirit dsitu ada emas’ shg sy ber-experimen dg meng-extraksi batu sungai brwarna putih,ber-urat dan di uratx bnyk pirit maupn butirn sprt kristal dg sstm tromol+mercury, tp hsil nihil. What’s wrong?

  56. Hidran

    Ass. Salam Emas,
    Mas Alva, saya berada di daerah Palangkaraya kalimantan tengah, secara umum bumi Palangka adalah pasir dan terdapat banyak penambang zircon dan emas, katanya dalam zircon sand tsb juga mengandung emas karena lokasi penambang zircon dan emas terletak pada tempat yang sama. Mohon penjelasan, bagaimana zircon dan emas kok bisa terdapat pada lokasi/media yang sama. trims. ws.

  57. ANOV CRETIVE FOR YOU

    untuk kawan2 yang ingin olah limbah sisa tromol/glondong .krn klau pake system air raksa hnya 40%-50% aja khusus lombok -sumbawa kerja sama OK . serius 03706650314

  58. indra

    Mas Alva,
    mohon dibantu cara menetralisasi limbah hasil gelondongon menggunakan bahan kimia sianida dgn skala kecil yaitu 1 tromol glondong dgn bahan kimia hanya 10 gram, apakah itu masih berbahaya?mohon teknik penetralan limbahnya mas.
    terima kasih

  59. Alva

    Dear Rekan-rekan,

    Mohon maaf untuk rekan-rekan pertanyaan saya tampung dulu..saya benar-benar lagi sibuk ada proyek geologi struktur dengan United State Geological Survey (USGS)..dan mungkin saya baru bisa menjawab pertanyaan rekan-rekan bulan Desember depan..

    Makasih bnyk atas atensinya di blog saya ini,

    Regards,

    Alva Kurniawan

  60. iksan

    ciri2 dan warna batuan yang memeiliki kandungan emas seperti apa ? maaf saya dari kebumen jateng.

  61. aye

    Salam kenal, nama saya Aye

    Dear rekans dan MAs Alva.
    Saya sangat tertarik ttg pembahasan Emas di Blog Mas Alva. Penjelasannya sangat simple dan gak bertele-tele.

    Nah kebetulan saat ini saya sedang mencoba mengadakan studi meja mengenai mineralisasi emas di lingkungan hidrotermal di Tarutung Utara dan sekitarnya.

    Saya kesusahan referensi nih Mas Alfa/Rekans, Mohon pertolongan Rekans dan Mas Alva.
    Saya yakin mas punya referensinya dan pernah mengadakan studi lapangan di Tarutung Utara tersebut.

    Makasih sebelumnya ya Mas Alva / Rekans

  62. ahman

    Alva. mf mas saya mau tanya..! bahan kimia apa yang ramah lingkungan untuk memisahkan emas? setahu saya kimia air raksa sangat berbahaya bagi manusia,apa lagi limbah sampai kesungai mengalir. ditempat saya pegunungan ada terdapat mata air panas sambil mengeluarkan asap,menurut mas jarak dari air panas, antara jarak batu,tanah kandungan emas berapa jauh. terimakaih atas jawabannya.

  63. agusmanjafar

    assalamualikum…. mas sya mau tanya…di daerah saya di sumatra akan di bangun proyek pertambangan tembaga…yang menjadi pertanyaan saya..apakah hanya tembaga saja yang ada…sedangkan menurut yang saya tahu pasti ada kandungan mineral lain….saya berharap bantuannya supaya kami tidak di rugikan oleh pihak lain…..terima kasih mas atas bantuannya…

  64. eiang Killort

    Mas aku mau tanya,bagaimana kita bisa mengetahui itu atau bukan , karena saya pernah temukan pasir yang kekuningan kuninga daerah di pegunungan dan gununng itu banyak batuan kecil seperti sudah dipecah2, apa pasir itu emas atau tembaga,terima kasih bial mau menjelasankan

  65. ass. Mas Alva saya punya lahan yang banyak mengandung pirit warna abu-abu, apakah lahan saya mengandung emas? Bagaimana ciri pirit yang mengandung emas, saya di daerah Barabai Kalimantan selatan, thks atas kesediaanya memberi jawaban.

  66. farisi

    salam kenal mas Alva, nama saya fariz di aceh, saya mau tanya minta penjelasan sedikit lg tentang ciri2 butiran emas, saya pernah meliahat di daerah saya, ada sejenis pasir yang warnanya kuning skali dan mengkilap seperti emas dan bentuknya seperti pecahan lempengan yang sangat kecil2 tp masih bisa dilihat dengan mata, dan juga agak lunak dan peyot bila ditekan dengan kuku, mohon penjelasannya ya mas alva, apakah itu unsur emas otou cuma pasir biasa, saya masih sangat awam dengan pengetahuan tentang emas, sebelumnya terimakasih banyak.

  67. moeda

    saya mau tanya ama mass, apakah urat-urat emas dalam batu kuarsa atau kuarsit berwarna kuning tua atau hitam pekat?? terimakasih banyak atas jawaban nya.

  68. Nelvia

    Mas, kalau lab untuk pengujian kandungan mas dlm tanah ada di mana yah? dan biaya lab nya berapa? .. terimakasih

  69. Eiang Killort

    Mas aku mau tanya,kalau daerah itu banyak ditemukan batuan pirit dan tanah nerwarna kuning,apakah daerah itu ,ada yang mengadung Emas atau berada disekitar batu pirit itu, mohon penhelasannya,terima kasih bila bersedia menhelaskan

  70. Eiang Killort

    Mas aku mau tanya,kalau daerah itu banyak ditemukan batuan pirit dan tanah berwarna yang kuning ,apakah daerah itu ,ada yang mengadung Emas atau berada disekitar batu pirit itu, mohon penjelasannya,terima kasih bila bersedia menhelaskan

  71. satria

    salam mas alva
    bila kandungan emas terdapat didaerah yang mempunyai aktivitas vulkanik, seperti air panas, yang mau saya tanya
    1. seberapa jauh biasanya lokasi yang mengandung emas dengan sumber air panas
    2. biasanya air panas itu selalu mengandung belerang, apakah daerah yang mempunyai kandungan belerang juga mempunyai kandungan emas

  72. IwanPulungan

    Salam mas Alva
    Saat ini didaerah saya sedang marak-maraknya pertambangan emas rakyat,,, sehingga masyarakat tempatan saat ini byk yg beralih pekerjaan jd penambang. Tehnik menambangnya dgn menggali bukit sampai kedalam 10-50 meter sdh ditemukan batuan yg mengandung emas. Sbg informasi dalam satu goni batuan berat 40 kg bisa menghasilkan uang berkisar 6-70 jt. Daerah yg dimaksud adalah Perbukitan siayo, aek sarahan Hutabargot Panyabungan… Yang mau saya tanyakan :
    1. Seperti apa peta penyebaran batuan emas di daerah tersebut..???
    2. Bagaimana cara melihat bentuk tampilan fisik batuan permukaan yang mengandung emas dan berapa kedalamannya..??? Terimaka kasih mas alva

  73. miswar Pulungan

    Salam mas Alva
    Saat ini didaerah saya sedang marak-maraknya pertambangan emas rakyat,,, sehingga masyarakat tempatan saat ini byk yg beralih pekerjaan jd penambang. Tehnik menambangnya dgn menggali bukit sampai kedalam 10-50 meter sdh ditemukan batuan yg mengandung emas. Sbg informasi dalam satu goni batuan berat 40 kg bisa menghasilkan uang berkisar 6-70 jt. Daerah yg dimaksud adalah Perbukitan siayo, aek sarahan Hutabargot Panyabungan… Yang mau saya tanyakan :
    1. Seperti apa peta penyebaran batuan emas di daerah tersebut..???
    2. Bagaimana cara melihat bentuk tampilan fisik batuan permukaan yang mengandung emas dan berapa kedalamannya..???
    Terimaka kasih mas alva

  74. Amri tanjung

    Mas alva yth.
    Selama ini saya sudah wara wiri cari artikel beginian yg lgsung bisa interaktif dengan narasumbernya tp baru ini ketemu.
    Mas alva bisa ga datang ketempat saya atau paling tidaknya mengirimkan contoh batuan dan tanah yg mengandung emas. Karena selama ini sudah ada dari pihak pertambangan yg tlh mengadakan explorasi ke daerah saya. Saya rasa tidak salah jika saya mendahului pihak pertambangan yg tlh membuat tanda di lahan keluarga saya. Jika mas berkenan datang ket4 saya alamat dan nmr telp saya bisa mas minta melalui email saya. Sblm dan sesudahnya saya haturkan terimakasi.. Salam

  75. Sebelumnya salam kebal ni mas alva….!!!
    Low boleh tau ciri daerah yang memiliki tambang emas itu kayak gimana yach???

    Dan saya mau nanya satu lagi mas berapa sih harga dari alat pendeteksi emas itu???

  76. Sebelumnya salam kenal ni mas alva….!!!
    Low boleh tau ciri daerah yang memiliki tambang emas itu kayak gimana yach???

    Dan saya mau nanya satu lagi mas berapa sih harga dari alat pendeteksi emas itu???

  77. dan di sini juga mas alva di sulawesi utara tepatnya di gorontalo punya tambang emas yang baru di temukan,dan sudah bayak masyarakat dari luar kota terus berdatangan loh,kata mereka sih dalam sehari itu mereka bisa menghasilkan mas sebanyak 1 ons,itu hanya dalam sehari loh….!!!

  78. hendra

    mat siang mas. asal saya dari palu sulawesi tengah. saya orang awam soal emas. tahun 2004 saya perna mimpi ditunjukan lokasi yang belum perna saya datangi, dalam minpi itu saya ditunjukan dua lokasi yang berdekatan lokasi yang satu diperlihatkan kayak sebuah musium yang didalamx terdapat bayak sekali harta karun tapi saya hanya diperbolehkan ambil yang satu peti saja, dan lokasi yang kedua saya diperlihatkan bebatuan emas yang banyak tapi belum terolah dalam tanah. suatu saat saya mencoba mencari lokasinya sesuai dengan dalam minmi saya dan saya temukan lokasinya bebukitan dekat sungai besar tapi udah kering. karna saya ngak ngerti soal pengolahan emas akhirnya saya mencoba minta bantuan teman dan hasilx kami temukan bebetuan berwarna putih dan kata teman saya dilokasi itu ada kandungan emas. karna serba keterbatasan saya sampai sekarang ngak perna lagi menghiraukan lokasi itu. mohon bantuan sarannya

  79. masiput

    saya selalu mengikuti blog diskusi tentang emas, untuk menambah penguasaan saya seputar tambang emas, karna saya juga usaha mengolah batuan logam ( emas, perak dan tembaga) kecil-kecilan dengan sistym yg ramah lingkungan yaitu: elektrowinning – elektrorefinning; pertanyaan teman2 diatas tolong dijelaskan, karena jawaban itu penting sekali bagi saya untuk pengembangan usaha seputar tambang emas ini….

  80. jukarliwu

    salam kenal :
    mas saya mau tanya apakah ciri-ciri kondisi alam suatu wilayah yang mengandung emas

  81. kiki

    Mas kalau memang ahli dalam pertambangan datang aja ke daerah saya mungkin kita boleh kerja sama dalam pertambangan emas …hub …081356179993 saya asal gorontalo di suwawa kebetulan saya sementara menjalankan usaha ini dilokasi motomboto…ok

  82. doni

    mas saya nemu potongan atau lempeng batu yang keras yang dipermukaannya terdpat butiran2 yang menempel, bentuknya ada yang segi empat dan prisma segitiga. Warna butirannya yaitu putih keemasan.Batu tersebut seperti tanah yang mengeras berwarna abu2. di dalam batu tersebut juga terdapat serbuk halus cuma warnanya lebih dominan kuning emas.
    Awalnya saya temukan batu itu pada sebuah bongkahan tanah di sungai. Tanah itu mengendap jadi bongkahan batu dan berwarna abu kehitaman. Iseng saya pukul bongkahan itu dengan tangan, karena bongkahan itu lunak. dan mudah retak.Nah di dalam bongkahan itulah saya menemukannya.Apakah kira2 butiran dan serbuk tersebut mas…

  83. masiput

    mas alva … saya mendapatkan pirit mulus berbentuk bongkahan besar sebesar genggaman trangan ada pula yg sebesar helm anak2 didaerah pegunungan ponorogo kearah pacitan, warna pirit itu ada yg kuning keputihan kilap logam dan ada yg kuning keemasan dengan kilap logam pula, bagaimana cara mengetahui pirit tersebut mengandung logam ( emas, perak ) atau tidak mengandung logam sama sekali…? mohon penjelasan. ( ini email saya : masiput76@gmail.com )

  84. doni

    mas tolong cek apakah daerah sumedang, gunung tampomas ada kandungan emasnya?kalao ada kasih tau nama tempatnya?

  85. yudhi

    mas alva. Sy di daerah sulsel. Tpatnya di perbatasan kab.sidrap dan kabupaten soppeng. Smua yg anda jelaskan di atas baik berupa tanah dan batuan sama persis demgan apa yg di temukan di tanah saya pada kedalaman 7 s/d 8m. Namun saat ini sy trkendala masalah dana dan cara pengolahanya, kalau anda tertarik, anda bisa call sy di 081245901288. Sbg cttn. Sdh 4bln trkhr pemilik lahan di sblah lahan sy. Mengolah lahanya. Tp tanah dan material galian tsb hanya di karungkan dan di bawa prgi entah kmana.

  86. dhofir

    asskum mas alva. saya mohon dg segenap hati tolong kirimkan peta jalur logam e mas di sumbawa ntb kirim ke fb saya ya..

  87. tolong teman2 yang tau bagaimana cara pemisahan emas debu dari batuan atau konsentrat,dan apa nama cairan yang bisa kita pakai,serta cara prosesnya bagaimana,tks sebelumnya.

    Rasman

  88. puda

    di sini aku mau tanya tentang emas yang rusak ,bagaimana caranya untuk menangani emas yang rusak yaitu pada waktu memasak emas banyak emas yang hancur menjadi air,/,
    mohon di bantu permasalahan saya ini,
    e-mail : genksinetemo@yahoo.com
    facebook :ariant puda sinetemo

  89. gun

    minta foto batuan atau tanah yg mengandung emas dong.

  90. Andrey

    Salam Kenal,.. man alva
    saya ingin mengetahui nama alat yang digunakan untuk mendeteksi adanya batu mulia seperti batu safir yang terdapat di dalam lapisan batuan.?
    Bentuk alat ini mirip Hp n 70 namun bukan GPS Adapun cara alat ini yaitu dengan ditempelkan pada dinding batuan kemudian dilayar alat itu tampak jelas jenis serta kedalaman letak batu safir itu. kinerja alat ini mirip mirip dengan rongnsen dalam dunia kedokteran. saya menjumpai alat itu ketika ada tim geologi sedang melaksanakan survey pertambangan di daerah saya namun saya lupa untuk menanyakan nama alat tersebut.
    mohon bantuannya dan dimana saya harus membeli alat tersebut ?

  91. adi

    numpang dikit, sy sdh bikin galian ikuti vein/ref, dikedalaman 11 mtr ketemu pirit (Fe2 B), brapa dlm lg kami harus gali utk nyampe pd kandungan emas? keras banget batuannya mas,…tempat kami di kalsel, tks

  92. Achep

    Salam Geo Mas alva . . .
    saya maw nanya seputar orogenic gold deposit ?
    proses geologi pengendapan dan akumulasinya itu gmn ya kawan2!
    mhn bantuannya.

    salam
    UnHas Geofisika 06

  93. HMMMM,,,,saya ketemu batu tapi warnanya kyk emas2 gitu namun dia berbentuk seperti telur puyuh namun ada ukiranya,,diliat dari ukiranya seperti batu ukiran sansekerta,,,apa iya ya jaman sekarang masih ada bekas2 barang antik jaman dlo,,tapi saya gk tw itu emas apa tembaga,,gmana ya cara mengetahui itu bener2 emas asli atw tembaga

  94. gmana sih cara kita mengetahui itu emas atw tembaga atw kuningan kasih tw donk

  95. rizal

    mat kenal mas

  96. tanya mas, pirit sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk apa, daerah pati, jepara banyak terdapat pirit.

  97. nardo

    mas tolong share info lokasi tambang emas dilampung?

  98. Untuk rekan2 yang ingin menguji apakah batuan anda emas atau bukan sebagai berikut:

    Hancurkan batuan sampai halus semampu yang anda bisa
    1. Cara paling sederhana adalah dengan dilimbang/didulang, jika kata
    kanlah memakai piring, jika diawal batuan memenuhi 3/4 piring ke
    mudian setelah dilimbang/dulang tersisa sedikit serbuk batu yang
    mayoritas pasir hitam (artinya anda sudah mendulang dengan baik)
    maka emas dapat terlihat disudut kiri/kanan atas tergantung cara
    anda mendulang.
    2. Cara kimia yang tercepat (bisa dalam 3jam langsung mendapatkan
    emas berbentuk serbuk coklat , untuk yang sudah pengalaman
    seperti serbuk emas hasil cukiman) menggunakan aqua regia
    campuran HCl 3 : HNO3 1). Penjelasan prosesnya agak panjang,
    lain waktu akan saya jelaskan.
    3. Cara sederhana lain untuk batuan yang mengandung pyrite atau
    anda ingin tahu pyrite atau emas adalah dengan melarutkan
    batuan yang sudah dihaluskan di asam nitrat (HNO3), semua
    logam dasar akan larut sedangkan emas tidak, emas dari batuan
    pyrite biasanya berbentuk mickroskopik (sangat kecil). Cara ini
    bukan saja untuk batuan pyrite, prinsip dasarnya emas tidak larut
    di HNO3, HCl, H2SO4, emas dapat larut di Aqua regia, Cyanida,
    Thiourea, HCl + NaCl.

    Masih banyak cara lain mengidentifikasi emas begitu juga cara pengolahannya, silahkan hub saya di 081388126802 jika ada yang ingin penjelasan detail. Tks Budiarto

  99. bow

    Mas Budi mohon penjelasannya……….
    Saya temukan batuan berwarna hijau agak kebiruan, saya mencobanya dengan asam nitrat, pada cairan hasil uji berwarna hijau muda kekuningan. Pada batuan tersebut terkandung mineral apa saja?…..

  100. Yang harus diuji pertama adalah perak tentunya karena segi komersialnya, setelah cairan asam nitratnya anda saring sampai bening (gunakan paper filter atau tissu yang diletakan dicorong), tambahkan sedikit garam dapur atau HCl atau bahan apapun yang mengandung ion Cl. Jika terbentuk gumpalan putih seperti awan dan cairan berubah seperti susu maka itu adalah konfirmasi adanya kemungkinan Pb (timah hitam), Hg (air raksa) dan atau perak. Konfirmasi perak yang nyata adalah setelah beberapa saat setelah kena sinar serbuk putih berubah menjadi ungu (Pb & Hg tetap putih).
    Setelah pengujian perak dan cairannya disaring lagi, masukkan sepotong kecil besi atau seng, jika warna hijau cairan berasal dari tembaga maka akan keluar serbuk coklat menggantikan besi/seng yang larut (disebut proses reduksi), sebaiknya asam nitrat diencerkan dulu supaya tidak terlalu kuat – asal bisa melarutkan besi/seng.

  101. U/ sdr Nardo,
    Banyak sekali area tambang emas dilampung dan kebetulan selama 2th saya mengolah disana sebanyak 70.000ton/2jt karung. Lokasinya meliputi : Putih Doh/Cukuh Balak, Kedondong, Padang Cermin, Way Kanan (ada KP Batu Tua), Krui dan beberapa lagi yang potensinya agak kecil.

  102. salam,
    salam kenal u/ mas alva dan mas2 yg lain. saya mendapat info bahwa di lahan keluarga kami kurang lebih 50 Ha di sulawesi tenggara kec. poleang timur mengandung emas. untuk itu kami mengundang investor yng ingin join bersama kami mengelola lokasi tsb. maaf klo saya masukkan disini, cp:085299982320.

  103. budiarto

    U/ mas zaero,

    Mohon maaf sebelumnya, anda tidak dapat mengundang investor dengan sekedar mengatakan “saya mendapat info”. Anda dan keluarga terlebih dahulu harus melakukan penelitian semampu yang bisa dilakukan, misalnya mengirim sampel batuan ke lab untuk diteliti kandungan emasnya (kalau emas saja hanya 300rb biayanya), atau pakai tenaga ahli lokal yang biasa mencari urat emas (mereka sangat ahli). Kalau hasil
    penelitiannya bagus tidak sulit mengundang investor. Tks Budiarto

  104. terima kasih banyak saranya mas budi.
    klo boleh bertanya, bagaimana caranya ambil sampelnya, apakah harus di gali dan klo ya, berapa meter kedalamannya? maaf saya buta tentang tambang mas.. thx sebelumnnya.

  105. Kalau mas Zeero buta sekali tentang emas ada baiknya memanggil tenaga ahli untuk meneliti, atau tanya mas alva bagaimana memulai kalau ingin mengerjakan sendiri. Saya tidak memiliki pengetahuan geologi, tapi cara paling sederhana ialah mencarinya disungai. Jika lahan anda mengandung emas disungainya (kalau ada) pasti ada emas.

  106. iya. makasih sarannya mas.

  107. salam kenal mas alva
    saya mau bertanya cairan kima apa yg paling bagus untuk memisahkan antara emas, pirit dal logam lainya.
    saya menggunakan air raksa untuk menangkap emas dlm proses penggilingannya, apakah itu sudah betul???
    jika ada cairan kimia yg lebih baik lagi untuk penangkapan emas sy mohon informasinya.
    terimakasih

  108. Saya orang awam yang tidak mengerti tentang logam.

    Saya menemukan butiran-butiran kecil berbentuk bundar pipih seperti biji cabe berwarna kuning kilap seperti warna emas. Setelah saya amati ternyata benda tersebut terdiri dari susunan berlapis-lapis. (seperti tumpukan kertas) yang terdiri dari lembaran tipis2 dan jika dipisah2, mudah hancur.

    Saya coba lelehkan dengan menggunakan torch selama kira-kira 1menit, namun benda tersebut tetap utuh dan warnanya sama sekali tidak berubah, kuning emas.

    Yang saya ingin tanyakan, benda apa yang saya temukan? Apa kegunaannya?

    Terima kasih,_

  109. Mas Ferdi,
    Menguji suatu batu/material mengandung mineral/logam apa saja perlu proses yang tidak mudah karena banyak mineral/logam bercampur jadi satu didalam batuan, kecuali logam2 yang dibatuannya dominan & sangat mudah diidentifikasi seperti tembaga (Cu), timah hitam (Pb), air raksa (Hg), besi (Fe), Chromium (Cr) dll.

    Diluar batuan emas, jumlah batuan yang akan diolah juga haruslah sangat banyak. Jangan karena anda menemukan beberapa ton batu warna hijau (misalnya malachite – batuan tembaga), anda merasa sudah menemukan harta karun.

    Bagi rekan2 yang serius ingin mengetahui kandungan logam berharga dibatuan yang anda temukan (sebaiknya emas karena tidak perlu pemasaran) bisa kirimkan batuannya ke saya. Batuannya harus sudah dihaluskan 80mesh & batuan aslinya & anda harus mengganti biaya bahan kimia. Tks

  110. memet

    mas..katanya da cairan pendeteksi batuan mas ..tlg pencerahannya

  111. bends

    salam mas alva.
    saya ingin bertanya dengan indikator apa kita bisa menentukan kandungan emas suatu tanah. trims mas alva

  112. feriyanto

    Wah seru ne perbincanganny.salam kenal dari bangka.ada yg mau saya tnykn mas budi.kl d tmpt sy banyk logam timah dan d kelola pt timah serta tambng rakyat.yg mau saya tanykn adakah kandungan emas d biji timahny jg?kl ada gimana cara memisahkany terima kasih atas jawabanny

  113. Mas Feriyanto,
    Kalau yang anda maksud dr timah batangan, setelah proses elektrolisis, anode slime (yang tersisa di anode) dilarutkan di HCl sampai tidak ada lagi logam yang bisa larut lalu saring. Kalau sisa solid yg tidak larut berwarna abu2 (serbuk emas adalah coklat tua spt kopi) lanjutkan pelarutan menggunakan HNO3 lalu saring. Sisa serbuk yang tdk larut di proses pakai aqua regia (3 HCl + 1 HNO3) untuk mendapatkan emas atau juga platinum jika ada. Tks

  114. Drivel

    Buat semuanya, ingin mengetahui emas pada batu cukup mudah cara tradisional. Sediakan dahulu batok kelapa setegah matang yg sudah dikeluarkan dagingnya, kertas pasir halus, spidol hitam, air pada ember, batu emas yg telah dibuat menjadi tepung. Hubungi aku, aku tunggu ya. No 081344618861

  115. Jack Santana

    Hai Mas Billy, aku Koncomu wong Bangil Pasuruan…..
    Aku durung sempat datang kerumahmu…… dengar-dengar diberita kok Banyuwangi tambangnya semakin menegangkan bagi penambang-2 kecil benerkah ????
    mas Billi punya bahan banyak gak ?

    Mas Alva, salam kenal ya…..
    Mas Saya olah Pirit kebetulan ada kandungan emasnya…..pakai cara kimia…..dan benar2 keluar emasnya……pake system zing presipitatte

  116. Jack Santana

    Mas budi yoga,, salam kenal ya…..
    Main2 dengan kimia memang menghanyutkan…..
    Hobby yang menghasilkan uang……. Lumayan…..

  117. joko

    ms alva lm knl, utk daerah banyumas khususnya kc,gumelar..apakah ms alva dh prnh survei? Tq

  118. Mas Jack Santana,
    Hobi yang bisa menjadi mata pencaharian, apalagi jika bisa memproduksi emas 1kg/hari untuk owner (mengolah 300 ton ore/batuan).

  119. saya imam..salam hangat…mas alva…
    saya mau nanya nih. bagaimana cara memisahkan logam mulia dari batu alam…saya butuh bantuan nya nih…bila perlu proses apa saja yang saya mesti lakukan..terimakash sblm nya,,,,,saya berharap dapat ilmu nya amin,,,

  120. Anwark

    Salam knal mas jack. Tanya nih siystem zing presipitatte pake kimia apa? Trims

  121. hasan

    asslkm mas.
    Mas alva, sy anggota polri dr jayapura papua, sy masih buta tentang emas tp sy tertarik dan ingin skali mengetahui ttg cara2 mengetahui emas berada, disini pendulang hampir tak pernah berhenti walau sering kita usir krn sangat berbahaya tp ttap aja gak kapok hahaha… Mas alva, yg ingin sy tanyakan? Apakah mas alva bs datng kesini jika sy bs menemukn tambang emas, dan boleh gak sy menghubungi mas via telp, krn sy rasa dijaypura masih banyak lahan yg belum tersentuh dan perlu diteliti. Ini noq mas. 081344427183. Sy tunggu kabarnya mas.. Trmksh seblmx.

  122. bungsulung

    mas alva, saya luthfi dari tanggamus lampung.. ditanah kebun saya terdapat batuan pasir yang banyak mengandung sepihan seperti logam berwarna kuning berkilauan..sepihan tersebut kurang lebih sebesar biji cabe dan bentuknya berlapis2..awalnya saya kira itu emas, tp setelah saya tes pake raksa, serpihan tersebut tidak terserap dalam raksa…pertnyaan saya,
    apakah mungkin dalam batuan pasir tsb mengandung emas ?

  123. U/ mas Bungsulung,
    Mohon baca tulisan2 diatas selengkapnya, anda akan menemukan jawabannya. Juga untuk rekan2 lain yang baru yang ingin bertanya agar membaca selengkapnya dulu diskusi ini agar tidak mengulangi pertanyaan yang sama yang sudah dijawab.

    Mas Hasan,
    Mendulang adalah skala terkecil memproses emas, skala yang lebih besar adalah dengan sistem yang mengandalkan gravitasi seperti sentrifugal konsentrator, sluice box (gelontor). Dengan kandungan emas hanya 0,5gr/ton pun dengan cara ini dapat dilakukan tanpa anda harus mencari sumber emasnya (mother lode), yang terpenting mengolah dalam volume yang cukup besar dan dengan cara yang benar. Pengalaman saya terakhir di way kanan lampung, mengolah 50 ton material perhari bisa dapat 30gram emas kadar 70 dengan modal kerja sekitar 50jt.

  124. udi

    apakah dalam suatu area bisa terbentuk emas dan mangan dalam satu lokasi???

  125. gold lovers

    salam kenal mas alva…
    mas alva, saya ditawari untuk mengolah limbah tailing emas di aceh, tambang tradisoanl disana sudah berlangsung dari tahun 90 an,
    yg sy tanyakan bisakah limbah tailing tsb kita hitung jumlah cadangannya, kmudian langkah2nya seperti ap?

    thanks

  126. Gold Lovers,

    Yang mudah kirim ke lab untuk dianalisa kandungan emas & peraknya, PT. Zhongye di Sunter Jkt adalah yg paling murah. Jika hasil analisa menunjukan kandungan emas di atas 3gr/ton maka layak untuk diolah, jika hanya 2-3gr/ton maka minimal yang harus diolah 1,000 ton (25,000 karung). Atau anda bisa menguji sendiri pelarutan dengan cyanide dengan lumpur minimal 300kg supaya mudah terlihat secara visual dan bisa ditimbang, Tks

  127. echo

    teman2 yg terhormat. sy punya batuan yg mengandung emas perak dan titanium sebnyak 60 ton bagi anda yg ingin kerjasama diproses atau dengan cara jual beli yg serius silahkan hub. sy. 081249587711 / 081937500211

  128. I just could not go away your site before suggesting that I really enjoyed the standard info an individual supply in your visitors? Is gonna be again steadily to check up on new posts

  129. benny

    bos tanya dong, untuk komposisi reagen pada flotasi biasanya brapa banding brapa?

    misalnya pulp 1 liter dgn kekentalan 40%
    1. colector brapa banding brapa?
    2. froth brapa banding brapa?
    3. Modifier brapa brapa banding brapa?

    tks

  130. guzzrud

    salam kenal semuanya,

  131. U/ mas Benny,

    Mineral apa yang anda akan flotasi? Jenis maupun komposisi collector, frother & modifier tidak sama untuk masing2 mineral yang dominan.

  132. davit3m

    mau tau gmna cara yg efektif untuk mengolah batu mas jenis mangga email; davit3m@yahoo. com…. hp081360608130….. trim,s atas bantuan nya…… mungkin bisa berkerja sama…..

  133. Salam kenal mas Alve.

    Di daerah saya ada suatu daerah yang katanya banyak mengandung emas nya. kemudian saya coba uji lab di LPPT UGM dengan metode AAS Flame, untuk batuan nya saya Lab dengan hasil Au 1,67 PPM tetapi untuk tanahnya saya uji lab dengan hasil 18,86 PPM.
    yang mau saya tanyakan apa mungkin emas bisa terdapat di dalam tanah ???
    saya mau tanya ap itu tanah lempung Argilik ??? Perlu dikeahui lokasi yang saya maksud tanah bagian atasnya biasanya berwarna merah kekuning2an biasa buat genting dan batu bata. Setelah dikupas sedalam +- 7 Meter, tanahnya berwarna hitam dan seperti ada alurnya, tanah inilah yang saya uji dengan kaddar 18,86 PPM.

    mohon bantuannya untuk saling share mas alva Dkk. Terima kasih

  134. Mas Anton,

    Anomali emas ditanah banyak terjadi, saya menemukan dibeberapa daerah dan kebetulan saat inipun sedang mengolah tanah di way kanan, yang mengandung emas hanya 0.5ppm, mengandalkan gravitasi menggunakan sentrifugal concentrator.

    Jika tanahnya mudah hancur akan sangat mudah mengolahnya tapi jika seperti tanah liat/lempung, maka diperlukan mixer sebelum dikonsentrasikan. Silahkan hubungi saya di 0813.8812.6802 jika anda perlu informasi lebih lanjut atau ingin menindak lanjuti temuan anda. Tks

    Mas Ratu Sahril,

    Saya sudah membaca email anda mengenai ‘survey lokasi dugaan emas’ yang dilakukan oleh rekan2 geologi anda, dan saya setuju pendapat mereka pada kesimpulan: “sangat menarik untuk langsung dilaksanakan eksploitasi tingkat kerakyatan pada bagian supergene enrichment dan sangat mungkin eksploitasi ke tingkat yang lebih besar dengan adanya dugaan cebakan porphyry copper”. Dengan catatan Au tidak berada didalam chalcopyrite.

  135. Ahmad

    Permisi mas mau nanya nih.. Sebenarnya bagaimna sih ciri2 tanah yang mengandung nikel, besi, atau emas.. Mohon penjelasanx & terima kasih sebelumny

  136. bang, bisa minta nomer hp nya pa ngg?
    saya punya lahan yg di kliem oleh orang DINAS PERTAMBANGAN LAMPUNG mengandung emas.
    lokasi di lampung barat.
    makasih

  137. rusdi

    salam kenal p alva.
    senang kenal dg mas alva .. pengolahan emas pakai mercuri mahal dan gak ktm untungnya, klo sy pakai ,nitrat,sulpat apa itu bahaya juga atau ada cara yg paling bagus tapi sangat murah…
    tks jawabannya.

  138. memeng bener mas yang dikatakan bily ada kemungkinan besar dalam 1 katong plastik yang di dapat mengandung emas 1ons di daerah saya ini memang banyak matrial2 emas nya. bahkan temen saya ada yang dapat hingga 48 kilo gram. dan masih banyak sekelompok orang yang dapat lebih dari itu.
    “tempat lokasi nya di desa sumberagung kec pesanggaran kab banyuwangi dan nama gunung nya tumpang pitu blok 56. kalo mas penasaran silahkan datang langsung di banyuwangi bagian selatan.

    “trims ya mas blog nya sangat bagus

  139. salam kenal bos” memang bener yang dikatakan oleh billy. teman saya malah ada yan dapat 48 kg emas murni dalam 12 katong ukuran 25 kg. lokasinya ada di desa sumberagung kec pesanggaran kab banyuwangi selatan di gunung tumpang pitu dan blok 56.
    “mas alva silahkan jalan2 kesana kalo ingin tau secara jelas nya”
    salam kenal dari anak banyuwangi SELATAN.

  140. @ pak Budi

    Pak untuk hasil analisis Au, metode AAS dengan metode DZG93-09, mana yang lebih akurat dan lebih canggih ?? soalnya saya kirim sampel tapi hasil beda. thanks

  141. @ pak budi

    request tutorial pengujian kandungan tanah/lumpur/batu dengan menggunakan AR ?? lengkap dengan takarannya pak. thq

  142. budiyoga

    AQUA REGIA (AR)

    Aqua regia disebut juga kimia mulia atau kimia raja (ada logam mulia dan batu mulia), disebut demikian karena dapat melarutkan hampir semua logam kecuali Rhodium, Ruthenium, Osmium dan Iridium.

    AR adalah campuran HCl 3 : HNO3 1 atau 4:1 juga boleh, atau ditambah air 1 : AR 1. Fungsi utamanya adalah untuk pengujian batu (ore) atau pemurnian emas (bisa sampai 99,9%) bukan skala produksi. Bisa dengan cara hanya direndam -24jam atau dipanaskan sampai mendidih – 2jam.

    Peralatan dan bahan yang dibutuhkan:
    - Batuan yg sdh dihaluskan sampai 100mesh
    - HCl (hydrochloric acid) 1ltr
    - HNO3 (nitric acid) 1ltr
    - Urea (pupuk) 100gram
    - Sodium Metabisulphite atau serbuk seng atau potongan seng
    - Gelas ukur pyrex (erlemeyer) ukuran 1 atau 2ltr
    - Pemanas kompor atau kompor listrik
    - corong, kertas tissu untuk menyaring
    - Wadah plastik transparan mis botol plastik bekas air mineral

    Lakukan semua proses ini diudara terbuka jangan diruangan tertutup karena baunya sangat menyengat dan gunakan sarung tangan tahan kimia jika ada.

    Untuk melakukan dengan baik proses pengujian emas memakai AR, sebaiknya dilarutkan terlebih dahulu semua logam dasar/lain yang ada didalam batuan, caranya:

    Mis kita pakai gelas pyrex 1ltr, masukan 400ml air kedalamnya lalu masukan batuan yang sudah halus 200gram kemudian masukan 50ml HNO3 (jika banya pyrite hrs lebih sedikit dulu), lalu panaskan dikompor dengan api kecil dulu dan lihat reaksinya. Jika reaksinya sedikit besarkan apinya sampai hampir mendidih, tapi jika reaksinya terlalu berlebihan terlihat dari cairan yang mulai naik permukaannya segera kurangi apinya atau matikan kompornya. Pemasakan ini dilakukan selama 1jam atau sampai tidak terlihat lagi reaksi digelas pyrex. Anda juga bisa menambah HNO3 sedikit2 jika dirasa kurang.
    Setelah selesai pemasakan dinginkan lalu saring menggunakan tissu yang diletakkan dicorong. Cairan hasil saringa harus terlihat bening pertanda anda sudah nenyaring dengan baik. Setelah semua cairan disaring, bilas dengan 400ml air dan cairan tersebut juga disaring dan ditambahkan ke yang pertama. Setelah itu sisa batuan dibilas sampai empat kali dengan air biasa untuk membuang sisa2 HNO3.
    Jangan sampai ada yang terbuang sisa batuan hasil penyaringan karena emasnya ada disana, cairan HNO3 hanya mengandung logam dasar terutama perak yang dapat diuji dengan mudah yaitu dengan memasukkan garam atau meneteskan HCl. Akan keluar serbuk putih dan cairan berubah seperti susu jika ada perak.

    Setelah selesai pelarutan menggunakan HNO3 selanjutnya kita melarutkan sisa logam dasar dibatuan memakai HCl, gunakan air 1 : HCl 1. Prosesnya sama persis seperti HNO3 diatas.

    Setelah semua proses pelarutan HCl selesai selanjutnya kita akan pakai AR. Masukan batuan dan air 300ml lalu AR 300ml aduk dengan memutar2 gelas pyrex lalu panaskan dikompor sampai mendidih lalu kecilkan apainya sedikit supaya tidak dalam kondisi mendidih dan tunggu sampai 1-1,5jm. Jika cairannya berkurang banyak bisa tambahkan AR sedikit2.

    Berlanjut …

  143. “Keakuratan dan analisis Pengujian batuan / tanah Au di laboratorium satu dengan yang laboratorium lainnya”

    Beberapa minggu yang lalu saya ambil sampel tanah +- 20 kg yang diindikasikan ada kandungan Au. Kemudian saya hancurin lalu di saring, dan hasilnya saya bagi 2 bagian (1 kantong +- 10kg). Dari hasil pembagian sample tersebut, lalu 10 kg saya kirim ke L*** *** di Jogja, 10 hari kemudian hasil lab keluar dengan hasil 18 ppm. dari hasil lab saya tersebut, ada seseorang yang ada minat terhadap material tersebut, lalu saya kasih sample sisa dari saringan awal 10 kg.untuk dibawa dan diuji sendiri di PT Z**** di jakarta. singkat cerita hasil dari PT Z**** keluar dengan hasil 0.04 gr/ton. Padahal sample yang digunakan di kedua lab tersebut

    Dari hasil tersebut coba saya minta informasi dari pihak lab di jogja, dengan penjelasan yang intinya “……………alat yang mereka gunakan selalu dikalibrasi, untuk menguji unsur Au ada semacam lampu khusus buat mendeteksi Au (saya ga tau lampu apa itu), metode yang di gunakan adalah metode AAS-Flame, metode yang mereka gunakan untuk keakuratannya bisa dijamin, beda metode kemungkinan bisa beda hasil” itu informasi dari jogja. klo informasi dari lab di jakarta sy belum coba minta informasi, cuma dari analysys reportnya metode yang mereka gunakan adalah Metode DZG93-09.

    Dari perbedaan metode diatas mungkin rekan rekan ada yang tahu bagaimana perbedaan metode AAS dengan DZG93-09 ?? atau mungkin ada rekan rekan yang pernah mengalami pengalaman seperti saya mohon untuk share nya.

    Dari perbedaan hasil tersebut saya coba untuk menguji sendiri dengan menggunakan Aqua Regia (masih dalam proses AR, jadi belum tahu hasilnya). untuk pengujian AR saya selalu minta bantuan rekan yang ada di lampung Bp B*** ( walaupun selalu diketawain saya klo ada langkah yang kurang benar) hahaha…. apa kabar pak ??? terimakasih banyak untuk waktu, ilmu dan info2 yang sudah diberikan. nanti klo proses AR saya sdh selesai saya posting lg tulisa saya.

    sekian coretan dari saya, tulisan saya diatas bukan maksud untuk meragukan kapabilitas dari pihak2 tertentu, cuma hanya ingin mengetahui perbedaan metode AAS dengan DZG93-09 dan hanya sekedar berbagi pengalaman saja.

  144. AQUA REGIA (AR) .. Lanjutan

    Setelah selesai proses pemasakan/pelarutan menggunakan AR, matikan kompor dan biarkan dingin dengan sendirinya supaya bisa disaring. Setelah dingin disaring dan hasil saringan harus benar2 bening, lalu masukan kembali kedalam gelas pyrex.

    Proses selanjutnya adalah menghilangkan kandungan HNO3 yang ada didalam AR. Ada 2 cara yang dapat dilakukan. Pertama dengan memanaskan sampai mendidih AR dan terus diuapkan sampai cairan tinggal sedikit – hati2 kalau cairannya terlalu sedikit gelas pyrex bisa pecah, setelah tinggal sedikit tambahkan HCl secukupnya untuk kemudian didihkan dan duapkan lagi sampai cairan tinggal sedikit lalu tambahkan HCl secukupnya. Pada kondisi ini emas siap ditarik/dikeluarkan dari larutan karena HNO3 sudah tidak ada, jadi bukan lagi AR tapi hanya HCl.

    Proses penguapan diatas sangat memakan waktu dan baunya sangat mengganggu. Cara lain adalah dengan memanaskan AR sebatas panas saja tidak mendidih, lalu masukan butir urea sedikit demi sedikit. Akan terdengar bunyi mendesis saat urea bereaksi mematikan HNO3, berhenti menambahkan urea saat bunyi mendesis tidak terdengar lagi.

    Untuk mengetahui emas ada didalam larutan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
    Buatlah larutan Staneous Chloride (SC), caranya larutkan timah putih (murni) didalam HCl (jangan dicampur air agar lebih cepat). Jika tidak memiliki timah putih bisa pakai bahan solder (50% timah putih, 50% timah hitam), setelah pelarutan selesai saring karena timah hitamnya tidak larut. Larutan dari proses ini disebut SC.
    Masukan cotton bud (korek kuping yang ada kapasnya kedalam larutan HCl (setelah penetralan HNO3) yang kita duga mengandung emas (sebagai AuCl) asal basah lalu teteskan larutan SN dicotton bud yang sama. Konfirmasi ada Au adalah muncul warna ungu (the purple of casius clay), anda boleh yakin ada Au didalam larutan.

    Selanjutnya adalah menarik/mengeluarkan emasnya, dapat dilakukan dengan banyak cara. Yang terbaik adalah menggunakan Sodium Metabisulfite/SMB (Na2S2O5), masukan SMB dengan asumsi 1gr Au menggunakan 1,5gr SMB. Dilebihkan juga tidak apa, serbuk emas berwarna coklat akan seketika muncul dan jatuh kedasar. Bahan lain yang dapat digunakan: Zinc dust (serbuk seng) atau potongan seng tipis juga boleh asal tidak karatan, ferrous sulphate dll, kesemuanya akan menghasilkan emasbebentuk serbuk coklat. SMB serbuk emas agak besar yang lain halus sekali terutama zinc dust (diamkan semalamn untuk membuatnya turun).

    AR juga dapat melarutkan platinum jika AR yang digunakan murni tanpa tambahan air, pemasakan kondisi mendidih 3-5jam. Lain kesempatan akan saya coba tulis menarik Platinum (Pt) dan Palladium dari AR.

    Semoga penjelasan diatas memadai dan semoga bermanfaat, selamat mencoba dan selalu sukses. Tks Ass Wr. Wb.

  145. iwan

    Salam mas alva,
    Sy dr daerah pedalaman kalimantan berprofesi sbg pencari emas skala kecil. Ada beberapa hal yg ingin sy tanyakan kepada mas alva. Selama ini kami mencari butiran serbuk emas dengan cara membuat lobang krg lebih dalamx sekitar 7 meter secara acak dengan menggunakan mesin diesel 20pk namun dengan metode lobang yang kami buat sering malah tidak menghasilkan dan kadang merugikan karena lobang tsb kadang tidak terdapan jalur emas sehingga kami terpaksa mengeluarkan biaya lagi yg tdk sedikit untuk membuat lobang lagi di tempat lain tanpa mengetahui apakah di lobang yang akan kami buat terdapat jalur emas atau tidak, yang ingin sy tanyakan barang kali mas alva pny solusix apa ada cara yg efisien dan efektif untuk menentukan tempat di mana kami harus membuat lobang yang terdapat jalur atau paritan emas yang terdapat dalam tanah??? Tlg replayx jgn pke bhs ilmiah nnti sy ssh mencernanya mas maklum kami pendidikannya agak krg memadai. Thx’s…

  146. @ p.Anton

    metode AAS dengan metode DZG93-09, mana yang lebih akurat dan lebih canggih ??

    Semua merk oli menyatakan produknya nomor satu didunia, semua merk shampo tidak ada yang mau ngaku produknya no.2 didunia, semua operator ngakunya paling murah se Indonesia (padahal kita semua tahu siapa yang paling mahal ha..ha ..).

    Jika bisa menguji sendiri mis dengan gelundung atau AR, sebaiknya gunakan itu sebagai acuan. Bagi saya pribadi, pengujian dilakukan persis seperti skala produksi. Kenapa? Jika anda punya bahan hasil tes labnya 100ppm Au tapi bahannya buaanyak sekali pyritenya, gimana ngolahnya ..??

    Saya membuat produk yang dapat menyatukan air raksa yang pecah kecil2 tidak mau menyatu dengan induknya atau air raksa yang ngedebu yang jelas “ada isinya”, sehingga menghemat pemakaian raksa dan menangkap emas yang sebelum2nya terbuang. Bagi rekan2 yang membutuhkan dapat menghubungi saya di 0813.8812.6802. Juga bagi yang membutuhka air raksa & CN saya bisa bantu. Tks

  147. qien

    mantap mas tentng infonya.
    Saya mau nanya,apakah kadar emas yg baru di gebos dan yg sudah di cukim sama?

  148. Aryscky

    Lam kenal mas..
    Saya d,daerah palu,,d,sini kbanyakan memakai sistem alagamasi dan lumpurnya bsa d,olah pkai sistem sianidasi..lumayan sihh
    Pengen nanya klo ngukur PH sianidasi lumpur pakai cairan apa aja yah,,mohon penjelasannya..

  149. Aryscky

    Mas gmna cara mengetahui banyaknya emas d,dalam material,,memakai sistim AR??
    Tlong penjelasannya mas..

  150. @qien

    Cukim adalah proses memisahkan emas dan perak menggunakan asam nitrat (HNO3), bahan yang dicukim adalah bullion hasil gembos / peleburan. Jadi kadar emas hasil cukiman jauh lebih tinggi dari hasil gembosan.

    @Aryecki

    Mengukur ph bisa memakai kertas ph meter (bisa dibeli ditoko kimia) atau alat pengukur ph digital.

    Cara menguji kandungan emas dibatuan sudah lengkap dijelaskan diatas sebelumnya, pertanyaannya sebenarnya apa?

  151. Aryscky

    Klo alat ukur ph digital atau kertas ukur,,saya tau mas…
    Cuman pernah dgr lo ngukur ph jg bsa memakai cairan kimia,,misalnya HgNO3..cuman blum tau jlas..

    Trus apakah metode AR jg bsa mengetahui bnyaknya emas yg terkandung dlm material tersebut???maaf sebelumnya, mohon penjelasannya mas..

  152. Mas saya mau nanya ni, apakah tanda2 tumbuhan2 di permukaan gunung yg ada mengandung emas?

  153. @ Budi..terima kasih banyak atas kontribusinya selama saya off dari website ini..tolong anda kirimkan email anda di email saya alva_the_a@yahoo.co.id..saya akan daftarkan anda untuk log in sebagai kontributor di blog saya ii..thanks..

    @ Semua..maaf saya sebelumnya karena saya tidak dapat membalas coment saudara sekalian..saya sedang ada project dengan USGS, terima kasih banyak atas kesetian anda sekalian dalam membuka blog saya ini jika ada yang ingin menjadi kontributor atau penulis dalam blog ini tolong kirimkan alamat email anda ke email saya di alva_the_a@yahoo.co.id..terima kasih banyak..

  154. Yudhi Hidayat

    dear mas Alva
    terima kasih atas penjelasan anda mengenai Emas, seperti yang saya ketahui ysng bahwa saat ini di-Aceh khususnya di daerah saya sedang giat2 nya warga menambang emas karena sangat banyak dijumpai emas baek dalam satuan kecil maupun dalam bentuk yang agak besar (seukuran baterai remot tv)
    disini saya ingin mengundang anda untuk mempelajari struktur tanah di sana dan apabila berminat saya ingin mengajak anda untuk bekerjasama dalam hal penambangan emas tersebut.
    karena saat ini saya berdomisili di jakarta dan bila berkenan saya ingin mengajak anda untuk survey lahan disana.
    thank
    Yudhi
    021-70754344

  155. Apa yg di bahas dalam blok ini merupakan tahap paling awal dari kegiatan penambangan, bahasa sekolahannya urutan nya explorasi (pencarian endapan), exploitasi (pengambilan endapan), pengolahan & penjualan.Untuk pengolahan saya banyak bahan untuk itu namun masih dalam bentuk tulisan & tex book yg belum saya up load ke blok namu saya akan coba up load di mining7energy.wordpress.com Terimakasih

  156. proxynet

    saya dari malaysia..
    ingin mengetahui bagaimana caranya untuk mengenal pasti emas yang berada di sungai..bagaimana jenis bantuannya…kedalaman yang perlu digali..

  157. makbul ahmad

    makbul ahmad

  158. assalamu’alaikum
    salam geo maz..
    saya menemukan sedimentasi pyrite pada batuan gamping..
    jumlahnya cukup banyak…untuk ukuran sekepalan tangan bisa mencapai 2 sendok makan…
    mungkinkah pyrite tersebut mengandung kadar emas atau platinum…
    pyrite tersebut di temukan bata batuan kapur dari zaman paleosen….di tandai dengan adanya fosil-fosil pada batuan tersebut..
    trima kasih atas perhatiannya..

  159. ARYS

    ADA YANG TAU GK,,
    gmna cara mngolah batuan galena dengan sistem tong sianidasi dan proses kerjanya??????????????
    mohon bantuannya yah,,trimss

  160. icha

    mas budi bisa tolong jelasin tehnik pengolahan emas dari limbah elektronik..sblumnya sya ucapin trima kasih.

  161. Alva Kurniawan

    Mas Anndy, agar kita bisa tahu atau tidaknya perlu pengujian laboratorium atau hancurkan batu hingga jadi bubuk, masukkan dalam merkuri, kalau tidak tenggelam berarti bukan emas..

  162. Alva Kurniawan

    Proxynet…endapan emas yang ingin dikenali berupa sedimen (pacer deposit) atau vein deposit??

  163. Alva Kurniawan

    Pak Yudhi Hidayat..Bisa aja pak..hubungi saya di 082135764488..

  164. Alva Kurniawan

    Irwan, emas tidak bisa dilihat dari tumbuhan yang tumbuh diatasnya, namun yang diperiksa adalah batuannya.

  165. Goefron

    Mas BudiYoga ,mohon infonya, apakah benar emas dapat cair dalam HCl + Na Cl , kalau ya dengan ukuran berapa campuran zat tersebut dan kepekatan berapa HCl nya serta Na Cl nya,sebelumnya terima kasih tlg di email ke tempat saya : goefron@gmail.com

  166. Kong

    Asalamualaikum wr.wb. Mas Alva yg trhormat saya mau nanya apakah batu2 bekas galian batu bara di wilayah Kaltim itu ada kandungan emasx? Mhn penjelasanx. Sekian terima kasih.

  167. amrullah

    saya suka pembahasan tentang batuan mengandung emas

  168. Lutfi

    Asslm mas Alfa….
    met kenal. saya Lutfi dr pulau seram Maluku. sy temukan batuan mengandung mas dgn tipe putih perak dn kuning mas yang menempel pada batu yg keras dan bentuk karatan besi kemerahan dn kekuningkunigan.jika ditumbuk halus terdiri dari buturan putih, butiran kuning dan buturan karatan dan juga debu batu yg berwrna abu-abu. kira2 mengandung mas atau tdak ya ???? tkx.

  169. albert

    Kawan2 semua. Disini saya akan berbagi informasi seputar pengolahan dan pemahamannya dan ini bisa dijadikan basic dalam pembelajaran.
    Teknik pengolahan emas yg banyak dilakukan pengolah2 saat ini masih sangat dasar sekali. Kita dalam pengolahan harus memahami sekali karakter emas dan mineral lainnya karena ini akan mempengaruhi persentase proses. Memang banyak dibuku2 menjelaskan proses pengolahan sistem sianida bisa hingga diatas 90% tapi itu semua dengan kondisi ideal dan kondisi ideal ini menuntut peralatan yg memadai dan ini mutlak. Sedangkan hasil penelitian saya apa yg telah dilakukan saat ini masih jauh dari standar dan persentasinya masih dibawah 30%. Ini beberapa hal yg harus diperhatikan dalam pengolahan :
    1. Ukuran material
    Standar pengolahan adalah minimal mesh 100 dan lebih baik main di mesh200.
    2. Proses Pelarutan
    Disini kawan2 harus memahami proses ini yg paling sulit karena disini emas mengalami banyak pengganggu dalam pelarutannya dan yg terutama kendala thd sulfur yg akan memberikan efek sangat besar kalau anda tidak memahaminya. Sedangkan kandungan mineral lainnya akan mempengaruhi dalam konsumsi sianida dan oksigen dan juga akan mempengaruhi dalam proses penyerapan nantinya. Sebenarnya penggunaan sianida tergantung seberapa banyak kandungan mineral yg ada. DIsini ada dua konsep yaitu konsumsi dan konsentrasi. Konsumsi akan ditentukan dari hasil konsentrasi hanya saja untuk acuan awal kita akan menggunakan konsumsi yg sdh kita tentukan sedangkan sisanya akan terbaca dengan pengukuruan konsentrasi apakah low atau high dan ini juga memiliki berbagai efek.
    3. Proses Penyerapan.
    Proses ini sebenarnya tidak segampang yg kita lihat. Hanya masukkan karbon terus selesai. Penggunaan korbon sebenarnya memiliki standar dalam perliternya. Kondisi sekarang ini penggunaan korbon pada pengolahan konvensional masih jauh dari standar. Pada dasarnya teknik pengolahan emas dgn menggunakan karbon adalah tidak dengan membakar karbon pada sekali pemakaian. Karbon sendiri didesign penggunaannya hingga beberapa kali. Hanya saja karena saat ini infrastruktur seperti yg seharusnya tinggi sehingga yg paling simple dan cepat adalah dengan membakarnya langsung. Tapi ingat ini akan mengakibatkan biaya yg tinggi dan resiko yg tinggi karena jumlah penggunaannya yg tidak sesuai dgn standar. Disinilah kita harus bisa mempertimbangkan apa yg sebaiknya dilakukan dgn berbagai pertimbangan.
    Dengan perkembangan teknologi penggunaan karbon sdh mulai terganti oleh resin atau direct elektrowining ( ini akan kita bahas nantinya )
    4. Proses Peleburan
    Jangan menganggap enteng soal peleburan karena ini jg akan mempengaruhi persentase perolehan

    Sementara, ini yg bisa saya bagi2 buat kawan sebagai dasar pemahaman dalam pengolahan emas dan semoga bermanfaat buat semua

  170. Alva

    Saudara Lutfi..
    Mohon maaf saya agak bingung dengan pertanyaan saudara, anda bilang menemukan batuan yang mengandung emas tapi di akhir pertanyaan bertanya apakah batuan tersebut mengandung emas atau tidak?? :) untuk mengetahui batuan tersebut mengandung emas atau tidak silahkan ikuti penjelasan tentang tes keberadaan kandungan emas yang ditulis oleh saudara Budi yang ada di komen-komen sebelumnya diatas.

    Pak Albert
    Terima kasih buat sharingnya akan saya buat posting di blog saya yang baru Gold Mining Discussion, saya harap bermanfaat banyak bagi para pembaca. :)

  171. @ Bp Budi

    Pak mohon sharing mengenai karakteristik material Au yang bisa atau tidak bisa diolah dengan Cn, Hg ataupun Flotation, seperti yang kita bicarakan beberapa waktu lalu. ??

  172. albert

    Mas Anton,
    Flotation adalah salah satu sistem pengambilan mineral dari material awal jadi bukan pengolahan seperti cn atau Hg ( ini harus dipahami beda konsep ). Sedangkan proses pemisahan mineral thd batuan didasarkan sifat mineral itu thd air yaitu suka air dan tidak suka air. Untuk yg suka air didasarkan atas proses pemisahan terhadap berat jenis mineral dan yg lainnya. Contoh peralatannya seperti meja goyang/shaking table, spiral concentrator, sluice box dll. Sedangkan sifat tidak suka air ini menggunakan sistem flotation dan ini semua mineral yg diutamakan.
    Sebenarnya step pengolahan emas merupakan satu paket tergantung ukuran emas yg terbentuk didaerah yg berpotensi. Kita ambil contoh nabire (emas nugget, ukuran kasar atau besar ), urutan pengolahan akan seperti ini : 1. Pengambilan emas sistem grafitasi. 2. Sedangkan yg lolos akan menggunakan sistem sianida ( ukuran halus ).
    Sebenarnya sianida mampu melarutkan emas bagaimanapun ukurannya hanya saja yg akan menjadi kendala adalah waktu proses yg akan lama dalam melarutkan semuanya sehingga proses pengolahannya dibagi sesuai ukuran emas tsb.
    Untuk raksa biasanya digunakan untuk pengambilan emas yg halus dgn batasan ukuran 0,074mm. Lebih kecil dari ukuran tersebut akan sangat tidak efektif.

  173. wiyanto

    slm kenal mas
    saya hanya menginformasikan bagi pencari emas.di wilayah saya dalam 2 bln ini lagi ramai membicarakan tambang emas yang baru ditemukan warga.karena penasaran saya waktu libur pergi kesana,perjalanan kaki dari des terdekat memakan waktu 1jam sampai disana ternyata ribuan orang yg cari dgn cara tradisional(pakai kuali),banyak yg dpt sebesar biji jagung,banyak jg yg serpihan kecil rata2 yg sdh biasa ndulang dapat minimal 5 gram. Almatnya desa wamsait kec.mako kab.buru(pulau buru) cek aja google.yg mo foto emas yg saya dapat 1 hari nt sy krm lwt email.

  174. wiyanto

    tambahan informasi mas
    setiap penambang dikenakan biaya masuk 100rb. yg punya teman ato keluarga di(pulau buru maluku) silahkan kontak kebenaranya.buat mas alva saya mo tanya jenis batuan yg mengkilap,keras,dipecah luar maupun dalamnya mengkilap,bisa untuk potong kaca,saya temukan waktu saya ikuti alur berupa bongkahan besar,kira2 batuan apa itu,gimana cara tes klo itu punya nilai jual?

  175. rudieng

    salam mas alva,
    ada pertanyaan:
    saya;selalu pergi di daerah pedalaman sulawesi,suatu saat didaerah tersebut bisa dikatakan gunung banyak terdapat terdapat fosil kerang ,apakah daerah juga kemungkinan terdapat tanah yang mengandung emas karna mungkin bekas laut?;
    ;

  176. @Arys
    Pengambilan emas dari batuan galena tidak dapat dilakukan melalui proses sianidasi. Proses ekstraksi emas didalam galena hanya bersifat produk sampingan (by product) dari produk utamanya timah hitam. Dilakukan dengan cara memasukkan zinc dust ke timah hitam yang sedang lebur, Au Ag akan terserap kedalam zinc dan mengambang kepermukaan.

    @Icha
    Memproses emas dr limbah elektronik dapat menggunakan proses seperti penjelasan aqua regia diatas. Pertama pisahkan terlebih dahulu bagian2 plastik dengan logam, lalu larutkan bagian logam yang diduga mengandung emas kedalam larutan 50% air 50% HNO3. Jika yang anda proses adalah konektor dari BTS maka lempeng emas sangat tipis akan terpisah sendiri secara utuh tapi jika dari bahan elektronik komputer emasnya akan sangat halus menjadi serbuk. Jika proses HNO3 masih menyisakan logam dasar lain maka lanjutkan dengan melarutkannya dalam 50% air 50% HCl, sisa dari proses ini adalah emas. Atau jika anda belum yakin lanjutkan dengan aqua regia lalu tes pakai stanneous chloride.

    @Goefron
    Seperti saya jelaskan melalui telepon peralatan untuk melakukan pelarutan memakai HCl + NaCl agak sulit, proses ini sama dengan aqua regia kira2. Kalau diindustri besar menggunakan gas chlorine, gunakan saja proses yang bahannya mudah didapat dan dengan peralatan yang sederhana.

    @Anton
    Hg & CN dapat maksimal untuk bahan batuan yang bersifat oksida, pada batuan sulphida mungkin hanya 20-30%. Untuk batuan yang bersifat sulphida kalau ingin memakai Hg atau CN biasanya dibakar (roasting) dulu pada suhu 1.000 derajat celcius tujuannya mengkonversi sulphida menjadi oksida. Kalau ingin memakai proses flotasi pertimbangkan dulu apakah anda bisa mendapatkan bahan2nya (frother & collector) mis Potasium Amyl Xanthate atau Butyl Amyl Xanthate & Pine Oil. Juga bahan tersebut tidak diecer, dijual dalam kemasan 200ltr seharga kira2 Rp.20jt

    @Saudara Reza dijambi
    Saat ini saya sedang mengolah 2.000ton (50.000krg) lumpur eks gelundung di way kanan menggunakan sianidasi sistem perendaman. Kalau anda ingin melihat, saya dapat memperlihatkan proses yang 50-100ton yang dilakukan teman2 lain, maaf yang 2.000ton tertutup untuk umum.

  177. Alva

    @ Kong..di Kalimanta Timur prospek emas masih banyak, saya temukan banyak sekali lokasi prospek emas namun sayangnya berada dalam kawasan hutan lindung. Tanah bekas galian batubara memiliki kemungkinan sangat kecil mengandung emas karena genesis batubara dan emas berbeda.

    @ Wijayanto..silahkan kirimkan gambarnya ke email saya pak di alva_the_a@yahoo.co.id, memang ada prospek emas di wilayah pulau buru, sebenarnya kita bisa cek sumber utama emasnya pak..dengan mengandalkan peralatan yang sederhana.

    @ Rudieng..terdapatnya banyak fossil kerang digunung merupakan ciri bahwa gunung tersebut dulu berada di bawah laut namun terdapatnya kerang pada gunung atau wilayah tersebut merupakan lautan pada masa lampau tidak dapat dijadikan pedoman untuk menentukan bahwa daerah tersebut mengandung emas atau tidak.

  178. icha

    mas budi,skalian share pengolhan silver dri rontgen,dari beberapa artikel yg sya baca bisa pake naoh,n ap betul mas klo keping vcd ad kandungan silverny.mohon pencerahanny……

  179. @Icha . . Keping VCD tidak ada kandungan perak. Masukan X-ray film dilarutan air – NaOH pada PH 14, didihkan selama 5jam setelah selesai dinginkan. Presipitasi perak pakai sodium sulphide (Na2S), perak ppt berupa Ag2S dpt langsung dilebur/gembos.

    @ Dik Alva .. Terima kasih sebesar-besarnya atas kesempatan yang diberikan untuk dapat partisipasi di blog dik Alva, saya berharap dapat berbagi pengalaman dan menimba ilmu disini.

  180. @ Bp. Budi
    Saya pernah beli Xanthate (warnanya kuning) di bogor harga 300rb. klo di juwana pine oil harga 14rb. apa itu termasuk Xanthate yang dimaksud pak. ?

  181. Hedy

    Saya sangat terbantu dengan adanya informasi dari blog ini. Sukses selalu untuk kawan-kawan!

  182. Ronald

    Dear Pak Alva,

    Saya ingin bertanya karena saya org awam.
    1. Berapa besar kira2 biaya untuk menguji keberadaan emas dalam tanah ?
    2. Apakah ada cara yg ekonomis untuk melakukan pengujian.

    Saya bertanya dikarenakan, saya memiliki tanah keluarga. Yg berbatasan dengan tambang emas rakyat. Tanahnya cukup besar yakni 100 HA. Niat saya apabila memang bisa teruji tanah keluarga kami memiliki kandungan emas. Maka akan segera dibuatkan sertifikat tanah. Saat ini tidak berani keluarga buatkan dikarenakan biaya pembuatan sertifikat tersebut mencapai 200jt.

    Mohon infonya ya pak. Terima kasih.

  183. icha

    @mas budi
    terima kasih bnyak atas penjelasannya, Saya sangat terbantu atas info yg diberikan dalam pengolahan limbah2 elektronik.
    @alva
    terima kasih bnyak atas ksempatan yg dbrikan tuk menimba ilmu di blog ini.

  184. Dwi Wahyuyuk Wahyudi

    maz alva,.. ciri2 sungai yg bagaimana kita bs menemukan emas?dr sudut bentuknya,..geolis,..dan geografisnya,..apa benar klo kita find gold disungai hrs menggali lbh dari 1 mtr dr dasar sungai? trim’s mohon penjelasannya find gold disungai

  185. lam kenal..mzz …..q sangat tertarik tentang diskusi,n penjelasn mzz alva, sekira y boleh sy minta almat mzz alva,skalian no.pon..y

  186. Tambun

    Apakah survey di sekitar Danau Toba pernah Pak Alva lakukan? Karena di sekitar daerah ini,banyak area yg memiliki ciri2 mengandung emas seperti yg anda sebutkan di blog ini. Mohon tanggapannya Pak. Tambun – Porsea.

  187. Ary

    Salam ..
    Di daerah saya di Pinrang /Sulsel terdapat banyak kubangan2 air mendidih di sela rumah penduduk.dan memang di sekitar tempat itu terdapat sebuah gunung namanya Gunung Paleteang menurut info ilmiahnya dulunya bekas gunung berapi tapi kira2sudah ratusan tahun sudah tidak aktif lagi,bahkan disitu juga terdapat rawa2 yang di dalamnya tersebar pasir/tanah hisap yang kadang merenggut ternak penduduk,menurut Pak Alva langkah awal apa yang bisa saya lakukan untuk mengecek material secara sederhana di tempat itu untuk mengetahui potensi emasnya .terimah kasih atas penjelasannya. Salam…!!!

  188. kata orang emas itu kotoran naga, berarti di daerah kami tidak mungkin ada emas, cuma di daerah kami ada kotoran luwak, lumayan lah kopi luwak mahal juga walaupun tidak semahal emas

  189. billy aquino

    bagi anda yang bisa mengolah limbah, bisa bekerja sama dengan saya, karna di rumah saya banyak limbah pasir yang sudah halus, sisa dari pemrosesan glondong dan menghasilkan kurang lebih 15 kilo gram emas murni.
    kalo berminat kerja sama silahkan hub nomor saya 085336715361. alamat saya di banyuwangi

  190. sahid wardana.

    salam kenal mas nama saya cai wardana saya juga mau tanya nie mas Alva, saya dari pulau buru nie tentang batu yang mengkilat yang ditanyakan sama pak wijayanto dari pulau buru, mempunyai nilai jual tidak ya, kalau mempunyai nilai jual minta tolong dikirim di @mail saya yang mas Alva,

  191. sahid wardana.

    maaf @mailnya ketinggalan sahidwardana@yahoo.co.id

  192. Sebastian

    Hello rekan-rekan,

    Salam kenal!

    Saya Sebastian dari Maluku Utara, mau bertanya kalau lokasi lab untuk uji tanah atau batuan mengandung emas dimana ya? Dan berapa biayanya? Terima kasih atas bantuannya.

    Salam,
    Sebastian

  193. rusdi

    Aslm… kawan2 semua . mh info dong sy SUKSES mengolah batuan CU mengandung tembaga ,emas,perak dan PANEN KOSENTRAT TEMBAGA SETIAP 2 JAM, dan sy butuh alat/tungku bakar untuk kosentrat tembaga tsb. siapa yang bikin atau yang sdh punya boleh berbagi dan ks dong, hub sy P rusdi 081311099237. dan khusus ut P Alva sebagai guru bantu aku ya.

  194. @ Ronald .. Saya yakin sekali dilahan anda ada emas, karena sebaran emas sangat luas (bisa ribuan hektar). Jika lahan anda disekitaran Jawa Barat atau lampung bisa menghubungi saya di 0813.8812.6802. Rasanya belum perlu anda membuat sertifikat tanah, mungkin lebih baik dananya untuk membuat IUP (Izin Usaha Pertambangan – bisa a/n pribadi) yang biayanya sekitar Rp.60-75jt/hektar.

    Untuk rekan2 yang menanyakan cara menguji emas, bacalah dari awal tulisan2 diblog ini anda akan mendapatkan jawabannya karena sudah lengkap ditulis sebelumnya. Bagi rekan2 yang memiliki batuan & ingin tahu memiliki nilai jual atau tidak dapat mengirimkan contohnya kesaya. Tks

  195. hedi

    terima kasih untuk info nya mas alva
    namun saya mengalami kendala saat memproses emas. saya perkirakan kemungkinan kadar mangannya tinggi sehngga emasnya tidak bisa nyatu. apa yang harus saya lakukan?
    terima kasih

  196. Heri adha

    salam kenal mas alva…..nama saya heri dari medan…saya dapat tawaran dari teman untuk mencari investor tambang emas..lokasinya di daerah mandailing natal sumatera utara…konon ceritanya dilokasi ini banyak mengandung emas…akhir bulan ini saya diajak ke lokasi tersebut untuk seuvey dan mengambil sampel tanah serta batuan disana untuk diuji…tp mas saya masih awam mengenai emas…bagaimana ciri2 yg gampang dikenali bahwa dilokasi tersebut mengandung emas …..mohon petunjuknya mas????

  197. dadi kurniadi

    maaf mas aku mw tanya klo untuk pengolahan batu platina menggunakan bahan kimia apa? kebetulan di tanah saya di lampung kedalaman 15 meter terdapat batu platina yg bercampur tembaga warnanya kuning dan keras sekali,terima kasih petunjuknya

  198. Di pulau terdapat emas 24 karat, yg baru di temukan, yg saya tanyakan ciri2 tanahx gmana yg trdapat emas lebih banyak isinya, krna stiap tanah ada emasx tpi ada yg sdikit ada yg banyak kandungan emasx,tolong di pahami pertanyaan saya

  199. reca alriyan

    assalammualaikum..
    Mas alva,

    saya mau tanya tntang emas. Jadi saya bnyk informasi tntang wilayah yg mengandung emas tetapi stelah saya mengunjungi wilayah yang mengandung emas trsbut.. Saya sulit untuk menentukan apakah benar tanah itu mengandung emas atau tidak.

    Jadi, pertanyaan saya, bagaimana cara menentukan tempat, dan bagaimana cara menentukan bahwa tanah tersebut memang mengandung emas?
    Tlg bgt.. Di balas. Kalo perlu aq minta n0.tlp mas alfa. Trims.

  200. tono

    assalammualaikum..
    Mas alva,
    lam kenal mas,sy mau tanya proses pemisahan emas dri pasir smpi trbentuk nya emas murni dgn menggunakan air raksa,Tlg bgt.. Di balas. Kalo perlu aq minta n0.tlp mas alfa. Trims.

  201. tono

    atau mas alva bs menghubungi/sms sy di no hp 081344144618 posi2 di biak/papua

  202. eky antasari

    Halo mas Alva, hallo smua….ijin gabung boleh? Krn saya sgt tertarik dg hal ini. Tks

  203. Purana

    Salam kenal Semua
    Saya Dari Daerah sulawesi tepatnya di daerah Gorontalo, dan di daerah kami Ada 23 titik Pertambangan Liar dan 1 Wilayah Operasi Newmon, . . .
    Banyak metode pengolahan yang di terapkan para penambang di daerah saya, dari Amalgam,sianidasi, Vat Leaching, sampai Tiosulfida, Tapi sayang mereka hanya mementingkan keuntungan pribadi tanpa memperhatikan dampak, . . ..
    terutama Mlimbah sianidasi langsung masuk kesungai . . . .

    Mau Tanya Ada Ndak formulasi Untuk Menetralkan Residu HN03 dan Asam Sianid ( NacN ) . . .
    Sebelumnya Terimakasih dan Mohon Pencerahannya. . . .

  204. Deni iriawan

    assalamualaikum….
    di kalimantan barat bagaimana pontensi emas nya ya???

  205. yusron

    demam emas,,saya juga lho..

  206. yusron

    salam tuk semuanya,,,
    Salut kepada saudaraku se bangsa se tanah air terutama kepada empunya blog ini…ttg ilmu geology beserta seluruh penerapannya,sebagai putra bangsa jgn sampai kalah dan di serahkan begitu saja kpd pihak asing hasil kekayaan alam indonesia,,sebagai orang awam saya tertarik dgn blog ini dan mau belajar ttg emas..profesi saya hanya sebagai perajin emas dan perak,,yg hanya tahu bentuk material yg sudah jadi emas batangan dan perak butiran,,ternyata proses untuk mengolah sampai jadi emas dan perak batangan melalui proses yg pannjaanggg,dan rumit sekali.
    Kepada penulis di blog ini mas Alval,,,Sudi kiranya saya di jelaskan:
    1.Cara kerjaELECTROWINNING beserta rangkaiannya,,
    2.untuk skala kecil (rumahan) butuh biaya berapa?
    3.apakah proses emas yang paling ramah lingkungan dan paling efisien melalui proses ELECTROWINNING setelah melalui serangkaian proses pelarutan emas?

    NB.semua pertanyaan saya adalah emas sekunder(emas batuan)

  207. nanang

    Terima kasih untuk Bpk Alva Kurniawan yang telah berbagi ilmu untuk seluruh masyarakat Indonesia. Kalau bisa diberikan juga foto-foto batu yang mengandung emas yang detail supaya semua masyarakat Indonesia mengetahuinya, siapa tahu didepan, belakang tumah, dikebun, ada batu emas yang bisa untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kita.
    untuk pak Budi Yoga trim atas ilumnya, kalau bisa tolong bagikan ilmu mengelola limbah elekronik secara detail seperti AR diatas.
    dan untuk semua rekan-rekan semua, saya ucapkan terima kasih.

  208. mas saya meneliti emas dan biji besi di daerah mandalin natal..
    tapi saya belum tau dari formasi mana dia berada..
    yang saya dapat kan di formasi muara soma, di batuan basalt dan batuan sekitar intrusi.
    saya pengen tau tentang dari mana emas ini berada, karena di intrusi dalam litologi basalt banyak mengandung emas, yang saya dapat kan sangat banyak, karena daerah ini banyak intrusi dari lempeng samudra hindia
    saya pengen tau genesa dari emas tersrbut.,
    terima kasih sebelum nya

  209. sy mu nanya nih Pa,
    sy punya 3 lokasi tambang emas milik sy sendiri, yg sy masalahkan di salah satu tambang sy hasil olahan dgn air raksa didapat timah mengandung emas, yg repotnya bila dilebur malah habis jadi asap putih dan klo kena api suhu tinggi kaya kembang api pada muncrat,
    Menurut Anda sy harus bagaimana menghadapi hal demikian agar tidak terbuang sia2, utk memisahkan kandg emas dlm timah tsb.?
    tapi klo di campur/+timah murni kadar emas nya 21% syang pembeli emas gunung tdk mau nerima/beli.

  210. Ahmad Ramon Tuaputty

    Mas saya mau tanya terkait dengan emas!
    Daerah tempat tinggal saya, telah ditinjau ada terdapat emas, katanya si emasnya masih mudah..tlg penjelasannya..
    Mendahuluinya diucapkan terima kasih.

  211. ADRIS IRAWAN

    sedikit membantu Buat mas iwan: mas iwan ketika pengolahan menggunakan mesin glundung coba campurkan 1 gelas semen, 3 lempeng soda api (soda api yg bisa buat roti), dan 5 helai daun randu(kapuk). pada saat proses pemerakan. “bila di lakukan isi ulang peremukan batu urat emas ulangi lagi proses berikut”
    semoga timahnya tidak ikut terambil :)

  212. Lusi Suriani

    salam kenal untuka smua yg bergabung di blog ini..
    Saya ingin bertanya kepada mas Alva Kurniawan,bukit di desa saya ini awalnya diperkirakan ada emasnya bahkan kemaren sudah ada tim ahli pertambangan yang datang dan mensurvey ke bukit tersebut, hasilnya di bukit tersebut memang benar-benar ada. Dan yang saya ingin pertanyakan kepada mas Alva adalah
    bagaimana cara menyaring hasil pemisahan emas dengan air raksa dengan cara menggunakan kain halus (misalnya apa di tumpahkan,apa pakai sendok atau bagaimn?)

    terima kasih sebelumnya….

  213. Jaya

    Maaf mas, saya mau menanyakan, bagaimana cara sederhana dan akurat untuk mengetahui bahwa dibatuan itu ada kandungan emasnya, adakah alat atau cairan tertentu yang bisa kita gunakan? (didaerah saya sekarang lagi ramai orang-orang menggali digunung untuk mendapatkan batuan emas, saya tertarik ingin mencoba biar kerja lebih efektif kalau memang ada alat atau cairan yang murah, maklum kita masyarakat desa yang masih buta, ntar kalau dapat emas banyak baru kita pakai teknologi yang lebih canggih…hehe).

  214. mas iwan!!! menurut pengalaman saya logam yg anda lebur tadi mengandung logam seng(zn) .kalo dibakar pada suhu diatas 906 “c dia akan menimbulkan percikan dan merubah unsur zn menjadi zno. dari percikan dan penguapan zno akan membawa logam lainya yg menyangkut pada butiran zno tadi sampai keluar dari tempat lebur dan sebagian terbang bersama uap zno. baiknya mas iwan sesudah proses amalgamasi, hasil perasan logam jangan dilebur dulu..tapi mas iwan larutkan di asam nitrat encer sambil dipanaskan.. kalau pake nitrat kental nanti pb nya gak mau larut , uda gitu mas iwan ambil dan lebur endapan emasnya . beres deh!!!. kalo emas terkontaminasi oleh timbal (pb) yg jumlahnya terlalu banyak,tapi tidak mengandung zn , mas iwan bisa hilangkan pb nya dengan cara dibakar pake blander lebur yg bisa digunakan,tapi setelah logam lebur , api blander dikecilkan angin dibesar kan. proses ini untuk merubah timbal menjadi kerak yang bentuknya lumer seperti pijer , bila kerak sudah menutupi logam kerak tadi di keluar kan dari bakaran dng cara ditetes kan dari mangkok bakaran.bakar terus sampai logam yg kita bakar berubah warna jadi pelangi . atau blander diangkat dan rekasi logam langsung beku(keras) kalo masi mengandung timbal logam tadi akan lama beku. bila sudah tidak mengandung timbel logam yg cair dibiarkan 10detik aja langsung beku.. kalo kurang mengerti alias bingung bisa tanya maen aja ke jawa timur. inyaallah saya bantu kasi solusi gratis asalkan anda orang indonesia dan warga keturunan.

  215. Wankep boen

    Sebenarnya ciri gmn kita bs menemukan emas it ky gmn yg pasti?
    Coalx d daerah q d pulau buru banyak bngt org2 yg mulai dtg
    Karna katanya ad banyak titik emas yg dketahui terdapat d daerahku ini
    Tp klo d lihat
    emank sich ad bekas vulkanis
    Cm pastinya seperti ap gt
    Cr utk bs dliat?
    Klo d daerah tandus bs gak emas it timbul?
    Cz dsni kebanyakan kayu putihh jd bingun??

  216. Alva

    Bagi yang iningin tahu bagaimana mencari tahu potensi emas, survei, serta eksplorasinya silahkan baca postingan saya yang terbaru di blog ini maupun di http://goldminediscuss.wordpress.com

  217. bang bgaimna qt bsa mengetahui cra keberadaan emas dilokasi pembuangan prtambangan emas

  218. mas alya aku ada punya sampel batuan yg ada di daerahku di perkirakan ada kandungan emasnya posisiku di kalimantan , gimana aku mau kirimkan ke mas alya biar di uji ada kandungan emasnya apa tidak. kemana kirimnya mas? tolong ya mas kita awam ni masalah itu,

  219. Agung

    Mas aku mau tanya..
    katanya setiap kadar emas itu punya karakteristik emas yang berbeda-beda??
    apa itu memang benar???

  220. bening

    asalammualaikum pak Alva saya dari daerah Aceh, maaf pak saya tidak begitu tau tentang emas tapi saya ingin mengetahuinya sama pak Alva yang lebih berpengalaman
    Pak Alva sekarang ini saya mendengar kabar yang bahwa di daerah saya ada warga yang menambang emas secara pribadi tapi masih banyak yang mengeluh tentang penghasilan mereka tidak sesuai dengan yang diharapkan, alat yang mereka gunakan untuk melebur kan batu adalah Glondong.
    nah yang ingin saya tanyakan :

    1. apakah dengan glondong yang mereka kerjakan itu sudah maksimalkah hasilnya ?

    2. apakah hasil olahan glondong mereka / limbah masih bisa kita gunakan ?

    karena saya ragu dengan apa yang mereka kerjakan selama ini tidak maksimal hasilnya dan disamping itu meskipun emas sudah disaring / diambil apakah limbah itu masih mengandung bahan-2 yang lain seperti Pak Alva sebut kan di atas ( Perak,Tembaga,Timah,Biji Besi )
    mohon pak arahan nya saya hanya ingin menambah ilmu pak
    apakah masih bisa kita olah limbah-2 itu pak, kalau seandainya bisa bagai mana cara-2 nya pak…..

    Terima kasih sebelumnya pak Alva saya sangat berharap ada penjelasan tentang pertanyaan saya
    sekali lagi Terima kasih.

  221. mas alva, mau tanya nih mas, kalo nabire kira2 kenapa ya bisa kaya sekali emasnya. ehehehe

  222. Eyang Sabdo

    aku lebih tertarik dengan cara mengetahui benda elektronik yang mengandung emas.
    Dimas Alva bisa bantu cara deteksi suatu logam jadi, mengandung lapisan emas atau tidak.
    Cara memisahkan emas dari logam tersebut.
    Bahan kimianya apa aja dan cara pemrosesannya.
    Terima kasih.
    NB : syukur kalau mau di kirim ke email aku.

  223. suryadi

    Salam kenal Mas Alva, didaerah kami Pulau Buru maluku lagi rame2 masyrakat mendulang emas dimana arealnya gersang bekas areal ditumbuhi kayu putih sekarang ini ada beberapa T4 ditemukan emas yg lagi rame di Desa Wamsahit Gunung Wamloli. emas yg ditemukan ada yg sebutiran padi, ada yg halusdll. menurut info krn Saya awam utk mengtahui ada tdknya emas dist t4 hrs mencari batuan pengantarnya krn mendapat urat emas..nah.kira2 mas batu pengantar adanya emas itu bgmana? ada ngak alat sederhana utk mendeteksi emas?..bgmna proses mengolah emas yg efisien & ramah lingkungan krn di T4 kami sdh ada yg memakan korban?..Ada ngak teknologi pengolahan emas skala Home Industri?..Apakah penggunaan Merkuri..,Air raksa..skrg ini dilarang ? Tolong dong tampilkan Foto2 contoh tanah/batuan yg mengandung emas? smtara itu aja mas …moga sharing ilmunya bisa bermanfaat bagi Qta semua.Amien! SURYADI. Pulau Buru-Maluku

  224. sofian

    salam kenal.
    di daerah saya sudah sejak lama, dan sampai hari ini usaha pertambangan rakyat. saya jadi ikut2an usaha walau tidak punya pengalaman sama sekali. dari pekerjaan harian metode yang saya lihat adalah, lokasi yg diperkirakan mengandung emas digali dengan cara disemprot dengan menggunakan mesin alkon, kemudian material dibuang melalui sebuah talan yang dipasangi semacam karpet/ijuk. kemudian material yang tersisa didulang dan dan ditangkap menggunakan mercury. produksi rata2 dalam sehari-pagi sampai sore- proses pekerjaan tersebut jika mujur bisa mencapai 0,5-2 gr. atau bahkan lebih.
    permasalahnnya, titik pekerjaan hanya menggunakan metode insting, bisa tepat bisa tidak, sehingga terkadang hanya buang onkos, tenaga dan waktu.
    untuk itu, bisakah dijelaskan petunjuk awal dari sifat fisik tanah atau tanda-tanda alam bagaimana lokasi di bawahnya mengandung emas.
    kemudian bisakah kami diberi pencerahan gimana metode sederhana membuat/merakit alat peleburan emas, karena hasil yang kami lebur melalui toko tempat hasil produksi kami jual, sangat dicurigai curang.
    thx atas perhatian mas.

    salam
    sofian di tolitoli sulawesi tengah

  225. Rhyan,
    Lakukan pendulangan pada dasar-dasar saluran pembuangan. Jika ada partikel berat dan berwarna kuning terdulang, ambil dan test dengan larutan asam pekat. Lihat apakah terjadi perubahan warna atau tidak. Jika tidak terjadi apa-apa. Maka Logam tersebut adalah emas karena emas tidak bisa terkorosi oleh asam sekuat apapun.

    Jarkasi
    Kirimkan saja sample ke alamat kantor saya di PT. Geoservices, Jl. A. Yani Barat No. 8, Lok Tabat, Banjarbaru 70712. Attend to: Alva Kurniawan, atau call saya di 082135764488, terima kasih.

    Mas Agung,
    Setiap lokasi yang potensial emas memiliki karakteristik pengendapan dan kadar emas yang berbeda-beda yang dikontrol oleh jenis batuan, struktur, tipe hidrotermal, geologi regional, dan type magma.

    Jessica,
    Nabire dulu merupakan sebuah tempat tumbukan dua lempeng tektonik yang disebut zona obduksi. Tumbukan menghasilkan panas yang luar biasa sehingga muncul deformasi dan retakan-retakan pada batuan. Naiknya magma ke permukaan disertai tekanan dari uap air yang berasal dari magma menyebabkan terendapkannya butir-butir emas (Au) pada retakan-retakan yang telah ada sebelumnya.

    Eyang Sabdo,
    Saya kurang memahami tentang benda-benda elektronik yang mengandung emas. Pada dasarnya emas merupakan suatu superkonduktor sehingga mungkin juga digunakan dalam industri barang elektronik tertentu.

    Pak Suryadi dan Sofian,
    Silahkan kontak saya di 082135764488, saya dapat bekerjasama dengan anda untuk membantu menentukan lokasi potensial emas. Atau anda dapat baca penjelasan-penjelasan yang telah saya tulis sebelumnya diatas.

  226. Jika ada yang berminat konsultasi langsung masalah emas silahkan call saya di 082135764488, mohon jangan sms.
    Jika ada yang berminat ingin melakukan pengujian sample apakah mengandung emas atau tidak, silahkan kirim sample ke PT. Geoservices, Jl. A. Yani Barat No. 8, Lok Tabat, Banjarbaru 70712, Kalimantan Selatan, Attend to: Alva Kurniawan.
    Terima kasih atas perhatiannya.

  227. Jika ada yang berminat konsultasi langsung masalah emas silahkan call saya di 082135764488, mohon jangan sms.
    Jika ada yang berminat ingin melakukan pengujian sample apakah mengandung emas atau tidak, silahkan kirim sample ke PT. Geoservices, Jl. A. Yani Barat No. 8, Lok Tabat, Banjarbaru 70712, Kalimantan Selatan, Attend to: Alva Kurniawan.
    Terima kasih atas perhatiannya.

    Alva Kurniawan

  228. Mas Alva dan Mas Budi, saya mau nanya :

    1. Selama ini saya memakai metode Tong ukuran 1 Ton menggunakan Sodium Sianid (NaCn) 2 Kg, kapur utk Ph 11, media memakai carbon aktif sebanyak 6 Kg dan aerasi selama 3 hari. Semuanya dalam ukuran per 1 Ton tong , tailing hasil glundungan bekas amalgamasi 1 x glundung selama 24 jam terhadap batuan dari daerah bogor (Ciparigi, Pongkor dll) batuan oksida berwarna hitam dan putih (Au dan Ag). Apakah metode saya sudah benar dalam hal ukuran kilogram nya? hasil panen sebanyak 1 ons logam. Apakah masih bisa ditingkatkan? saya gak pakai katalis.

    2. Dari perhitungan Rugi / Laba dengan memakai NaCn rata rata margin keuntungan bersih sangat tipis malah kadang rugi. Bisakah reagen Sodium Thiosulfate (Na2S2O3) + Cupri Asetat / Tembaga Sulfat (Cu2(OAc)4) + Amoniak (Nh3) + kapur Ph 10.5, media pakai karbon aktif (atau Zinc??), aerasi 3 hari terhadap tailing glundung (24 jam) batuan oksida (Au dan Ag)? Karena saya pikir production cost akan jauh lebih murah. Tetapi saya belum tahu ukuran kiloannya untuk tong ukuran 1 Ton tailing.

    3. Bisakah pemakaian Thiosulfate untuk pengolahan tailing dari hasil glundungan batuan emas sulfida (complex) (Au, Ag, Cu, Pb, FeS2, CuFeS2) ? penangkapan ion emas dengan memakai karbon aktif atau Zinc? Asal batuan dari daerah Cikondang, Cianjur. Ephitermal. Kadar Au 80% up.

    4. Bisakah pemakaian NaCn terhadap batuan emas complex?

    5. Sy iseng nge riset pemakaian NaCn 1 kg di mix dengan Thiosulfate 8 kg, Ph 11, karbon aktif 2 Kg, terhadap tailing glundungan dari daerah Cibadak, Bogor, jumlah karung tailing ada 9 karung (kira kira ada 200 Kg), aerasi 3 hari. Hasil yg didapat ada 18 gram logam. Berarti per karung ada 2 gram logam yg bisa didapat kan. kadar Au 2%. Apakah ini menandakan tidak ada kontradiksi antara NaCn dan Na2S2O3? Apakah bisa diterapkan? atau ada saran lain mas?

    6. Bisakah tailing bekas tong sianidasi, lumpur nya di filter, lalu air bening nya disirkulasi di kotak Zinc? soalnya yg saya jalani koq Zinc nya tidak larut.

    Mohon informasi dan bantuannya,

    Terima kasih

  229. o iya. ini email saya : gerombolan.kuya@gmail.com

    Pin BB 26b890d8

    thx

  230. Maap mas mau nanya2 lg, skrg sy lagi olah tailing amalgamasi dari daerah banyumas. sy glundung selama 12 jam, hasil pencetan kecil. skrg sy mau coba hajar pake sianida. Kira kira bisa gak mas sianid vs tailing banyumas? atau harus pakai tiosulfate?

    terima kasih

  231. Eyang Sabdo – Cara mengolah emas dari bahan elektronik sudah dijelaskan diatas, mohon dibaca lagi dengan teliti.

    Mas Rheza,

    1. Normalnya untuk 1ton tailing saya pakai 350-500gram NaCN, ph 10-11, asumsi pakai karbon bagus (freeman atau platinum) 7,5kg. Saya rasa hasil 100gram bullion dari 1ton tailing sudah bagus, perkiraan saya anda dapat kadar Au sedikit dibawah 2%. Jika proses aerasi ditambah menjadi 4-5hari saya yakin hasil ekstraksipun bertambah, tinggal menghitung penambahan costnya.

    2. NaCN masih reagent terbaik untuk melarutkan emas, pakai thiosulphate costnya 2-3x NaCN.

    3,4. Sulphide ore sepengetahuan saya masih belum ditemukan cara ekonomis mengolahnya. Prosedur yang umum masih dgn mengkonsentrasikan (floatasi atau gravitasi), roasting baru leaching.

    6. Tailing bekas sianidasi biasanya dibuang ditempat terbuka sehingga tercampur banyak air biasa & air Hujan (asam). Larutan NaCN akan berubah menguap menjadi HCN jika ketemu asam (dr air hujan). Begitu juga dengan kondisi basa (PH 11) kena air hujan akan menjadi normal atau bahkan asam. Jadi karena kondisi tersebut diatas maka zinc tidak akan larut.

    Saya rencana akan ke Cigaru Pelabuhan Ratu dalam waktu dekat, jika ada rekan2 disana yang ingin mencoba sianidasi saya siap berbagi. Tks Budi 0813.8812.6802.

  232. cecep

    saya baca2 aja sampe punyeng… mas2 yg koment tolong baca dl dari atas jgn sampe prtanyaan yg udah di ulang2 lg..
    sy ada pluang tar sy call mas alva/tq

  233. agus

    sy baca di atas katanya kl sungai nya mengandung emas pasti di tanah sekitar mengandung emas. untuk mengeceknya harus mendulang,ad sungai yg dalam ad juga sungai kecil yang hanya 30cm.bagai mana caranya apakah langsung di dulang atau di gali dulu tanahnya jika kedalaman sungai kecil hanya 30cm

  234. rudi

    selamat malam mas,saya mau tanya klw cairan bekas cukim,apa kah itu bisa dijadikan emas kembali ?klw bisa tolong kasih tau apa bahan yg harus digunakan

  235. Guntur

    Slmt Pagi..
    Ada yg bisa berbagi ttg Palladium?

  236. rahman

    saya Rahman asal Gorontalo, didaerah saya ada mata air panas dan batuan yang diduga mengandung emas, ini ditemukannyan ada endapan stockwork yang mengandung emas yang dapat dilihat dengan mata telanjang, gimana proses selanjutnya yang harus saya lakukan

  237. rahman

    Mas Alva !
    di dekat mata air panas itu, ara rawa yang materialnya berupa pasir hitam, apa pasir tersebut mengandung emas

  238. abyd

    thanks mas ats info.a

  239. mas Alva, mohon petunjuknya mas, bagaimana caranya/bahan kimia apa yang bisa dipakai untuk melarutkan logam pirit setelah diglondong ?. terimakasih sebelumnya mas. tolong ke email saya mas alva balasnya. halimrobert64@yahoo.co.id Salam

  240. Mas Alva mohon petunjuknya bagaimana caranya/bahan kimia apa yang bisa digunakan untuk melarutkan logam pirit setelah dihaluskan dengan mess 100.untuk mengambil Au nya’ Tolong dibalas ke email saya halimrobert64@yahoo.co.id terimakasih sebelumnya mas . Salam

  241. Mas Alva saya juga minta petunjuknya bagaimana caranya/bahan kimia apa yang dipakai untuk mengaktifkan Hg/mercury supaya murni kembali baik logamnya ataupun daya kerjanya mas. thanks mas.Salam

  242. Mas Budi, Mas Alva, dan teman-teman …. saya ada tanah 2100 mtr2 (AJB) pinggir jln desa. sudah ada sumur 11 meter, hasil uji lab 0,052 gr/ton. kira-kira menguntungkan tidak jika saya olah ? saya ingin jual… gak mau pusing mikirin ngolahnya. kalo ada yg minat bisa hubungi saya di 087808111125 / 081298701400

  243. budiyoga

    Rudi,
    Cukim menggunakan asam nitrat (HNO3), HNO3 tdk melarutkan emas. Jadi tidak ada emas terlarut dicairan cukim.

    Guntur,
    Pertanyaannya apa ttg palladium, mingkin saya bisa bantu?

    Halimrobert64,
    Pyrite hanya larut di oksidator kuat HNO3, H2O2 lambat, HCl & H2SO4 tidak larut. Melarutkan pyrite biayanya tinggi, dibakar lebih murah tapi hati2 baunya sangat menyengat.

    Cara terbaik mengaktifkan sekaligus memurnikan mercury adalah dengan distilasi/suling.

  244. Guntur

    Mas Budi,
    sy suka mengolah ‘abu poles’ dr tko mas, unsur logam yg ada: Au,Ag,Cu dan Pd..
    Bagaimana cara yg epektif untuk mengolahnya? Khususnya utk memperoleh Palladium..? n cara pemurniannya?
    Trimakasih ats bantuannya..
    Trus,cara pengolahan MLCC (Kapasitor), ngambil Palladiumnya gmana? N menguntungkan ga?
    Klo boleh sy minta cp nya mas Budi..
    No sy 08122251252

    >mungkin maksud mas Rudi, air cukim (pelarutan emas dgn AR) biasanya dgunakan utk elektroplating +KCN dll..

  245. budiyoga

    Mas Guntur,
    Ag, Cu dilarutkan di HNO3, sisanya (Au Pd) dilarutkan di AR. Setelah HNO3 dinetralisir, Au dipresipitasi pakai SMB (sodium metabisulphite) dan Pd pakai DMG (dimethyl glyxomine).

    Mengolah MLCC sangat bergantung pada harga beli scrapnya, jika hanya mengandalkan nilai jual Pd tapi pakai standar beli scrap MLCC maka terlalu berat. Tks Budi

  246. Guntur

    Tks bgt Mas Budi n Mas Alva..
    Boleh ya nanya lagi n lg n lg..:D
    reagent apa yg dgunakan utk melepaskan emas dr karbon aktif?
    Truz minta info harga DMG, beli dmana?
    Klo Master Budi/Alva punya, bisa ga ya sy beli dikit, bwt uji coba..100 gr ja..:)

    > Top..top bgt..
    Master2 qta ni, mau brbagi ilmu sm rekan2 smua..
    Smoga jd amal baik n mndpt balasan yg brlipat dr Allah SWT, Amin..
    Salam Sukses..

  247. Salam mas Budiyoga atas petunjuknya. Untuk Penyulingan Air raksa yang baik bagaimana caranya mas ?. Tolong mas Pengarahannya ?. Soalnya serbuk Au nya yang sangat halus tidak bisa di filtrasi dgn kain parasut mas. Trims atas perhatiannya. Salam

  248. Mas Alva, sewaktu saya proses pengambilan logam Au dengan cara pendulangan,terlihat logam halus kuning emas dipermukaan air / serbuk kuning yang mengambang. Mas Alva; Logam apa itu ?.Thanks Mas. Salam

  249. Mas Budi , bahan kimia apa yang bisa dipakai untuk mengurai/menghancurkan bebatuan. Trims mas, salam

  250. budiyoga

    Mas Guntur, Melepaskan emas dr karbon aktif dibakar saja yang mudah. Cara lain sangat sulit yaitu melarutkan di Cyanide, NaOH ph 14 dimasak kondisi mendidih selama 2jam proses pelarutan. Setelah cairannya disaring Au Ag bisa diambil pakai elektrolisis atau sementasi (pakai zinc dust). Karbonnya bisa diaktifkan lg pakai rotary kiln suhu 730 derajat C.
    Proses apapun yang anda lakukan, gunakanlah cara2 yang mudah & umum dilakukan, jangan pakai cara yang sulit.

    Mas Halim, ada baiknya lain kali anda berusaha cari tahu dulu bagaimana proses penyulingan mercury (biasa disebut dengan istilah lektor) kepada para praktisi penambang. Karena jika hal2 detil harus dijelaskan diblog ini agak repot. Prinsipnya penyulingan,yaitu mercury dipanaskan sampai menguap, kemudian didinginkan agar keluar kembali sebagai logam cair. Mis pakai pipa besi yg salah satu sisinya sdh ditutup rapat, mercury yg ingin disuling diletakan disisi yg tertutup dan sisi tsb dapat dipanaskan sampai min 200 derajat celcius. Sisi yg lain yg terbuka diletakan pd posisi ujungnya duduk disuatu wadah mis ember yang telah diisi air. Ujung yg terbuka tempat mercury mendingin dan keluar sbg logam kembali ditutup pakai kain basah seluruhnya sampai keember.
    Banyak alat untuk menghancurkan batuan mis hammer mill, ball mill dsb. jika ada bahan kimia yg dpt menghancurkan batuan nanti kasihan produsen alat2 penghancur batu tadi tidak laku ..? Tks Budi

  251. Jual Lahan mengandung emas, 14 Km dr pusat kota Serang, AJB 2.163 M2, Pinggir jalan desa. Hasil uji Lab. Zhogyee – Jakarta Utara ada kandungan AU 0,52 grm / Ton, AG 0,78 gr /ton. ada sumur kedalaman 11 Mtr (dibuat bukan sengaja untuk cari emas). Harga silahkan kontak Agus wibawa, 0812 98701400 / 087808111125 (milik sendiri)

  252. Trims Mas Budi atas sarannya. Penyulingan Hg dgn pipa besi………
    Mas Budi untuk proses pemurnian emas dgn Aqua Regia(HNO3+HCl=3:1) Apa Warnanya Merah ?.
    Bila Bahan dari Batuan Tambang dilarutkan dgn Aquaregia ada logam serbuk Warna Timbal yg mengambang itu apa Benar logam Timbel Mas Budi ?.
    Setelah itu Larutan diberi Natrium Bisulphite tanpa harus diberi Urea terlebih dahulu ?.Saya lihat Prosesnya di Youtube. Apa Benar begitu Mas Budi ?.(Teori dan Praktek kok berbeda).
    Dan yg dimaksud dgn highly explosive untuk cara proses ini apa Mas ?.
    Terimakasih Mas sebelum n sesudahnya?. Salam

  253. budiyoga

    Mas Halim, Mohon tanyakan hal2 yang penting saja dan untuk dipraktekan jangan semua hal ditanyakan..Jika anda sdh mencampur dengan benar AR warna merah YA, kalau memang timbel yg ngambang trus kenapa? Highly explosive artinya mudah meledak bukan cara.
    Pakai Natrium/sodium sulphite (Na2S) atau sodium metabisulphite atau gas H2S sama saja untuk presipitasi emas semuanya mengandung sulfur/belerang, jika HNO3 tidak dinetralisir dulu akan memerlukan banyak sekali SMB/Na2S karena belerangnya hrs menetralisir HNO3 terlebih dahulu. Tks

  254. Ndu LumbanToruan

    salam kenal mas,…
    mau nanya ni sekitar tentang emas…
    “apakah emas dapat terbntuk di daerah endapan batubara?”
    Tolong penjelasannya mas..
    Thanks..

  255. Terimakasih Mas Budi atas Petunjuknya sesudahnya.
    Mas untuk Mendeteksi ada/tidaknya kandungan emas dilarutan AR
    selain SnCl2 Apa ada Cara/Bahan Kimia lain yang bisa digunakan ?.
    Warna larutannya AR masih Kuning setelah saya proses presipitasi dan ada endapan serbuk Coklatnya, Kenapa Warna Larutan masih kuning Mas Budi. Terimakasih ya Mas Budi. Salam

  256. dhe reza

    sya mau nanya mas apakah ada alat untuk mendeteksi urat yang mengandung banyak emasnya atau tidak.
    Saya sendri sbgai penambang kcil yang mnggali lubang dan mncari urat yang mngandung emas,sdah 5 blan sya blum mndapatkn hasil yang maksimal pdhal lubang yang sya gali sdah mncapai kedlaman 200m dan lebar urat 1m.

  257. Antonius

    kalau untuk eksplorasinya sendiri bagaimana mas…??? soalnya saya bergelut di sistem penambangan rakyat, yang mau saya tanyakan bagaimana cara menyetahui potensi lokasi-lokasi yang mengandung endapan emas aluvial secara sederhana…. soalnya sekarang saya lagi pusing untuk melakukan pencarian lokasi, mohon pencerahannya

  258. haris

    Salam kenal

    sy lagi membuat lobang atau lagi menambang emas,, urat emas di dalam gunung sudah di temukan dan di tes hasilnya mengandung emas,, tapi sy belum di produksi karena kehbisan modal….kalau ada yang mau kerja sama silakan tlp ke no: 085221302718

  259. haris

    UNTUK TEMAN TEMAN SEMUA BARANG KALI ADA YANG TAU DMANA MEMBALI LIMBAH BATUAN EMAS TOLONG KASIH TAU SAYA…HP: 085221302718

  260. didaerah kami pulau sanger banyak emas nya cuma,.,.

  261. Rui

    salam knal ….. maw nanya nieh
    Gimana sieh genesanya emas pada batugamping???

  262. arhaz

    mas alvin saya mau nayak dulu sy pernah gali sumur kedalaman 60 miter di kedalaman itu terdapat batu sebesar jari jempol kaki warna batu kecil itu kayak emas dan beratnya beda dengan batu krikil biasa sampe sy coba degan lampu lampu kecil yg dari aki saya putus kmudian sy sambungkan antara pinggir batu ternyata lampu itu menyala ,yg ingin sy tanyakan batu itu terdapa logam apa saja bnarkah terkandung kader emas nya

  263. arhaz

    HALOO kawan2 semua mau nayak niih…dulu aku gali sumur sedalam 60 miter di kedalaman itu terdapat banyak batu kerikil sebesar jempol kaki ya ada juga sebesar kepala warna batu itu mirip emas tapi tidak mengilap,karna saya awam tidak tau apa2 cuma teka tekki dalam hati,memang batu itu beda dengan yang biasa lebih berat,akhirnya mikir2 bagaimana untuk mencobanya tampa ILmu yang benar,pedek cerita saya beli dop kecil lalu saya sambungin ke battery lalu hidup dop nya,dan saya putus kabelnya lalu saya sambungin antara pojok batu itu ternyata lampunya nyala juga,namun sampe sekarng sy tidak tau batu itu terkandung apa aja,karna saya di pedesa’an yg tidak tau caranya lalu saya putus asa saya hancurin batu itu ternyata hitam nah karna warnanya brubah hitam ngelap gelip saya buang karna di benak saya sudah tidak berman’faat,nah setelah saya baca di situs ini ko timbul tanda tanya barangkali ada teman yang bisa tau tentang kandungan batu itu,klo memang terkandung emasnya bisa kerja sama karna cukup luap lokasinya satu gunung punya saya sila hubungi di yahoo messenger aktif 24 jam email (bengkelcinta95@yahoo.com)terima kasih atas pembaca yang minat

  264. SYAHWANI

    ASS..
    SAYA PENAMBANG EMAS TRADISIONAL,, KAMI MEMBUAT LUBANG DI SUATU TAMBANG EMAS BERDASARKAN CIRI-CIRI DAERAH LAHAN DGN PENGALAMAN YANG SUDAH TURUN TEMURUN..DASAR DIANTARANYA DI DAERAH PEGUNUNGAN, KM BISA TES BATU/AREA YANG MENGANDUNG EMAS DENGAN MENUMBUK HALUS SAMPELNYA KEMUDIAN DI “TIBE”(MELIHAT KANDUNGAN EMAS DENGAN ALAT BUATAN SENDIRI DAN DAPAT DILIAT DENGAN KASAT MATA) JIKA KANDUNGANNYA SESUAI” RUMUS TAKARAN TURUN TEMURUN” MAKA BUKA LUBANG…
    AIR RAKSA YANG AKAN MENANGKAP EMAS…INGAT HASILNYA EMAS BERWARNA PUTIH DAN LUNAK….UNTUK MEMISAHKAN KANDUNGAN LAINNYA DENGAN DIBAKAR…(MAAF SAYA TIDAK BERPENDIDIKAN JD AGAK CCD) THANKS
    SYAHWANI

  265. saya banyak uang kuno warna kuning katanya ada sedikit logam mulianya cara memisahkan antara logam mulia dan logam logam lain selain dengan hno3 plus garam dapur apa ada larutan lain dan mudah carinya? karena dengan cara lautan hn03 dan garam dapur hasilnya sagat sangat minim sekali ?

  266. Hasil analisa ku ternyata daun katapang kering dapat menurunkan ph pada larutan. Dan umbi dari singkong karet dapat kita gunakan utk melarutkan logam yg masi berbentuk sulfida. Maklumlah si umbi karet banyak mengandung asam cyanida ( hcn ).
    Tapi sayangnya aroma larutan tsb beraroma kurang sedap. dan semangkin asam Semangkin beraroma. Dan teryata disana tempatnya berkembang biaknya bakteri yg dapat membawa sulfida logam menjadi garam logam yg terlarut.membentuk suatu larutan kaya logam

  267. Agno3(perak nitrat) dapat dibuat dng cara melarutkan 1kg perak di 1liter asam nitrat( hno3 ). Panakan sampai larutan mengental dng temperatur 70-80′c.Tunggu sampai larutan tdk berwarna.matikan pemanas dan biarkan larutan dingin. Setelah 3 jam larutan tsb berubah menjadi garam AgNo3. 1 kg perak dapat menjadi hampir 2 kg AgNo3. Karena mahalnya AgNo3 dng cara ini kita bisa bikin sendiri. Semoga maampaat.

  268. *Lead acetat atau timbal asetat (pbHac) pembuatannya sama dng PbNo3, hanya beda pelarut. PbHac dilalutkan di asam cuka atau sebagai alternatif bisa menggunakan cuka buat bakso tanpa dicampur air lagi.dan gunakan NaOh yg sudah dicairkan dng 1liter air setiap 1kg NaOh.
    Dan hasil endapan tidak usah di keringkan.karena garam dari toko juga nantinya bakal kita campur air juga. Dan kita bisa buat katalis untuk pelarutan logam tanpa membeli dari luar negri.
    *Timbal biasa disebut timah hitam atau lead.
    PbNo3 dibuat dng cara melarut kan timbal di asam nitrat dengan perbandingan 1 ons timbal yg sudah dipukul tipis2,dan 100ml asam nitrat( HNo3 ) ditambah 1,5 air. Setelah timbal larut smua , masukkan soda api ( NaOh ) 1ons. Maka terjadi endapan PbNo3. Biarkan mengendap smua lalu ambil endapan dng cara membuang larutan bagian atas. Dan endapan paling bawah garam logam timbal.
    *Pb( timbal ) tahan dipanaskan sampai suhu 1700′c. Berarti timbal panas dapat melebur emas,perak, tembaga,dll.menjadi logam campuran yg dapat kita aplikasikan untuk menarik logam menjadi aloy logam campuran sebagai pengganti mercury.dan Untuk pemisaha dapat dilakukan dng sistem elektrolisa.
    Pb mempunyai sifat seperti mercury bila ditemperatur pb tersebut diatas 1000′c.
    Tapi sayang uap pb kurang baik utk kesehatan.

  269. Salvianus Taju

    Slm knl mas…
    Di daerah sy struktur tnhnya terdiri dr tnh lempung dan byk terdapat batuan yg berbentuk kaca. apakah daerah tersebut terdapat emas? alat apa yg bisa mendeteksi keberadaan emas?
    Makasih mas…

  270. daus

    mas alva.
    mau nanya tentang dasar dasar untuk explorasi bijih emas apa apa sj mas.mohon pencerahannya.thanks

  271. amat

    Kpd Yth ; Bgmna Ekstraksi emas dari senyawa yg lebih besar baik dari fisik(bahan)/unsur dlm Goldflating (sept lapisan emas pada elbo (1/2-1 inci atau lebih,, Pin,dan Papan Board),,,serta melakukan Koagulasi/gravimetry yang Akurat,,,,,Tolong Penjelasannya ya Pak????

  272. hedrin nurdin

    salam mas alva sy hedrin tinggal di jayapura tepatnxa di pedalaman kec kaureh di perkebunan sawit sinar mas 2,suatu malam sy bermimpi ditunjutkan tempat dan sya melihat di kali penuh dgn batu agat kuning mengkilat ,dan terbangun sesuai petunjut minpi sy cek lokasi mang betul sy temui batu ukuran jempol sampai ibu jari kilat ,kemerahan,puti,kekuningan dan abu abu,dan berat tdk perna like sblumnxa,kata org itu mengandung Uranium dan emas bagaimana mengetesnxa sy ingin kerja sm ,trimakash mas alva,

  273. abi

    salam kenal mas alova & budi saya abi sedang digaris minimum mengolah batu berurat kristal kaca ber isi emas yang sudah lulus tes di surabaya mohon tinjauany onnyalfaraby@ymail.com

  274. pranto

    salam kenal mas alova & Budi saya pranto, saya mengolah sampah elektronik Flexible Wire & Pin Headre . Cairan yang saya pakai HNO3 + Hcl setelah saya rendam Reaksinya keluar asap cocklat dari hasil rendaman. setelah saya diamkan satu malam hasil rendaman berwarna Hijau keputihan ..dan masih ada logam tertinggal di dalamnya ( setelah di saring dan di diamkan satu malam ada endapan putih di dasar yang saya tanyakan 1.apakah warna dari HNO3 Itu BIRU
    2.bagaimana proses pengambilan perak dari larutan tersebut
    3. bagaimana proses selanjutnuya untuk pengambilan emas

    terimakasih & Salan
    Pranto

  275. Slamat malam mas alva,,sy mau tanx masalah kandungan tanah yg bnyak mngandung kndungan emas,dri bntuk wrna tanah dan wrna air apkah ini bisa jadi ptunjuk tuk mlihat kndungan” emas ???,,,,di tmpat sy ada dekat dngan mata air panas,apakah air panas itu bisa jadi jaminan klau dskitarx mmpunyai kndungan emas ????,,,trmakasih sblumx.

  276. kissman

    Mantaap..Broo..Alfa,..atas Infonya,…complit…

  277. putraogan

    Salam kenal untuk SYAHWANI, saya ingin berkenalan dan berkoresponden dengan anda, Saya suka dengan pengalaman anda dan ingin mendengar cerita lebih lanjut. berikut alamat email saya ndbentausar96@gmail.com. Trims

  278. Aryscky

    Salam logam mulia…..
    Numpang tanya…..
    Apakah emas nugget berkadar 70an persen bisa larut dalam sistem sianidasi walau sudah d,haluskan materialnya sistem glundungan…???

    Apakah penambahan sianida mempengaruhi larutx emas yg sdah terserap karbon aktif??

    Mohon penjelasannya kawan2..
    Trimss…

  279. Aryscky

    Salam logam mulia…..
    Numpang tanya…..
    Apakah emas nugget berkadar 70an persen bisa larut dalam sistem sianidasi walau sudah d,haluskan materialnya sistem glundungan…???

    Apakah penambahan sianida ikut mempengaruhi larutx emas yg sdah terserap karbon aktif??

    Mohon penjelasannya kawan2..
    Trimss…

  280. budiyoga

    Aryscky, emas kadar 70 bisa larut di CN pada kondisi sangat halus (lebih dr 200mesh) dan sangat lama prosesnya (pd perendaman 60hari konsentrasi CN 500gr/ton). Penambahan CN tdk akan berpengaruh thd emas yg sdh terserap karbon, sebab untuk melarutkan lg emas dr karbon dgn CN hrs pd konsentrasi CN sangat tinggi, 1% soda api dan kondisi mendidih selama 2jam minimal.

    Mas Pranto, penjelasan mengolah emas dr bahan elektronik sdh ada lengkap diatas. Mohon dibaca lg lebih teliti.

  281. hendra S.kom

    salam kenal mas alva dan mas budi.saya hendra di palu,saya mempunyai tong sianidasi dan untuk mengukur kadar sianida saya memakai tehnik tetrasi memakai agno3 dan kaliumiodid yang ingin saya tanyakan skala ppm berapa yang pas saya gunakan?saya biasanya menggunakan buret 50ml,dengan alat ini biasanya sy memakai skala dgn ppm 5,5.apakah jika saya menggunakan dibawah ppm 5,5 emas akan tetap larut?apakah pelarutan emasnya melambat?dan apakah dengan tehnik tetrasi ini sudah betul untuk menghitung kadar sianida didalam lumpur?makasih sebelumnya.

  282. Salam..kenal..mas! Heap leaching selain cn penambahan apa lg untuk dapat hasil maximal mas trims

  283. budiyoga

    Mas Hendra, CN bebas hanya 5ppm terlalu sedikit. Banyak sekali logam selain emas & perak yg larut oleh CN, menurut saya 50ppm CN bebas cukup layak diakhir periode pelarutan.

    Mas Ijonk, proses penyerapan atau sirkulasi air yg baik sangat berpengaruh pd hasil diluar bahan kimia standar yg digunakan.

    Untuk rekan2 semua yg ingin menguji material anda emas atau logam berharga lainnya silahkan kirim kesaya, akan saya coba bantu ngetes.

    Juga bagi rekan2 yg memiliki lahan pasir/batu besi & memiliki pendanaan, kami memiliki pilot project (posisi di tjkarang lampung) pengolahan sponge iron & pig iron. Tks

  284. Surtandi

    Asalamualaikum wr. wb.
    Mas saya mau nanya, di daerah saya banyak sekali gunung atau bukit2 yg mengandung batuan emas, daerah saya adalah cikotok, kec.cibeber kab.lebak Banten, yg saya tanyakan adalah jika memang emas itu bersal dari gunung merapi purba, maka di manakah saya dapat mencari bekas gunung merapi purba tsb?, selain itu, mengapa di daerah saya banyak sekali jalur emas yang jauh sekali katanya jalur emas tersebut datang sampai gunung pongkor, bogor Jawa barat? Mungkinkah gunung api yg dimaksud mempunyai ukuran yg sangat besar hingga datang sampai pongkor? Di daerah saya memang banyak sekali lobang2 dari jaman belanda sampai sekarang, di cirotanpun masih di garap oleh masyarakat kami, di sini juga banyak sekali perusahaan luar negeri mengambil keuntungan dari hasil tambang emas mereka masing2, yg saya takutkan daerah kami ini akan hancur oleh org2 seperti mereka,, yg saya ingin tanyakan bagaimanah kami harus mengolah sumberdaya ini dengan cara yg benar dan baik? Terimakasih,, wasalamualaikum wr. wb.

  285. Aseng

    Salam, mas Alva…
    Mohon Petunjuk cara memisahkan emas dengan menggunakan mercury…
    Terimakasih..

  286. salam, mas Alva saya tertarik untuk deteksi emas makanya saya membeli asam nitrat…….seperti kata orang buat test emas batu yang sudah saya haluskan kemudian saya remdan pakai asam nitrat tetap berwarna kuning
    apakah langkah saya sudah benar batuan tadi yang halus tatap berwarna kuning apakah ada mengandung emas..? tolong di bantu ya mas alva oh iya ada gak buku yang ngajarkan kita untuk mendeteksi emas

  287. Herman

    Halo,teman – teman semua ,setahun yang lalu saya pernah usaha di bidang emas sistim sianidasi ,di daerah cikotok ;sy ada mesin gelondong ;ballmills,hammermills,dan 1500 karung lumpur yg belum pernah dipakai air raksa ,teman teman ada yg minat hub ;081281235218;087781326027

  288. Herman

    Salam sejahtera semua,saya sekarang ada di Bangka Belitung ,ada suatu tempat masyarakat disana menambang timah yang ujung KAN nya dipasang karpet untuk menangkap emas butiran,yang mau saya tanyakan adalah apakah pasir yang sudah terlewatkan dari karpet masih mengandung emas ?dan bagaimana cara mengetestnya,sudi kiranya temen teman mau menjawabnya.Terima kasih atas infonya

  289. ramos-karisma

    1 apakah desa bonto katute kab sinjai `mengandung emas
    2 bagaimana tehnis mobil pasir besi langsung jadi besi dan seng sebab jika di kirim akan berkarat dan susut
    3 pohon or air.. !
    thanks

  290. SURYA SUPRAPTO

    Salam kenal mas Alva..sy sgt berterimakasih atas blog yg sgt bagus ini..dmn masyarkat awam dpt belajar banyak tentang rahasia2 mengeksplorasi dan eksploitasi tambang emas, yg selama ini hanya dikuasai oleh pengusaha besar ( yg modal kuat dan teknologi mantap)yg berkolaborasi dg birokrat korup dan sontoloyo ..yg mau enaknya sendirian dan gx mau berbagi dg warga setempat.. ..tul gak kwn2 ?.. Mas mau tanya nih, bgaimana cara buat larutan stanneous chloride ( SnCl2 ) ..krn dlm blog ini ditulis HCl+TIMAH PUTIH atau Zn…apakah Sn dan Zn itu sama mas ? Tlg diberikan pencerahan ? Memang dg Zn lebih mudah dibuat dan bahan mudah didapat, drpd Sn ( Stannum )..saya yakin ini akan sgt membantu saya dan kwn2 calon /penambang emas skala kecil ..TERIMAKASIH

  291. husen

    Salam kenal, saya pekerja elektroplating, saya ingin pencerahan bagaimana cara memurnikan residu larutan utk krum putih yg sdh tidak terpakai, supaya didapat rhodium murni. Bagi yg punya informasi mengenai cara memurnikan rhodium, silahkan sms ke 08170280127 atau email husensetiawan31@yahoo.com Sebelumnya saya ucapkan terimakasih

  292. Robert

    Salam mas Budi logam, untuk pengambilan Logam Au cara Elektroplating dalam larutan A.Regia dgn mengunakan plat Ti bagaimana caranya Mas ? Tolong bantuannya Mas.Trims

  293. danskita

    salam, saya sangat asyik membaca koment2 dan penjelasan admin. dan saya salut dengan pengetahuannya sehingga menambah wawasan buat saya.
    kalo boleh saya tanya, bagaimana dengan lokasi di tasikmalaya (sekita gunung galungung) karena didaerah saya sama sekali tidak ditemukan penambangan emas, kecuali penambang pasir dan batu.

  294. Alva

    Mohon maaf kalau saya tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan dari teman-teman sekalian karena pertanyaan yang diajukan sudah pernah saya jawab, silahkan simak baik-baik halaman ini dan baca dari atas, terima kasih atas kesetiaan mengunjungi blog saya ini…

  295. Alva

    @ Danskita, Tambang emas itu sering ditemukan di Gunungapi Purba yang umurnya sudah puluhan juta tahun atau secara geologi berada pada umur lebih tua dari Kuarter. Lapisan emas muncul ke permukaan karena proses tergerusnya Gunungapi Purba selama puluhan juta tahun dan proses pengangkatan lapisan batu akibat gempa atau proses tektonik.

    Gunung Galunggung termasuk gunungapi muda yang berumur Kuarter. Jika terdapat lapisan emas pada Gunung Galunggung, maka lapisan emas tersebut sedang berada dalam proses pembentukan yang terjadi pada kedalaman ribuan meter dibawah permukaan Bumi. Terdapatnya lapisan emas sangat bergantung pada sistem hidrotermal yang ada di suatu Gunungapi.

  296. Herman

    Mas Alva dan mas Budi apa ada alat untuk deteksi emas serbuk yg ada dipasir/tanah dgn kedalaman 3 mtr?dan dimana mendapatkannya? tks

  297. sebuah dialog ilmuwan profesional , sungguh menarik dan penyajian sederhana namun effective . salam .

  298. @ Herman, tidak ada alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi secara langsung terdapatnya emas. Untuk emas pasir atau placer deposit kita bisa tahu dengan cara mendulang.

    @ Bambang Subrasto, Terima kasih pak atas apresiasinya. Kami disini belum setingkat ilmuwan namun masih dalam level praktisi hehehehehe….

  299. budiyoga

    mas Chuhanbun, dilihat saja partikel yg tampak kuning tersebut (memakai lup 10x pembesaran akan membantu), fisik batu/silica dibanding emas/logam sangat berbeda dan dapat dilihat dengan jelas.

    Mas Husen, elektroplating umumnya menggunakan bahan nickel (Ni) & Chromium/Chrom (Cr), tidak ada rhodiumnya (Rh).

    Mas Suprapto, Sn itu dr Stannous yaitu timah putih bukan seng – Zinc (Zn). Ass. Tks

  300. rizqi

    salam kenal buat mas alva dan mas budi.saya mau tanyak:bagaimana cara yg sangat sederhana sekali untuk menentukan itu emas atau bukan.ada yg bilang pakai air raksa bisa kita tentuin itu emas atau bukan.karena ditempat saya tugas,ada perusahaan tambang besi yg sedang beroprasi.dan sudah 5 tahun lebih mereka belum produksi.masih tahap eksplorasi saja.saya pernah menemukan batu yg warnanya kuning emas.tp saya tidak tahu cara menguji.kalau pakai cara AR yg dibilang mas budi,saya rasa akan sulit mengujinya didaerah saya,krn didaerah saya tidak ada listrik dan sinyal.jd susah mau komunikasi dan nentuin kadarnya.

    thanks atas infonya mas

  301. budiyoga

    Mas Rizki, jika tambang besinya dr pasir besi, didulang saja sebanyak2nya yg anda mampu. Jika besaran emasnya dpt dilihat kasat mata maka akan jelas terlihat dihasil dulangan anda. Ass tks

  302. hari

    mas alva dan rekan semua,saya mohon pencerahannya,saya ingin membuat AGNO3 cair utk pengukuran kadar sianida (tettrasi
    ) dlm air pada olah emas dgn sistem perendaman,katanya agno3 cair dibuat dari agno3 garam dengan aquadest,hanya sj saya tdk tau takarannya dan cara pembutannya,mohon petunjuk,trmksh

  303. alfiana

    maaf maz mau bertanya,ini sya sdang bljar ttg limbah buangan dri pngolhan limbah emas.yg sya tnyakan bgaima cra mendeteksi pnyebaran kedlman yg bsa dijangkau dr limbah buangan pengolhan emas itu sendri?sbgai contoh msal emas tersebut diolah di dratan yang jauh dari sungai,sehingga limbah cairnya hnya dibuang keparit disekitar tempat pngolahan,berhubung jraknya jauh sehingga limbah tersebut tidak sampai kesungai.

  304. agus mulyana

    Salam kenal mas Alva, mu nanya nich mas. mas kalo satu daerah dimana kompas penunjuk arah bisa memutar 360 derajat didaerah kaki gunung yg bekas aliran lahar apakah daerah tersebut bisa diindikasikan mengandung emas…

  305. fauzy duta

    salam mas alva ,ada tanah 4ha mengandung emas n saya juga sudah coba mendulang n di lihat dari mata ghaib pun 6mtr dr permukaan ok.cuman yang bikin binggung lg cari investornya saja nih.klu bisa saya mau ngajak mas alva kerja sama gi mana tlp.085728155555 brebes-jateng

  306. muhammad

    Halo,mas alva, mas,dalam tanah lempung argilik yang pernah saya lihat ada vein tanah bergaris yang berwarna hujau muda,apakah tanah itu mengandung emas, terima kasih bersedia menjelaskan .

  307. muhammad

    Halo,mas alva, mas,dalam tanah lempung argilik yang pernah saya lihat ada vein tanah bergaris yang berwarna hijau muda,apakah tanah itu mengandung emas, terima kasih bersedia menjelaskan .

  308. safar

    saya menyediakan alat untuk mendeteksi logam emas(detector logam) tanpa menggunakan bahan kimia.berinat hubungi 082195145039

  309. Bonivantura

    Asyik ne blog ^^

  310. han

    salam kenal buat mas pengelola,
    menarik sekali blog mas ini.saya tertarik untuk menanyakan proses sianidasi dengan pengetongan metode perendaman, bagaimana care memaksimalkan hasil dan apakah ada cara untuk sekedar mengetes kandungan lumpur yg akan kita proses karena kebetulan sy membeli lumpur2 tersebut untk sy proses .untuk menghindari kerugian dan mmemaksimalkan hasil tolong pencerahannya mas . terimakasih sebelum Dan sesudahnya

  311. Surbekti Susilo

    Benarkah kita pelu investasi emas batangan ?
    Bukankah yg diperlukan itu uang ? uang untuk memenuhi semua kebutuhan .
    Bahkan penggali emaspun akan menjual emasnya krn perlu uang .
    Jadi untuk apa investasi emas batangan ?

  312. Agus Wanto

    Mas pengelola,

    Mohon nformasi bagaimana cara mengolah ironore yang mengandung Titanium? mohon diberkan penjelasan. bila berkenan mohon bantuannya dikirimkan juga ke email saya gswanto@gmail.com. thanks Agus Wanto

  313. budiyoga

    Mas Han,
    Buatlah peralatan produksi skala pengujian menggunakan drum minyak tanah yg dibentuk kerucut + kompresor kecil untuk mengetes kualiatas lumpur anda.

    Mas Wanto,
    Iron ore mau diolah jadi apa? Sponge iron, pig iron, iron concentrate ..?

  314. han

    trimaksh mas budi ats jwbnnya ….satu lg mas kalo mau belajar tentg sistem perendaman dimana mas smcm kursus kilat bgitu ada ndk ?

  315. budiyoga

    Mas Han,
    Silahkan hubungi saya di 0813.8812.6802. Tks Budi

  316. paboya & namlea gold

    klo mau banyak emas,ke sulawesi aja ato ambon…ampe sekarang ga hbs2 emasnya di gali…disini tambang rakyat..tromol dan tong 24 jam bekerja dgn menggunakan sianida dan mercury

  317. deni

    Mas boleh ƍäª sy minta poto-poto batu yang mengandung emas besrta nama-nama batunya. Soalnya ∂ĩ daerah sy ada sebagian orang yang bilang potensi emasnya bagus. °̶̶̶̶̶̶̶̶✽̶̶м̶ä̶ķ̶ä̶s̶î̶н̶̶✽̶̶̶̶̶̶̶°̶

  318. arta juli pasaribu

    lebih banyak penjelasan nya dong

  319. koco

    salam kenas mas alva n mas budi,

    mau tolong tanya ,bagaimana cara memisahkan ag n cu dari logam2 lain yg terlarut dalam asam nitrat?(setelah asam nitrat disaring dari reaksi dgn batuan),dr postingan mas budi yg terdahulu.
    terima kasih mas.

  320. budiyoga

    Mas Koco, pertama ekstrak dulu Ag pakai garam dapur (NaCl) Perak akan keluar dlm bentuk serbuk putih (AgCl) yg berubah ungu jika terkena sinar. Setelah itu untuk menarik Cu encerkan dulu asam nitratnya dengan air supaya tdk terlalu keras lalu gantung saja potongan besi dilarutan, tembaga akan menempel dipotongan besi. Tks budi

  321. han

    maaf mas bisa emailkan fto / denah bak rendaman, bak 2 apa pke saringan dibwah lumpur spy airnya ntes krn trs sy bingung bgaimana air bias ngalir ke selang tnpa lumpurnya ikut ngalir?pelapis untuk baknya pke apa ya mas dan apakh kedua baknya dilapisi ?

  322. Alva

    Thanks buat kontribusi teman-teman dalam diskusi emas ini, terima kasih banyak juga untuk pertanyaan teman-teman, namun saya minta maaf bahwa jadwal kegiatan saya yang padat untuk posisi saya sekarang sebagai manager operasional saat ini memaksa saya untuk belum bisa aktif dalam blog ini, jika ada yang menghubungi saya via telp, sms, atau email namun tidak saya angkat ataupun tidak saya balas saya mohon maaf. Saya sangat menghargai keingintahuan teman-teman namun untuk saat ini saya belum punya waktu, saya siapkan kejutan buat para pembaca blog ini. Salam EMAS!

  323. budiyoga

    Dik Alva,
    Selamat atas promosinya, semoga selalu sukses. Kami tunggu kejutannya. Tks Budi

  324. ARHAZ mas ALVA mau tanyak >>>>daerah saya rata2 tanah lempung agak hitam dan dekat pinggiran sungai terdapat batuan bulat warna hitam dan lebih berat di banding batu yang lainya pertanyaan saya jenis batu apakah??? apakah batu jenis ini terdapat kandungan for gold ???? sekiat terima kasih

  325. budiyoga

    Cara Mengenali dan mengetes emas dr batuan sdh lengkap dijelaskan diatas, kenapa pertanyaan yang sama terus muncul? Mohon rekan2 membaca dengan teliti tulisan ini lengkap dari atas. Tks

  326. han

    almat email sy di bagusmanggalasabani@gmail.com
    ditunggu ya mas fotonya,trimakasih

  327. budiyoga

    Mas Han, terlalu merepotkan kalau saya harus memfoto bak perendaman lalu mengirim ke anda, Cari saja disekitar daerah anda yg melakukan perendaman, atau anda bisa datang kelampung kalau mau. Tks

    Mas Deni, poto-poto batuan emas bisa anda lihat diinternet dengan search engine ketik “gold ore”. Anda bisa lihat ratusan poto batuan emas. Tks

  328. agussau

    selamat pagi kak alva.2 bulan lalu saya melakukan pengeboran air di daerah pegunung yang baru-baru ini saya beli..kira kedalaman 20 m terdapat pasir hitam yang naik bersamaan dengan air pengeboran tapi saya tidak menghiraukan.kemudian kemarin yang jaraknya kira-kira 100m dari tempat pengeboran saya tetangga kebun saya melakukan pengeboran terdapat pasir hitam yang terdorong naik dengan air pengeboran,karna tetangga kebung saya sebelumnya ada pengalaman melakukan tambang emas dia curiga kalau pasir hitam tersebut mengandung emas,,setelah dia tes ternyata pasir hitam tersebut mengandung emas.pertanyaan saya apakah kandungan emas dengan tanda tanda tersebut berpotensi banyak atau cuma sedikit

  329. deni

    Slm knl..
    Mas saya mau tanya, seberapa dalam dari batuan kuArsa ke bijih emas?
    Saya kebetulan punya galian dan Ɣªηƍ saya dapat kata org Ɣªηƍ biasa menambang emas katanya batu kursa yang berpotensi emas ke dalamnya. Tapi saya bingung harus sampe seberapa dalam saya menggalinya.
    Makasih sblnya mas

  330. billy aquino

    saya tidak bisa bahasa kimia, yang saya bisa bahasa kenyataan, di daerah saya banyak sekali emas nya, tepat nya daerah banyuwangi selatan, daerah ringinagung pesanggaran, bagi yang mau bekerja sama silahkan datang langsung kesini, bikin lobang langsung dapat urat emas…. selesai, saya tunggu yang berminat kita bekerja sama, hasil dimakan sama2. untuk anak dan keluarga beres……. bagi yang berminat hubungi , 081266661260

  331. arifin hendra

    salam kenal mas Alva dan mas Budi, saya perlu informasi tentang cara proses emas dari tanah, didaerah saya tanahnya benyak mengandung emas. biasanya masyarakat menggunakan tromol dan sianid. apakah ada caralain selain itu? saya pernah dengar proses rendam dan pengguaan zing, apa maksudnya? terima kasih mas.

  332. atimsius

    ditempat saya terdapat emas (kalimantan barat),dan masyarakat mulai menambang sudh sangat lama,mungkin sudh 4 generasi sebelm saya,”usia saya 22 th”,masyarakat haya menambang dgn cara sedehana,dimana tanah di gali sekitar kurng lebih 3-6 meter mengunakan mesin air(dompeng) tanah di lubangi. dan di dapat emas,tapi dlm jmlah yg tidk terlalu bayak,karena kalou sudh sampai dasar batuan yg keras emas ya sdh tidk ada,(‘munkin msh ada”?)kemudian pindah lagi ke tempat yg lain,dan tidk jauh dri tempat semula,dan di temukan lagi emas.di sungai kalo di dulang juga ada emas nya.
    pertayan saya:

    1. Apaka munkin terdapat tambang emas yg lebi besar di tempat saya?kalou ya,bagai mana cara mengetahui nya,dan langkah apa yg biasa saya lakukan?
    2. Kenapa emas di tempat saya kebanyakn haya di temukan di dasar sekitar 3-6 m di bawah permukan tanah dan di pingiran sungai?

    minta ilmu ya ya massss

  333. Aji

    Jual beli emas sistem online, bisa diawasi terus menerus dan transparan.
    Jual beli hanya dengan sistem “klik”, tidak perlu buang2 waktu untuk kesana kemari.
    Dengan invest minimal 50jt, bisa mendapat profit 100rb-3jt per harinya dan bisa dicairkan tiap hari.
    Modal invest dapat ditarik kembali kapanpun.

    Bila ingin lebih jelas silahkan hubungi saya di nomor 08997866859.
    Terima kasih =)

  334. AHMAD FAUZI

    BURUAN MUMPUNG BELUM ADA YANG NGELOLA 085728155555

  335. inti rizky

    mas alva. Saya mau tanya bagaimana cara leaching emas secara lab. Terus apa saja alatnya dan bahannya? Monggo dijawab

  336. said hasan

    Salam kenal Mas Alva
    Mas! saya ingin tahu tetntang urat batu yang mengandung emas dan beramacam warnanya, kemudia dinama saja lokasi yang potensi kandungan Emas pada gunung purba apaka di alur atau dibokongannya sehingga dalam melakukan survey mudah terdeteksinya, mudah2an berkenan mas alva menjawab

  337. ertsberg

    ass, mas alva..
    pernah dengar potensi emas di kepulauan mentawai gak mas ?
    mohon bantuan datanya secukupnya kalau ada mas.
    thanx buat forum ini yg sdh di share dengan tulus oleh owner..
    best regards…

  338. Noel

    Salam mas Alva,
    Di tanah kami ada kemungkinan potensi batuan emas,tapi kami masih belum bisa memastikan kebenaran hal tersebut. Saya perlu penjelasan lebih lanjut mas, kalau boleh dan berkenan mas Alva boleh menghubungi saya di nomor Hp : 081316740111 (Noel). Atau kalau ada teman atau kenalan mas yang ahli dalam bidang tersebut dan bisa melakukan survey,saya bersedia menyediakan akomodasi.

  339. Muhammad.sh

    bagi yang tau dan mengerti cara pemisahan perak dari serbuk pasir yang mengandung perak tolong dijelaskan,terima kasih sebelumnya

  340. budiyoga

    Mas Rizky, mohon dibaca penjelasan “Aqua Regia” diatas sdh lengkap ditulis.

    Mas Noel, saya tilpon anda 2x tapi tidak anda angkat.

    Mas Muhammad, rendam pasir anda dgn 10% HNO3, pisahkan cairannya lalu tarik peraknya pakai garam atau tembaga (atau pakai NaCN sbg pelarut). Mungkin pertanyaan anda lain kali harus diperbaiki karena pertanyaan ‘bagi yang tau’ seperti merendahkan. Saya yakin rekan2 yang tahu memproses perak jumlahnya ribuan. Tks

  341. jevan

    Selamat pagi Mas Alpha, saya mohon bantuannya karena saat ini saya punya lokasi/lubang penambangan emas di daerah sulawesi utara,lokasi ini baru saya buka kembali bulan januari 2013, sebelumnya pada tahun 2008 lokasi ini sdh pernah saya kelola dan ada hasilnya/terdapat batuan kaca/batu rep yang mengandung emas sebanyak 2-3 batang tetapi karena terjadi keributan lokasi tersebut saya tutup. yang jadi pertanyaan saya tahun 2008 batuan / rep yang kami temukan dikedalaman 3 – 4 meter,,tetapi sekarang sudah kami gali sampai kedalaman 5 mtr tetapi rep tersebut sudah tidak ditemukan dan rep-rep lain yang ditemukan disekitarpun sudah tidak mengandung emas yang ada hanya butiran2 putih seperti perak atau biji besi ( mohon penjelasan tentang biji warna putih tersebut ), mohon penjelasan emas yg dahulu ada pada kemana semua ya..??? terima kasih banyak atas perhatian dan bantuannya.

  342. alfian

    kalo emas yang terkandung pada limbah elektronik seperti jp dan komputer dan lain2 gimana cara memisahkannya atau mengambil emas dan logam lainnya..??

  343. Lapor Mas Alva,
    Disungai kecil, di area kebun sawit saya, sering saya coba mengambil pasir sungai tersebut satu gengaman tangan, dan mendulangnya pakai telapak tangan. Hasilnya, saya sering mendapatkan 3-4 titik serbuk Emas berbentuk bulat pipih sangat tipis, yg untuk mengambilnya dari telapak tangan aja susah.
    Apakah itu pertanda ada potensi kumpulan emas disana ?
    Lokasi saya di Desa Logas – Provinsi Riau.

  344. m ilar rusdi

    hallo mas Adoen…kemungkinan ada potensi emas disana klo untuk jelasnya hub sy 081311099237

  345. deny suwito

    salam kenal buat semua buat pecandu emas he..he…terutama buat guru besar kita bang alvi and bang budi…saya pemula mungkin bang alvi atau bang budi..atau rekan semua mau memberi saya metode thio urea …hub say..087728312759

  346. wahyu (gold detectorist)

    Ass.Wr.Wb.. Salam kenal mas alva dan mas budi. sy wahyu di kalsel. sekarang ini sy sangat tertarik untuk menjadi seorang prospektor emas dengan menggunakan detektor emas (gold metal detector) dan mgkn akan menjadikan kegiatan ini bukan hanya skdar hobby tetapi jg sbg slh satu profesi/mata pencaharian apbl memungkinkan terkait bgmn prospek nya di daerah tmpt tinggal sy dan sekitarnya. sy mendapat inspirasi dan motivasi dari bnyknya org2 di luar negeri (terutama di amerika dan australia) yang berprofesi sbg detektorist dan banyak yang telah sukses mendapatkan emas (terutama dalam bentuk NUGGET) dalam setiap “perburuan” mereka.
    - yang ingin sekali saya tanyakan, apakah ada lokasi di kalsel yang mengandung emas NUGGET?
    - kalo mmg ada, di daerah mana saja tepatnya?
    sy sngt mengharapkan sekali jawabannya karena saat ini alat detektor sdh sy beli tp bingung mau digunakan cari gold nugget di mana..
    sebelumnya sy ucapkan trmksh yg sbsr2nya. Wassalam.
    (N/B : Alat detektor ini diklaim produsennya mampu mendeteksi emas nugget dengan ukuran/berat minimal 0,3 – 0,5 gram >)

  347. di baruranji kecamatan merbau mataram lampoung selatan banyak menganduing emas…yg berminat surveyu aja

  348. aldyevactura

    Di daerah saya banyak penambang yang belum bgitu paham tentang pengolahan.
    Jadi kalau ada yang mau bekerja sama silakan hbungi saya 081269066290

  349. budiyoga

    Mas Deni, thiourea bukanlah metode hanya bahan. Proses produksinya sama persis spt menggunakan cyanida, apakah perendaman atau pakai tong. Jika anda pemuka pakai cyanida saja jangan cari bahan yg sulit didapat. tks

    Mas Wahyu, katanya sdh ada yg menemukan emas nugget. Cari saja diarea yg sdh jelas ditemukan ada emas, jangan mengira2 ditempat baru. tks

  350. wahyu (gold detectorist)

    tks saran dan infonya mas budi,, kebetulan smp saat ini sy msh blm dengar info dan blm ktmu siapa yg sdh prnah ktmu emas nugget di KALSEL. kebanyakan hny emas dlm btk butiran/pasir. sy jg msh cb cr info di sana sini. siapa tau ada rekan2 di sini yang tau info dan lokasi tepatnya dmna, mhon info nya. tks.

  351. salam kenal mas alva , saya mau tanya mas , saat ini saya sedang survey lapangan di daerah saya dimana di situ banyak terdapat batuan berwarna putih dan merah (ati ayam) kedua batu tsb berurat warna warni dan di dalamnya banyak kristalnya dan batu2 tsb berubah warna jadi hijau bila terendam air , keterdapatan batu tsb hanya pada satu sisi bukit yaitu yg mengarah ke sungai krna kebetulan bukit tsb berada di tepi sungai . yg saya tanyakan mungkinkah terdapat emas pada batuan atau tanah di daerah tsb ? trim’s

  352. salam buat mas alva and mas budiyoga , tempat tnggal saya di daerah malang selatan kab. Dampit jatim mohon pencerahannya . trims

  353. budiyoga

    Mas Hendro, sy belum mendengar ada emas didaerah anda. Cara menguji emas sdh diterangkan lengkap diatas, mohon dibaca dgn teliti. Tks

    Mas wahyu, berapa berat yang anda maksud nugget? 1gr, 10gr atau lebih dr 100gram? Dilampung yg paling besar yg pernah saya lihat sebesar biji kopi, dipapua paling sebesar bulir padi, di Indonesia langka sekali yang besar. Tks

    Mas Alyevactura, terangkan dengan jelas maksud anda kerjasama, supaya jelas dan lengkap infomasinya bagi semua pembaca. Tks

    Mas Alfian, Baca penjelasan Aqua Regia diatas. Tks

  354. mas alva yg sy hrmati , klo dlm batuan konglomerat apakah bisa terjadi intrusi krn batuan yg saya temukan mmpunyai ciri2 spti batuan kongomerat namun di dlmnya bnyk urat kristalnya , apakah ada kmungkinan keterdapatan emas ? atas pencerahannya trimakasih so much ..

  355. Buat mas Budi yg terhormat , bgmn kah ciri spesifik dr jenis tanah argilik yg mungkin membedakan tanah tsb daripada tanah biasa ? dan untuk mengetahui keterdapatan emasnya apakah bisa hanya dgn mendulang tanah tsb di air ? mohon pencerahannya mas . terimakasih ..

  356. wahyu (gold detectorist)

    yg sy cari tdk harus besar bngt mas budi. yg bisa di deteksi plg tidak seberat 0,5 – 1 gr. apalagi klo lbh besar dari itu, pst lbh mudah dan lbh bagus lg. apa mas budi tau bgmn prospek khususnya utk emas nugget yg sy maksud di daerah kalsel? tks infonya.

  357. hendra

    salam kenal buat mas alva dan mas budi.saya hendra dari palu,sy ingin mendapatkan artikel,buku atau apapun jenisnya untuk mengetahui pengolahan emas dengan cara carbon in pulp dan perendaman,adakah mas alva dan mas budi jual??thanks

  358. joni

    salam sejahtera,
    sy tertarik dengan tulisan bapak albert diatas bahwa “dampak sulfur pada pelarutan sistem sianidasi sangat besar”.yg ingin sy tanyakan apa dampaknya??dan bagaimana mengatasinya?
    terimah kasih sebelumnya.

  359. budiyoga

    Mas Hendra, sy menjual dlm bentuk e-book cara CIP. Silahkan tilpon sy di 0813.8812.6802. Tks

  360. angel

    di trenggalek ada ndak lokasi emasnya mas?

  361. m ilar rusdi

    kawan2 semua. saya punya lahan batuan warna merah katanya sinnabar. klo ada yang minat /pembeli serius hub sy : 081311099237

  362. budiyoga

    Mas Rusdi, sebaiknya anda tes dulu bahwa batuan anda benar2 cinnabar. Jangan anda menawarkan sesuatu berdasarkan “katanya”. Cara ngetes: larutkan batuan yg sdh dihaluskan dalam larutan aqua regia (baca diatas) lalu saring dan masukan potongan tembaga (kawat kabel bisa) kedalamnya, jika ada mercury (Hg) tembaga akan terlapisi seperti stainless steel warna abu2 mengkilap. Tks

  363. ishak

    saya ada batuan berbintik2 kuning seperti emas..bagaimana cara termudah dan mengetahuinya..

  364. salam buat mas budi,….sy punya lahan emas seluas 20 hektar di daerah cianjur tanah milik,….yang saya heran,…ketika saya coba di gelundung menghasilkan logam berwarna merah tembaga agak pucat terang,…saya mau tanya :
    1. apakah itu emas,…yang di sebut emas merah, karena biasanya mercury hanya menangkap emas dan perak.
    2. kalau ada saya ingin bekerja sama di lahan tersebut,..
    3.bagaimana cara mendapat izin pertambangan emas,..berapa harganya..?
    buat mas budi saya mohon petunjuk dan arahannya,…
    terima kasih ….

  365. budiyoga

    Mas Iwan, jika anda sdh menghasilkan logam (warna merah tembaga spt yg anda katakan), mudah saja menguji emasnya. Larutkan logam tsb dicairan 50% air + 50%HNO3 (asam nitrat), tembaga dan perak akan larut (cairan warna hijau jika ada tembaga) sedangkan emas tidk larut berbentuk serbuk warna coklat. Tks

  366. khabib m riyad

    mas alva,sy baru buat lobang digunung manggar jember,tp blm dpt emas,kedalaman 10m,sy blm paham urat yg ada isi,deposit emas dikedalaman brp?tolong info sy mas,boleh tahu nmer hp mas alva yg aktif? ini nmer hp sy mas nanti sy tlf balik.nb;smpe skrg sy msh menggali lobang.

  367. deny suwito

    salam emas buat semua rekan rekan.trim,s buat bang alva nyang buka ni blog..dan bang budi nyang udah bagi ni ilmu..bang bud saya mau tanya..saya pernah lihat sistim olahan limbah gelundung,,,5 karung puyak @ 40/30.di masukan dlm drum plastik d tuang asam satu gayung dan di campur air 3 ember kecil yang buat cor….direndam 4 jam dan d aduk jeda 30 menit…trus d ambil air asamnya.dan lumpurnya d cuci trs d dulang .yang mau saya tanya kelanjutan dari proses ini gimana?..dan asamnya apa?….tp saya yakin bukan nacn..sebab uap nya tidak mematikan sekalipun menyengat…maaf sy lihat waktu saya service ac d rumah c pengolah…maaf latar belakang frofesi saya mekanik elektrician.nah…..sejak itu saya mulai kasak kusuk deh..maaf jadi cerita …bang bud kasih saya pencerahan yah…..sebelumnya trim,s udah jawab saya waktu itu…..salam buat semua…..

  368. mas alva saya mau nanya pertambangan emas di indonesia yg masih utuh dmna ya?kalau bisa jawa terimakasih

  369. daerah indonesia yg masih berpotensi emas dimana ya?kalau ada di daerah jawaa.. kalau ada potensi emas di daerah kalian mau kerja sama dgn saya sihlakan info nya thanks

  370. hubungi saya 085280755006

  371. H2SO4 Pekat digunakan
    untuk Mengolah Batu CU 1Ton berapa Liter Asam
    Sulfat Dan Berapa Liter Air Murni untuk
    Pencampuran Dalam Batu Cu dalam 1 ton
    TLp 085267644399.
    082179298790.
    Pin 27B3566F

  372. aye

    To Mas Ikhsan :
    Yang Anda maksud areal masih “utuh” tu gimana? blm pernah ditambang ma rakyat? Di Indonesia kemungkinan besar ya adanya di pedalaman Irian dekat Danau Enarotali sana. Kalau di Jawa mah dah habis….kalaupun ada arealnya seringkali dah jadi areal perumahan/kampung.
    Btw…saya sedot No hp Anda, sapa tahu kita bisa kerjasama. :)

  373. budiyoga

    Mas Deni Suwito, krn informasi anda kurang lengkap maka saya terpaksa menjawab dengan bahasa mungkin. Mungkin tujuan mereka merendam lumpur sisa gelundung dicairan asam untuk menghilangkan logam dasarnya dan belerang, tapi biaya melalui cara ini sangat tinggi dan kurang efektif. Asam yg digunakan bisa apa saja (HCl, H2SO4 atau HNO3). Tks

    Mas Topan Poster, sebaiknya anda tes dulu batuan anda mengandung Cu berapa %. Jika sekitar 6-7% cukup memakai 15% bobot H2SO4 (murni 98%) terhadap bobot air. Itupun dengan catatan batuan Cu oksida (hijau atau biru) bukan chalcopyrite. Tks

    Mas Ikhsan, daerah tambang emas artinya sudah dieksploitasi, kalau sudah dieksploitasi artinya sdh tdk utuh. Kalau pakai terminologi potensi emas, banyak sekali daerah yg potensial, tapi jika tidak terdapat orang nambang disana artinya potensinya kurang bagus. Jangan menjadi pionir menambang emas daerah yg baru “potensi”, nambang saja didaerah yg sdh jelas kandungan emasnya bagus. Tks

    Untuk Rekan2 semua:
    Minal Aidin Walfaidzin, Mohon Maaf Lahir & Batin.

  374. Mas Alva bagai Mana Cara Memisakan Logam Didalam Batu Cu. Dan bagaimana Cara memisakan Tembaga,Perak Dan Emas. Mengunakan Zat kimia Apasaja Dan bagai mana Cara membuatnya. Terima Kasi mas.

  375. putra

    salam kenal dari putra.
    saya mau tanya mas apa iya d setiap ada aliran air panas banyak mengandung emas?
    Terima kasih

  376. Saya mau Tanya H2SO4 Pekat digunakan
    untuk Mengolah Batu CU 1Ton berapa Liter Asam
    Sulfat Dan Berapa Liter Air Murni untuk
    Pencampuran Dalam Batu Cu dalam 1 ton.
    Terimakasi

  377. budiyoga

    Mas Topan, pertanyaan anda sdh dijawab kenapa tanya lagi? Dibaca dong ..

  378. terima kasih kang alva atas jasamu membangun negara tercinta ini,,,,, salam sembah hormat saya untuk anda dan tim anda…

  379. della

    maaf saya mau nanya bagaimana proses terjadinya mg, cr, dan co? dan pada batuan apa terbentuk?
    mohon penjelasannya terimakasih

  380. hendry

    Mas budi dan mas alva mohon pencerahan soal kandungan sianid yg msh bebas dlm proses leaching. Bgmn cara untuk mengetahuinya, coz ane liat teori titrasi dr buku atau temen2 bingung dgn rumus dan caranya. Adakah cara yg lbh mudah untuk di praktekan? Mohon bantuannya. Thx.

  381. EMM

    di daerah saya (maaf saya tdk bisa sebutkan ),ada kuarsa dan urat kuarsa sebagai vein,tetapi skalanya besar (tebalnya sktr 7cm ),di daerah sy jg terdapat batuan : filit,sekis,amfibolit,batusabak,baatupasir meta,serpih dan batugamping.yang sy mau tanyakan : mungkinkah akan terdapat keberadaan emas? dan jenis litologinya spt apa emas bisa berasosiasi?bgmna untuk mengetahui keberadaan di lapangannya?

  382. EMM

    maaf,lupaa…
    salam mas Alva

  383. Bana Aye

    Bung EMM
    Sekedar shering ya : untuk mengetahui potensi emas didaerah Anda sebenarnya sangat mudah sekali. Ada 3 faktor utama yang harus Anda perhatikan di lapangan untuk mengetahui Apakah ada emas atau tidak.
    1. Coba Anda perhatikan struktur batuan sekisnya (pada umumnya berfoliasi). Apakah di dalam satuan batuan metamorf ini apakah terdapat bongkahan-bongkahan batuan tersilisifikasi,dengan kuarsa bertekstur vuggy mengisi foliasi dan rekahan-rekahannya ?.
    2. Apakah di daerah tsb ada proses hydrothermal ? ( intrusi, intrusi ini bisa terlihat dipermukaan atau terjadi jauh di dalam perut bumi atau adanya sumber mata air panas).
    3. Apakah Struktur geologi ( sesar ) ada?
    Jika ketiga-tiganya ada ini sudah cukup sbg indikasi daerah Anda kemungkinan besar mempunyai potensi emas.
    Perhatikan satuan sekis tersebut apakah juga teroksidasi dan berasosiasi dengan mineral lain, misalnya sinabar (berwarna merah daging, lunak dan agak kusam). Seringkali emas terbentuk dijebakan spt ini, kenapa? Kemungkinan terbentuknya cebakan emas ini karena adanya mineralisasi yang terjadi pada batuan sekis yang dikontrol oleh struktur sesar sebagai jalur keluarnya larutan hidrothermal /primer.

    Selanjutnya adanya batupasir meta dan serpih bisa anda ambil di pecah-pecah pake palu dan coba didulang (biasanya dilapangan batupasir tersebut sebagai endapan aluvium), sapa tahu ada emasnya, iya gakk. JIka ada….wow.. bisa dikatakan daerah Anda mempunyai 2 indikasi sumber jebakan emas, Primer dan Sekunder.
    Demikian Mas EMM.

    Note : Sepertinya di daerah Anda secara geologi sangat tua,
    Jika interpretasi saya sesuai dengan apa yg saya sebutkan di
    atas , usul saya coba teliti juga potensi aluvial purbanya Mas EMM. :)

  384. iwan

    salam buat mas alva dan mas budi,…
    saya mau tanya lagi pada waktu membakar emas hasil glundung,…saya terkejut kok bereaksi seperti bubuk merecon,…..yang akhirnya hilang sama sekali, biasanya tidak pernah begitu sebelumnya,…untuk kedua kalinya saya coba bakar kembali dengan di bungkus dengan alumunium bekas rokok yang hasilnya keluar logam warna perak…pertanyaannya.:
    1. ada unsur apakah reaksinya seperti diatas,……mohon penjelasannya.
    2. warna logam yang dihasilkan warnanya perak bukkannya kuning,…logam pengotor apa yang terbawa,…
    3. Bagaimana Cara yang baik untuk membakar,…oh yah bahan itu saya dapat dari gunung halimun salak banten
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih,..salam emas

  385. budiyoga

    Mas Iwan, Pencetan dr gelundung langsung dicukim asam nitrat (HNO3) saja, kalau bisa kondisi dipanaskan. Hasilnya akan dapat kadar tinggi.

  386. EMM

    mksih banyak sekali Maz,..
    atas jawabannya..
    yg Maz sebutkan di atas itu benar semuanya,ada sesar turun/naik,ada juga mata air panas, untk intrusi sendiri tdk ada,di lapangan maupun di geologi regional,,klo lava doleritan,gabro,metagabro dan metadiorit aja yg ada.benar mas,umur geologinya sangat tua (Perem Awal)
    saya akan coba pake usulnya mas,.oh ia,saya ada sampel jg,klo maz mau,saya bisa kirim kan,sejenis sampel…
    nanti klo ada yg saya kurang tau,saya akan tanya lg ya..hehehe

  387. rudy yusuf ayub

    salam kenal buat mas budi..mas sy mau mengetahui cara mengambil perak dari batuan yg mengandung bijih perak..,trims sebelumnya mas budi

  388. dede

    salam kenal mas alva,mau tanya tentang cara pengolahan emas tanpa menggunakan mercury……tksh

  389. makasih pak budi atas sarannya,…smoga sukses slalu

  390. rizal

    salam kenal,saya ada lokasi pasir kuarsa,sementara yang bisa langsung di proses ada -+ 8 ha,kalau ada instasi yang berminat kerjasama sebagai buyer,untuk bagaimana bentuk kerjasamanya nanti bisa di musyawarahkan,sementara saya siap untuk lahan pasir kuarsanya.hub.e-mail yfachrizal@ymail.com atau no hp 085384057218.( rizal )

  391. Mas Alva, didaerah saya sepanjang sungai banyak penambang emas mempergunakan perahu / tongkang, dan juga banyak kaum wanita / laki2
    yg mendulang emas di daerah ini, yang pengasilan saya tidak tau, tapi tetap bertahan, udah bertahun2 lamanya, maka dari saya kepingin juga mencoba untuk usaha ini , nama daerahnya : Sungai Dareh Pulau Punjung / sepanjang sungai Sijunjung , Kab Sijunjung Sumatera Barat

    Yang Saya Tanyakan / Mintak Petunjuk dari Mas Alva
    1. Bagaimana cara menentukan banyak / tidak kandungan emas dalam
    sungai, di tebing sungai, di sawah pinggir sungai
    2. Apa ciri cirinya ada kandungan emas, ada mambaur dgn pasir halus /
    dalam Batu kerikil, dalam batu besar yg perlu di Haluskan
    3. Agar kita dapat penghasilan yang lebih, apa ada alat menentukan
    yang pasti, dimana kadar emas yg banyak, supaya usaha kita tidak
    ada sia-sianya

    Jadi mohon Mas ALVA memberikan petunjuk,
    Atas perhatian dan petunjuknya saya ucapkan banyak terima Kasih

  392. Salam emas dan salam kenal unt semua pecinta blog mas Alva.Semoga kiranya mas Alva berkenan sy ikut bergabung pada blog ini, unt menambah ilmu kami semua dan chususnya sy pribadi… Dari semua penjelasan mas Alva memang benar adanya, tapi ada beberapa hal yg membingungkan sy mas……Kalau mengenai ciri keberadaan emas umumnya terdapat pd jalur hidrotermal/epitermal, dg adanya sumber air panas, batuan beku dll (ciri hidrotermal) SUDAH DIMENGERTI…… LANTAS jk keberadaan emas dpt kt jumpai juga pd batu gamping, tanah lempung, zona endapan batu bara dll yg mana daerah tsb TIDAK KITA TEMUKAN tanda tanda adanya kegiatan vulkanik atau bekas aktivitas vulkanik(TDK ADA sumber air panas,batuan beku, conglomerat,dll ciri hidrotermal) ……. Lantas pertanyaan saya “KOK BISA “?? mohon pencerahan mas Alva dari manakah asal emas tsb ? (NB:cuma pada daerah tersebut banyak sy temukan batuan pyrite) tks.

  393. rizky

    salm Mas
    apakah setiap sumber air panas di sekitarnya bisa mengandung emas dan biasax sampai radius berapa terdapat endapan emasx trmksh

  394. FATCHUL

    Mas Alva, saya mau tanya kandungan logam apa saja yg ada pada kartu chip, informasinya katanya ada kandungan emasnya, bagaimana proses yg paling efektif dan efesien untuk mengambil emasnya, trimakasih.

  395. Bana Aye

    Halo Mas Budiyoga
    Mohon pencerahannya dan inputnya. Bagaimana caranya untuk memisahkan/mendapatkan emas yang berukuran sangat kecil ( < 20 mikron ). Emas tersebut berasal dari endapan sekunder.
    Trims banyak sebelumnya Mas Budiyoga.
    Salam.

  396. iwan

    Salam Mas Budiyoga

    langsung aja mas, saya mempunyai batu, setelah di Lab ke Scopindo hasilnya 6,97 ppm,.mohon masukannya mas budi layakkah untuk di proses …dengan sistem apa baiknya,.terimakasih bayak sebelumnya..

  397. Sekedar sharing Bpk.Iwan :
    6,97 ppm..? wow bagus sekali tuh. Begini Pak Iwan untuk layak dan tidaknya, tergantung seberapa banyak batuan yang mengandung emas tsb ditemukan. Kalau segunung atau seluas 100 Ha merata…wah Anda lebih baik kerjasama dengan investor …., tapi kalau sebesar (maaf) segenggam tangan kita ya musti dicari sumbernya. Siapa tahu setelah diketahui sumbernya , batuan yang Anda temukan layak untuk diolah, Semoga ya Pak Iwan.

  398. Thanks atas sharingnya,….pak bana kebebetulan beli sama teman seberat 16 ton dan sekarang sedang dalam proses penghalusan menjadi pasir dan lumpur,…..saya takut kalau di olah secara sianida akan rugi,…maklum saya baru mau mencoba dengan sistem itu….., kalau ada yang tahu bisa rental pengolahan sianida mohon temen2 beri saya informasinya,…khususnya daerah jawa Barat,….karena saya punya batuan sekitar puluhan ton perbulannya,…Smoga ilmu temen2 bermanfaat,…

  399. Mas Iwan, saya agak bingung. Diawal anda baru bertanya mengenai 6,97ppm bagus tidak, saat ini anda bilang sdh dalam proses penghancuran. 6,97ppm bagus tidak bergantung banyak faktor seperti, tingkat kesulitan menambang, ongkos membawa sampai lokasi pengolahan, berapa biaya penghancuran, bahannya banyak pyrite atau oksida, memprosesnya dengan cara apa dsb. Sebagai standar perbandingan adalah teman2 yang menambang dengan cara melubang & mengambil urat emas, membawa turun sampai lokasi gelundung, menghancurkan sampai ukuran layak masuk gelundung dan memproses batuannya pakai mercury. Memakai cara ini dibutuhkan minimal kandungan Au 12ppm baru ada lebih sedikit.
    Dengan 6,97ppm dan anda bisa menghancurkan batuan sampai halus dan mendekati seragam, maka saya sarankan mengkonsentrasikan pasirnya memakai sistem yang mengandalkan gravitasi. Apakah memakai Sluice Box, Rotary Spiral Separator, Shaking Table dsb. Baru sisanya diproses pakai sianida. Itupun dengan asumsi emasnya tidak dalam bentuk mikron sehingga tidak bisa mengandalkan gravitasi. Tks

  400. benny

    Salam kenal
    Mas alva
    Menarik banget diskusi nya
    Kalau boleh minta pencerahan nya
    Apakah setiap mengelola emas memakai mercury selalu memakai glondong pak
    Apakah bisa disiasati Tanpa glondong, misal nya material batu dihaluskan dulu sampai halus,di tuang ke baskom langsung tambah mercury terus diaduk2 doang / pakai mixser gitu isa ndak ya pak, Kalau bisa, apa bisa maksimal, Kira 2 untuk pengadukan butuh waktu berapa lama,apakah Ada Kimia lain untuk mercury agar hasil maximal.
    Terima kasih

  401. benny

    Salam kenal
    Super
    Menarik banget diskusi nya
    Kalau boleh minta pencerahan nya
    Apakah setiap mengelola emas memakai mercury selalu memakai glondong
    Apakah bisa disiasati Tanpa glondong, misal nya material batu dihaluskan dulu sampai halus,di tuang ke baskom langsung tambah mercury terus diaduk2 doang / pakai mixser gitu isa ndak ya , Kalau bisa, apa bisa maksimal, Kira 2 untuk pengadukan butuh waktu berapa lama,apakah Ada Kimia lain untuk membantu mercury agar hasil maximal.
    Terima kasih

  402. hanafi

    tanya mas, sy punya lahan lahan dimn tumbuhan seperti padi tumbuhnya tdk merata dan tdk subur, tanahnya putih dan berpasir putih, serta mengandung butiran emas halus. Masyarakat sekitar sering menambang secara tradisonal, cuma kedalamnya tidak terlalu dalam, sekitar 80 cm, sdh pd lapiran tanah keras, jd menurut masyarakat setempat lapiran yg tdk mengandung emas lg. Jd menurut mas …apakah lahan seperti itu layak dikerja utk mendptkan emas dlm jlh yg banyak, terimakasih.

  403. Mas Bana Aye, Emas halus mudah larut pakai cyanida. Tks

    Mas Bennny, bisa maksimal tapi volume yg diolah akan sangat minim shg hasilnya sedikt. Bayangkan kandungan emas 10gr/ton, berapa banyak bahan yg bisa anda olah// Tks

    Mas Hanafi, jika cara pengolahannnya efisien hanya memakai air menurut saya layak karena tidak merusak lahan dan lahan dapat digunakan lagi. Tks

  404. didik

    salam kenal….mas,mau tanya apa obat unt floatasi dan berapa perbandingan ukuranya? mohon infonya….terimaksih sebelumnya

  405. dape'

    tolong sya donk…daerah saya tasik di karang layung,cineam tasikmalaya

  406. hadi

    Pada proses elektrolisa, dimana larutan elektrolitnya adalah hasil pelarutan batuan oleh Natrium,thiosulfat, Tembaga Sulfat, Amoniak dan air terhadap batuan yang diduga mengandung emas sehingga membentuk kompleks Au(S2O3)2 3- pertanyaan saya pada proses elektrolisa dimana Katoda plat tembaga dan Anoda plat seng apakah pada plat seng di Anoda yang larut akan bereaksi dengan larutan elektrolit yang mengandung kompleks Au(S2O3)2 3- ???

  407. adi

    JUAL detektor emas merk WHITE TDI pulse scan. produk terbaik USA. barang masih bagus mulus dan hampir tdk pernah digunakan. pembeli serius hub 082255952051

  408. sujariman mfa

    Mau tanya tentang ciri fisik batuan atau batu yg sudah di hancurkan mnjadi batu kerikil……
    Ciri ciri dari warna,bau,fisik Yg mengindikasikan bahwa terdapat bnyak kanduangan emas di batu kerikil itu…..?

  409. adi

    JUAL detektor emas merk WHITE TDI pulse scan. produk terbaik USA. barang masih bagus mulus dan hampir tdk pernah digunakan. pembeli serius hub 082255952051.

  410. ahmad

    maryudi
    saya jual batuan mengandung emas dan lumpur sisa pengolahan emas dari hasil tromolan (glundungan)
    bagi yang berminat hubungi saya 081287906618
    harga perbeban Rp 50.000, 70.000, sampai 100.000, bisa di test terdahulu bebannya, untuk batuan yang belum diolah perbeban Rp 350.000,

  411. dahlan

    Terimakasih mas atas infonya

  412. muhammadsh

    salam knl bung.saya tanyakan batuan pirit yg mengandung emas ‘apakah dapat dipisahkan dengan aquaregia.mohon penjelasannya bung .terima kasih atas kesediaannya utk menjelaskannya

  413. @dape : ada no kontak na kang?

  414. anton

    assalamualaikum

  415. budiyoga

    Yth rekan2 semua, Mohon kiranya dapat membaca dengan teliti tulisan dalam blog ini dari awal sampai selesai dengan teliti. Banyak sekali pertanyaan2 yg sdh dijawab ditanyakan lagi berulang-ulang. Spt yg terakhir mas muhammadash & mas Geri, coba anda baca dengan teliti dari atas anda akan menemukan yg anda inginkan.

    Waalaikumsalam p.Anton, langsung saja tulis apa yg ingin anda sampaikan.

  416. hartito

    bisah jelaskan tentang pembentukan mineralisasi emas??

  417. eva hidayanti

    mas alva, saya tinggal di daerah baturraden di kaki gunung selamet. Di daerah saya juga terdapat sumber air panas dengan kandungan belerang yang tinggi, mungkinkah daerah saya mengandung emas? bagaimana caranya saya tau dengan cara melihat ciri batuan dan tanahnya dengan mata telanjang/tanpa alat

  418. Akhirnya… Ketemu juga website ini yg sangat sy butuhkan penjelasannya..

    Salam kenal mas,..
    Saya mendapat hadiah dr teman, semacam serbuk dlm tabung.
    Tertulis pada tabung tersebut “Copper Concentrate” dengan rincian :
    -Copper : 30,61 %
    -Gold. : 28,49 g/t (1.01 oz/t.)
    -Silver : 58,00 g/t (1.91 oz/t.)
    Pertanyaan saya, apakah serbuk tersebut adalah bahan untuk membuat perhiasan emas atau apakah serbuk itu hanya sebuah cenderamata yg artinya tdk dapat di proses kecuali hanya perusahaan yg mengeluarkan serbuk tersebut.. Kalo boleh tahu adakah cairan kimia tertentu yg dapat merubah serbuk tersebut menjadi emas atau perhiasan lainnya… Selebihnya saya ucapkan sebesar²nya, semoga dapat membantu rasa dan keinginan penasaran saya.. Salam mas Alva dan terimakasih.

  419. budiyoga

    Mas Fowadsyblee, saya yakin yang anda miliki adalah benar konsentrat hasil tambang besar (Freeport atau newmont). Karena kisaran angka kandungan Cu Au & Ag memang seperti itu dan anda atau siapapun bisa memprosesnya menjadi logam. Cobalah untuk mengerti membaca kandungannya: dalam 1 ton konsentrat akan terkandung logam tembaga (Cu) seberat 306kg, logam emas (Au) 28,49gram & logam perak (Ag) 58 gram. Berapa banyak konsentrat yang anda miiki? Tks

  420. Mas pingin tau krn penasaran
    Diantara tanda tanda mengandung emas .
    Salah satu tanda diantara banyaknya tanda yang terdapat hanya urat batu kaca. Apakah kemukinan mengandung emas itu?

  421. budiyoga

    Yth Teman2 Semua, bagi teman2 yg masih kesulitan mencari peluang diemas mungkin saya bisa mencari jalan keluar diusaha lain. Bagi yg berminat serius dpt menghubungi saya di 0813.8812.6802. Tks

  422. Usaha apa itu mas budi?

  423. budiyoga

    Mas Hendrigambit, karena hal ini diluar lingkup diskusi emas, silahkan tilpon secara pribadi. Tks Budi

  424. budiyoga

    Kpd Yth Teman2 se Nusantara,
    Atas kebaikan & izin dari dik Alva pemilik blog ini juga dari rekan2 yg sdh menelpon langsung, saya memberanikan diri ingin berbagi peluang usaha untuk teman2 semua diseluruh Nusantara. Sy akan membuat seringkas mungkin mudah2an informasinya bisa lengkap.
    Produk yg saya tawarkan adalah penghemat BBM, berbentuk cair untuk dicampur dengan bensin/solar pemakainya. Untuk membuktikan bahwa produk dr saya benar2 menghemat BBM 16-25%, maka saya akan memberikan sampel gratis dalam jumlah yang cukup sampai teman2 & juga calon pembeli/klien yakin. Prinsipnya silahkan diuji coba sendiri sampai puas – produknya gratis.
    Data & manfaat produk:
    - Berbentuk cair untuk dicampurkan kedalam tangki bensin/solar.
    - Kandungan additivenya tdk dapat diungkapkan, tapi jika dibakar akan
    terbakar habis tanpa meninggalkan residu.
    - Pemakaian additive hanya konsentrasi 0,2ml per liter bensin/solar.
    - Tdk merusak seluruh spare part yg dilintasinya (tangki, filter, pompa
    piston, seal, gasket dst).
    - Membuat suara mesin kendaraan lebih halus.
    - Membuat mesin lebih bertenaga.
    - Untuk bensin premium penghematan 16-22%, untuk solar penghematan
    22-27%.

    Sekedar analisis peluang bisnisnya:
    Angkot perhari mengkonsumsi bensin premium 20ltr yg beroperasi sampai sore, jika sampai malam 30ltr. Asumsi penghematan min 16% x
    20ltr = 3ltr x Rp.6.500. (hrg premium) = Rp.19.500 penghematan per angkot per hari. Jika konsumsi bbm angkot 30ltr x 16% = 4,8ltr x
    Rp.6.500. = Rp.31.200 penghematan per angkot per hari. Angka penghematan itulah peluang yg dibagikan antara produsen, distributor, retailer & pemakai.
    Berapa sih jumlah angkot? Sebagai gambaran dikota saya cilegon angkot yg beroperasi tiap hari:
    Cilegon-Serang 250 angkot, Cilegon-Anyer 250 angkot, Cilegon-Merak
    200 angkot, internal Cilegon 50 angkot. Total jumlah angkot beroperasi 750 x 20ltr x 20hari beroperasi = 300.000.ltr konsumsi bensin premium per bulan. Maka 300.000.ltr x 16% penghematan = 48.000.ltr penghematan X Rp.6.500. hrg premium = Rp.312jt/bln PELUANG penghematan yg bisa dibagikan.
    Kapal penyeberangan Merak-Bakauheni mengkonsumsi 3,2ton solar perhari, alat berat 180-200ltr solar per hari dst.
    Demikian disampaikan, jika ada yg merasa terganggu dengan informasi ini saya mohon maaf sebesar2nya. Jika yg berminat silahkan hub 0813.8812.6802. Tks Budiarto

  425. Selamat sore (Slm alkm). Detektor emas dan servis terbaik ada di http://www.minelab.co.id dan http://www.detektor.co.id.

  426. Pingback: Kerjasama Pengolahan Tambang Emas | Kerja Dari Rumah Online

  427. budiyoga

    Yth rekan2,
    Ada banyak rekan yang salah paham dengan informasi saya diatas:
    1. Produk penghemat BBM adalah buatan saya pribadi melalui 2th penelitian dan uji coba selama 1th. Produk ini dalam bentuk curah, silahkan teman2 mengemas & memberi merk sendiri.
    2. Tidak memerlukan modal besar untuk memulainya, dengan 500rb pun sudah bisa mulai usaha. Tks

  428. Pra

    Bapak ALVA,
    Mohon Bapak tidak berhenti memberikan pencerahan pada rakyat Indonesia, Agar mereka produktif dalam meningkatkan ekonomi daerahnya masing-masing, Tekunlah dalam kesabaran, jangan terpesona oleh janji PERUSAHAAN ASING yang membuat anda berhenti memberikan pencerahan pada mereka rakyat Indonesia.

    Pembagian Perusahaan Asing pada negara sangat kecil cth :
    FREEPORT 96%, INDONESIA 4%
    PT SORIKMAS MINING 75%, INDONESIA 25%..DLL
    Ilmu yg Bermanfaat anda akan terus mengalir sampai kelak anda dipanggil pencipta, Indonesia TELAH KEHILANGAN SARJANA-SARJANA PERTAMBANGAN karena bekerja pada PERUSAHAAN ASING yang membuat mereka kaya berkuasa mengatur dunia, Inilah bentuk Penjajahan baru yang tidak kita sadari.

    Itulah alasan PRABOWO menggandeng HATTA RAJASA yang Lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) Fakultas PERTAMBANGAN, agar fokus meningkatkan pendapatan negara dari sektor PERTAMBANGAN (inilah yg dimaksud HARTA KARUN PRESIDEN SOEKARNO, krn peta pertambangan Indonesia sudah pernah dibuat oleh Belanda dan Amerika Serikat), bukan hanya dari pajak atau mengurangi subsidi yang akan semakin memberatkan RAKYAT.
    Dari SABANG SAMPAI MEURAUKE INDONESIA adalah salah satu negara TERKAYA didunia, ASSETNYA adalah EMAS, PERAK, TIMAH, MINYAK BUMI dll yang dibutuhkan masyarakat DUNIA, dan saat ini PIHAK ASING mengeruk hasilnya melalui PEJABAT/TOKOH MASYARAKAT sebagai tameng dalam melakukan aksinya di NEGARA ini (selain bagi hasil yg tdk masuk akal)

  429. Pra

    Semoga para SARJANA PERTAMBANGAN yang bekerja dengan PIHAK ASING berkenan berdiskusi diblog ini, agar apa yang dipelajarinya menjadi ILMU YANG BERMANFAAT bagi rakyat INDONESIA.

  430. Pra

    mohon cek daerahnya masing-masing, maka anda akan tahu siapa yang menggelembungkan suara, no 1 atau no 2….agar kita tidak usah turun ke jalan…
    http://pilpres2014.kpu.go.id/da1.php

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s