Batuan Sedimen dan Vulkanis

Deri :

Salam kenal mas Alva,,
Saya mau tanya tentang pengelompokkan batugamping? Bgmna kta mengelompokkannya? Apa yg membedakan antara batugamping dengan karst? Klu kita mau memetakan suatu daerah karst faktor apa saja yg menjadi dasar klasifikasi kita?

Alva:

Hai juga Deri,

Batugamping (limestone) merupakan batuan sedimen organik klastik. Secara umum batugamping dikelompokkan berdasarkan mineral utama pembentuk batugamping yaitu kalsit (calcite (CaCO3)) atau dolomite (MgCa(CO3)2). Batugamping juga dikelompokkan berdasarkan kandungan senyawa karbonat dalam batuan misalnya batugamping murni, batugamping napalan, batugamping tufan. Pengelompokkan batugamping berdasarkan grade atau kandungan karbonatnya banyak digunakan dalam kajian pedology dan edaphology. Pada ilmu geology fokus kajian klasifikasi batugamping lebih pada mineralnya.

Karst adalah suatu bentuklahan unik yang terbentuk akibat proses pelarutan atau solusional dari batugamping. Proses pelarutan yang terjadi dipengaruhi oleh faktor-faktor elevasi, curah hujan, massivitas dan kemurnian batugamping, dan vegetasi. Bentuklahan karst hanya terbentuk jika terdapat batugamping yang murni dan massif, terletak pada elevasi yang tinggi, curah hujan tinggi, dan vegetasi cukup rapat.

Pemetaan daerah karst dapat dilakukan dengan berbekal peta dasar/peta topografi dan peta geologi. Jika dalam peta totopgrafi, melalui pembacaan kontur terdapat suatu daerah yang terdapat ribuan bukit-bukit kecil dengan formasi batuan yang tersusun atas batugamping murni dan massif (formasi batuan dilihat berdasarkan peta geologi), maka zona tersebut dapat dipetakan sebagai daerah berbentuklahan karst. Walaupun kemungkinan ciri dalam peta tersebut sangat besar menggambarkan ciri daerah karst, cek lapangan tetap diperlukan untuk lebih memperkuat hasil pemetaan dan menghindari kesalahan.

Sebuah contoh latihan sederhana untuk pemetaan daerah Karst dapat dilakukan untuk pemetaan daerah karst yaitu dengan menggunakan peta geologi lembar surakarta dan peta RBI lembar-lembar Gunungkidul.

Aldy:

Salam,,,
Saya mau tanya tentang karakteristik fisik dari endapan konglomerat, bagaimana kita membedakannya dengan batuan di sekitarnya?
Apakah batuan beku hanya terdapat di daerah volkanik?

Alva:

Salam Aldy,

Konglomerat adalah batuan sedimen dengan fragmen yang membulat. Karakteristik fisik endapan konglomerat dapat dilihat dari bentuk fragmen batuan endapan. Jika bentuk fragmen batuan endapan membulat maka endapan batuan dapat dikatakan sebagai endapan konglomerat.

Endapan konglomerat secara umum terdapat pada zona-zona yang dekat dengan muara sungai atau bekas muara sungai karena pada zona tersebut fragmen-fragmen batuan yang tersementasi telah mengalami penggerusan permukaan akibat gesekan dan tumbukan dari semula berbentuk angular menjadi membulat (rounded).

Cara membedakan konglomerat dengan batuan disekitarnya adalah dengan melihat ciri khas dari konglomerat yaitu batuan sedimen dengan fragmen yang membulat dimana jika terdapat batuan disekitar yang juga merupakan batuan sedimen juga dengan ciri yang hampir sama namun fragmen batuannya angular maka batuan ini jenisnya sudah berbeda yaitu batuan breksi.

Keterdapatan batuan vulkanis dominan pada daerah yang mengalami kegiatan vulkanis misalnya gunungapi, bekas daerah gunungapi, zona pemekaran dasar samudra, dan daerah disekeliling gunungapi dimana tenaga eksogen mampu menjangkau dan mendistribusikan batuan gunungapi. Batuan beku terkadang dapat dijumpai di daerah yang tidak mengalami proses vulkanis sama sekali akibat proses lontaran material dari suatu erupsi dahysat gunungapi. Jika suatu daerah sangat jauh dari lokasi Gunungapi atau kegiatan vulkanis namun terdapat batuan beku dalam jumlah yang sangat banyak dan masif, maka kemungkinan besar daerah tersebut adalah daerah bekas gunungapi atau sisa-sisa kegiatan vulkanis purba.

19 responses to “Batuan Sedimen dan Vulkanis

  1. Jevon

    Salam geologi Aldy..
    saya mau tanya tentang..
    1. urat, zona, cairan hidrothermal
    1. batuan behu pillowlava basalt

  2. Jevon

    Salam geologi Aldy..
    saya mau tanya tentang..
    1. urat, zona, cairan hidrothermal
    2. batuan beku pillowlava basalt

  3. Jevon

    Salam geologi mas Alva..
    saya mau tanya tentang..
    1. urat, zona, cairan hidrothermal
    2. batuan beku pillowlava basalt

  4. alvathea

    Salam Geology Jevon,

    Mungkin yang kamu maksud adalah :
    1. Urat emas?
    2. Zona Hidrotermal?
    3. Cairan Hidrotermal?
    4. Batuan Beku Pillow?
    5. Lava Basalt?

    Saya akan jawab satu persatu..

    1. Urat Emas
    Urat emas atau sering disebut Gold Vein merupakan retakan-retakan pada suatu zona yang megandung mineral Au. Urat-urat emas biasanya ada di zona hidrotermal dan sering dicirikan dengan adanya endapan mineral pirit.

    2. Zona Hidrotermal
    Zona hidrotermal atau sering disebut sebagai zone pitermal merupakan zona dimana banyak muncul mataair-mataair panas. Mataair panas yang muncul biasanya melalui retakan-retakan batuan beku dan memiliki kandungan belerang yang tinggi. Zona hidrotermal merupakan zona bekas gunungapi yang mulai memasuki fase extinct. Pada zona hidrotermal air yang muncul sebagai mataair panas berasal dari air meteorik yang mengalami kontak dengan batuan yang panas atau air magmatik yang mencapai permukaan bumi. Pada zona hidrotermal biasanya terdapat urat-urat emas yang biasanya terendapkan bersama perak, tembaga, serta terdapat batuan metamorfik (marmer, kuarsit, skarn) yang biasanya terendapkan bersama mineral pirit.

    3. Cairan Hidrotermal
    Cairan hidrotermal merupakan air yang mengalami pemanasan akibat kontak dengan bantuan yang panas dalam bumi atau tercampur dengan uap air magmatik yang memiliki suhu sangat tinggi. Cairan hidrotermal keluar melalui celah-celah atau retakan-retakan pada batuan sebagai mataair panas dan air yang keluar kaya akan kandungan ion sulfida, ion klorida, dan ion tio kompleks.

    4. Batuan Beku Pillow
    Batuan beku pillow merupakan batuan beku yang berbentuk seperti bantalan-bantalan. Bentuk tersebut terjadi akibat kontak aliran lava yang bersifat ultrabasa dengan perairan.

    5. Lava Basalt
    Basalt adalah batuan beku yang bersifat basa dan berwarna hitam pekat. Lava basalt adalah lava yang sangat cair dan membeku dalam waktu yang relatif agak lama karena viskositasnya (kekentalannya) yang rendah. Lava basalt biasanya banyak terdapat pada zona-zona Gunungapi yang terdapat pada zona pemekaran dasar samudra misalnya di daerah Hawaii dan Islandia.

    Thanks atas pertanyaannya..maaf kemarin saya sibuk jadi baru sekarang sempat membalas pertanyaan anda.. :)

  5. H aryo

    haturnuhun

  6. H aryo (081802223322)

    apakah disetiap kawasan endapan pirit pasti diketemukan urat emas ? bagaimana pendapat anda mengenai fenomena urat emas yang diketemukan pada tambang rakyat di daerah jawa barat ? apa layak untuk dilaksanakan secara profesional ?

    terimakasih atas arahan nya…haturnuhun

  7. Alva

    Mas Aryo,

    Tidak setiap zona dimana pirit ditemukan terdapat emas, semua tergantung pada keterdapatan fissure atau fracture pada batuan yang biasanya mengendapkan emas dan ion kompleks pembentuk emas yang ada yang juga ditentukan oleh karakteristik kimia magma..Layak atau tidaknya tambang emas di Jawa Barat untuk di tambang secara professional tergantung pada besarnya deposit emas yang ada. Jika besarnya deposit tidak memiliki nilai yang sebanding dengan besarnya biaya eksplorasi dan eksplotasi maka tambang emas tidak dapat ditambang secara profesional.

    Terima kasih atas pertanyaannya..

  8. tolong minta penjelasan mengenai genesa:

    1. endapan batugamping berlapis dalam satuan serpih gampingan dan bilamana ditemukan foram apakah bisa dijadikan acuan pd batugamping jenis ini?

    2. pembentukan pirit pada batuan sedimen batupasir endapan tidal, saya jumpai banyak sekali pirit pada jenis batupasir ini di Kalimantan Utara (kenampakan batuan sangat kompak dan keras)

    salam & trims

  9. Arif

    Randy,

    Endapan batugamping dalam serpih gampingan terbentuk melalui proses penghancuran koral oleh gelombang laut yang kemudian mengendap pada dasar laut. Selain gelombang laut proses deformasi juga dapat menyebabkan terendapkannya serpih gamping. Foram memang terkadang dapat ditemukan pada batuhamping tersebut namun foram tidak dapat dijadikan acuan bagi batugamping tersebut.

  10. chylsie

    salam kenal ,,
    saya ingin menanyakan tentang apakah jenis jenis batuan itu , dan apa proses terbentuknya itu ? tolong di jawab ya . karna saya butuh besok. segera

  11. deri

    Salam mas alva
    Terimakasih atas ulasan sebelumnya
    Saya mau tanya lagi, proses pembentukan nikel?
    Saprolit dan limonit itu apa ya?

  12. salam….mau nanya ni mas soal bedanya singkapan dilapangan breksi laharik dengan xenolith …

  13. @Saf

    Qymna si ciri” batuaan conglomet,breccia,dan anhydrite……???

  14. sigit

    salam mas Alva,
    pertanyaan saya .. apakah di sekitar adanya sumber mata air panas ada pula keterdapatan pemineralan emas pada kawasan tersebut.

  15. Hedy

    Mas Alva, metode apa untuk mengolah emas yang tepat, efisien & ramah lingkungan? Trims

  16. Lawslaply

    When you find yourself visiting your jeweler to see diamond jewelry, never ever utilize a black color qualifications, which is exactly what the jewelry salesman seo cape town i would love you to utilize. The reason is that black seo cape town modifications the eye’s understanding of colour.seo Constantly glance at the stone under magnification and be sure you understand what you really are seeing.seo You should see just what you are getting.

  17. ARHAZ mas ALVA mau tanyak >>>>daerah saya rata2 tanah lempung agak hitam dan dekat pinggiran sungai terdapat batuan bulat warna hitam dan lebih berat di banding batu yang lainya pertanyaan saya jenis batu apakah??? apakah batu jenis ini terdapat kandungan for gold ???? sekiat terima kasih

  18. mira

    salam ka . .

    ka mau tanya dong d mana d tmukannya batuan beku luar&dalam,sedimen,dan batuan malihan

  19. mas alva mau nannya nih.
    1. Endapan Laharik itu apa? dan ciri2 lapangannya mas
    2. Perbedan secara fisik antara endapan laharik dan breksi?
    makasih sekali apabila di respont mas, makasih sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s